Keluarga

Miss V Bau? Ini 4 Bahan Alami untuk Mengatasi Aroma Vagina Tidak Sedap

Miss V Bau? Ini 4 Bahan Alami untuk Mengatasi Aroma Vagina Tidak Sedap

MOMSMONEY.ID - Inilah 4 bahan alami untuk mengatasi aroma vagina tidak sedap. Apa saja?

Tak jarang vagina mengeluarkan aroma yang tidak sedap dan mengganggu. Adapun beberapa penyebab vagina beraroma tidak sedap antara lain kombinasi sekresi vagina, kelenjar keringat apokrin, kelenjar keringat ekrin, serta faktor eksternal seperti urin dan feses.

Untuk menghilangkan aroma tidak sedap pada vagina, sabun kewanitaan bisa membantu. Namun, memakainya secara berlebihan tidak disarankan karena dapat mengganggu kesehatan vagina itu sendiri.

Sebagai alternatif, berikut 4 bahan alami untuk mengatasi aroma vagina tidak sedap yang aman dan efektif sebagaimana dirangkum dari laman Menstruasi.com. Yuk, simak!

Baca Juga: 4 Hair Oil Alami untuk Merawat Kesehatan Rambut, Rambut Jadi Kuat dan Sehat!

1. Daun sirih

Daun sirih

Bahan alami untuk mengatasi aroma vagina tidak sedap yang pertama yaitu daun sirih.

Daun sirih mengandung eugenol dan antiseptik yang bermanfaat untuk mengusir kuman penyebab aroma tidak sedap di area vagina.

Anda bisa mengolahnya dengan cara merebus 5-10 lembar daun sirih ke dalam 350 cc air lalu biarkan sampai air tersisa setengahnya. Pakailah air rebusan daun sirih ini untuk membasuh area vagina setiap pagi dan sebelum tidur.

Untuk hasil maksimal, lakukan perawatan ini minimal 3 kali seminggu supaya area vagina Anda wangi dan kesat.

2. Daun pandan

Daun pandan

Bahan alami untuk mengatasi aroma vagina tidak sedap yang kedua yaitu daun pandan.

Ternyata, daun pandan bisa membantu mengusir aroma tidak sedap pada vagina lho, Moms. Ini berkat kandungan eugenol dan minyak atsiri yang ada di dalamnya.

Ambil 10 lembar daun pandan yang sudah dicuci bersih kemudian tumbuk sampai halus dan saring untuk mengambil sarinya. Minumlah air sari daun pandan ini setiap hari sebelum tidur selama 2 minggu. Supaya lebih nikmat, tambahkan sedikit garam dan 1 sendok teh madu.

Apabila sudah terlihat hasilnya, cukup minum air sari daun pandan seminggu 3 kali agar area vagina selalu wangi.

Baca Juga: 5 Manfaat Jamu Beras Kencur untuk Kesehatan Anak, Atasi Batuk hingga Diare

3. Daun kemangi

Daun kemangi

Bahan alami untuk mengatasi aroma vagina tidak sedap yang ketiga yaitu daun kemangi.

Sama seperti daun sirih dan daun pandan, daun kemangi juga punya kandungan eugenol yang bisa membunuh kuman dan jamur di area vagina. Selain itu, ada juga kandungan minyak atsiri yang dapat membuat vagina menjadi wangi.

Anda bisa mengonsumsi daun kemangi secara langsung sebagai lalapan atau mengolahnya menjadi minuman dengan cara menumbuknya lalu ambil air sarinya.

Kendati bagus, mengonsumsi daun kemangi tidak disarankan jika Anda memiliki penyakit asam urat. Karena, daun kemangi berisiko memperburuk kondisinya.

4. Lidah buaya

Lidah buaya

Bahan alami untuk mengatasi aroma vagina tidak sedap yang keempat yaitu lidah buaya.

Termasuk tumbuhan serbaguna, siapa sangka bahwa lidah buaya juga bermanfaat untuk area miss v.

Untuk mengatasi aroma vagina tidak sedap menggunakan lidah buaya, Anda bisa mengolahnya menjadi minuman yang sehat dan nikmat.

Caranya, tumbuk lidah buaya segar yang sudah dicuci bersih sampai halus lalu tambahkan madu secukupnya. Minumlah setiap sebelum tidur selama 2 minggu. Apabila sudah mendapatkan hasil yang diinginkan, Anda bisa mengonsumsinya menjadi 2-3 kali saja dalam seminggu.

Itulah 4 bahan alami untuk mengatasi aroma vagina tidak sedap. Selain mengonsumsi salah satu minuman di atas, selalu ingat juga untuk menghindari makanan yang bisa memicu bau seperti bawang putih secara berlebihan. Plus, pakailah celana dalam yang bahannya dapat menyerap keringat dengan baik.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News