Keluarga

5 Alasan Skin Barrier Harus Dirawat, Cegah Jerawat hingga Kulit Kusam

5 Alasan Skin Barrier Harus Dirawat, Cegah Jerawat hingga Kulit Kusam

MOMSMONEY.ID - Ada 5 alasan skin barrier harus dirawat. Cari tahu di sini.

Skin barrier merupakan lapisan luar kulit yang berfungsi sebagai pelindung utama dari berbagai ancaman eksternal seperti polusi, kotoran, dan zat kimia.

Untuk mendapatkan skin barrier yang sehat dan kuat, maka Anda perlu merawatnya dengan baik. Jika tidak, skin barrier akan melemah atau rusak dan mendatangkan berbagai masalah kulit.

Jangan malas, inilah 5 alasan skin barrier harus dirawat yang wajib Moms tahu sebagaimana dilansir dari Wardah.

Baca Juga: Apakah Boleh menggunakan 4 Warna Cat di Satu Ruangan?

1. Mencegah jerawat

Alasan skin barrier harus dirawat yang pertama yaitu mencegah jerawat.

Skin barrier yang rusak bisa membuat kulit lebih rentan terhadap jerawat. Pasalnya, lapisan pelindung alami kulit yang lemah akan memudahkan bakteri dan kotoran masuk dan menyumbat pori-pori.

Nah, adapun pori-pori yang tersumbat dapat dengan mudah memicu munculnya jerawat. Jadi, rawatlah skin barrier Anda agar tetap kuat, sehingga jerawat tidak mudah datang.

2. Mencegah kulit kering

Alasan skin barrier harus dirawat yang kedua yaitu mencegah kulit kering.

Skin barrier yang sehat akan menjaga kulit tetap lembab. Sebaliknya, ketika skin barrier rusak, kulit akan kehilangan banyak air sehingga menjadi kering dan terasa kasar.

Itulah mengapa skin barrier perlu dirawat untuk memastikan kulit tetap terhidrasi. Dengan begitu, kulit akan terasa lebih lembut dan kenyal alias tidak mudah pecah-pecah meskipun cuaca sedang dingin.

3. Membuat kulit cerah dan bebas kusam

Alasan skin barrier harus dirawat yang ketiga yaitu membuat kulit cerah dan bebas kusam.

Apabila skin barrier terawat dengan baik, kulit akan terlihat lebih cerah dan bercahaya. Pasalnya, kadar air yang cukup akan membuat kulit bersinar dari dalam, sehingga mampu memantulkan cahaya alami dengan lebih baik.

Sebaliknya, kulit yang dehidrasi, meradang, atau kusam merupakan tanda bahwa lapisan pelindung alami kulit atau skin barrier sedang terganggu.

Baca Juga: 5 Ide Menggunakan Vinyl untuk Lantai Kamar Tidur Mewah

4. Melindungi kulit dari iritasi

Alasan skin barrier harus dirawat yang keempat yaitu melindungi kulit dari iritasi.

Skin barrier yang kuat dapat berfungsi sebagai pelindung kulit dari berbagai zat penyebab iritasi seperti polusi, bahan kimia kosmetik, atau kotoran yang menempel di kulit.

Jika skin barrier sampai melemah, zat-zat tersebut bisa dengan mudah masuk dan menyebabkan reaksi seperti kemerahan, gatal, atau perih. Sementara itu, skin barrier yang sehat akan membuat kulit menjadi lebih tahan terhadap iritasi. Alhasil, Anda bisa lebih nyaman dalam menggunakan produk skincare atau makeup apapun.

5. Menjaga tekstur kulit tetap halus

Alasan skin barrier harus dirawat yang kelima yaitu menjaga tekstur kulit tetap halus.

Skin barrier yang sehat juga berperan penting dalam menjaga tekstur kulit tetap halus. Jika skin barrier rusak, kulit bisa menjadi kasar, bersisik, atau bahkan muncul bercak-bercak kering.

Dengan merawat skin barrier, tekstur kulit Anda akan tetap lembut dan halus saat disentuh alias tidak gradakan.

Itulah 5 alasan skin barrier harus dirawat. Jadi, jangan malas merawat skin barrier mulai sekarang ya!

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News