Keluarga

4 Tanda Usus Tidak Sehat, Salah Satunya Sering Sakit Kepala

4 Tanda Usus Tidak Sehat, Salah Satunya Sering Sakit Kepala

MOMSMONEY.ID - Ada 4 tanda usus tidak sehat. Cari tahu selengkapnya di sini.

Menjaga kesehatan usus sama pentingnya dengan menjaga kesehatan organ tubuh lainnya. Ini bertujuan untuk memastikan usus tetap berfungsi dengan baik.

Saat kesehatan usus terganggu, kemungkinan besar tubuh Anda akan merasakan tanda-tanda yang tidak nyaman untuk menyiratkan bahwa kondisi usus Anda sedang tidak baik-baik saja.

Apa sajakah tanda-tanda tersebut? Melansir EatingWell, berikut 4 tanda usus tidak sehat yang perlu Anda tahu.

Baca Juga: Manfaat Makan Buah Pepaya untuk Penderita Diabates, Cek di Sini

1. Sering sakit kepala

Tanda usus tidak sehat yang pertama yaitu sering sakit kepala.

Sering sakit kepala tapi tidak tahu penyebabnya? Bisa jadi, kesehatan usus Anda sedang bermasalah.

Sebuah studi tahun 2020 yang diterbitkan dalam The Journal of Headache and Pain menyatakan bahwa migrain dapat dikaitkan dengan gangguan gastrointestinal (seperti sindrom iritasi usus besar) dan radang usus.

Studi tersebut juga menunjukkan bahwa sakit kepala atau migrain dapat diatasi melalui "pendekatan diet yang memiliki efek menguntungkan pada mikrobiota usus", seperti memasukkan cukup serat ke dalam pola makan Anda. Adapun buah dan sayuran berserat tinggi adalah pilihan yang tepat untuk memulai.

2. Muncul eksim

Tanda usus tidak sehat yang kedua yaitu muncul eksim.

Studi tahun 2018 yang diterbitkan oleh jurnal Acta Dermato-Venereologica menunjukkan peran mikrobiota usus dalam dermatitis atopik (eksim). Studi tersebut mengungkapkan bahwa mikrobioma usus yang "berubah" dapat berkorelasi dengan gejala eksim.

Yang lebih memperburuk mikrobioma usus adalah resep antibiotik sesekali untuk kondisi kulit tertentu, termasuk eksim yang kambuh. Penggunaan antibiotik tersebut secara terus-menerus dapat menyebabkan gejala disbiosis seperti kelelahan kronis, peradangan, dan masalah pencernaan.

Bicarakan dengan dokter jika Anda mengalami masalah ini untuk mengetahui apa yang terbaik bagi Anda.

Baca Juga: Tips Memilih Yoga Mat yang Nyaman dan Berkualitas

3. Stres dan kecemasan meningkat

Tanda usus tidak sehat yang ketiga yaitu stres dan kecemasan meningkat.

Sebanyak 95% serotonin dalam tubuh kita diproduksi di usus, menurut sebuah artikel di Frontiers in Psychiatry. Jadi, tidak mengherankan bahwa tingkat stres dan kesehatan usus saling terkait.

Merujuk pada sebuah studi tahun 2019 dari Journal of Neuroscience Research yang meneliti hubungan antara peradangan usus dengan risiko kecemasan dan depresi, mikrobioma usus memainkan peran besar dalam respons stres.

4. Selalu merasa lelah

Tanda usus tidak sehat yang keempat yaitu selalu merasa lelah.

Sudah cukup tidur tapi masih merasa pusing sepanjang hari? Kelelahan fisik dan mental merupakan gejala lain dari kesehatan usus yang buruk.

Studi tahun 2020 yang dibagikan oleh National Library of Medicine memaparkan hubungan antara kelelahan dan kondisi mikrobioma usus.

Kelelahan juga dapat dikaitkan dengan masalah pencernaan tertentu seperti sembelit.

Itulah 4 tanda usus tidak sehat yang perlu Anda tahu. Bicaralah dengan penyedia layanan kesehatan untuk mendapatkan rencana yang dipersonalisasi jika Anda merasa gejala-gejala di atas berkaitan dengan usus yang tidak sehat. Menambahkan makanan yang menyehatkan usus ke dalam pola makan Anda juga dapat membantu meredakan gejala-gejala tersebut.

Selanjutnya: Apakah Makan Singkong Bagus untuk Kesehatan Tubuh? Mari Menilik Faktanya di Sini

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News