Keluarga

4 Manfaat Menggunakan Skincare Vegan untuk Kulit, Gak Bikin Kulit Kering!

4 Manfaat Menggunakan Skincare Vegan untuk Kulit, Gak Bikin Kulit Kering!

MOMSMONEY.ID - Cari tahu 4 manfaat menggunakan skincare vegan untuk kulit di sini.

Skincare vegan sebagaimana dikutip dari laman Kompas adalah produk perawatan kulit yang tidak menggunakan bahan campuran dari hewan, baik bagian utama hewan maupun produk turunannya seperti susu dan beeswax.

Karena tidak menggunakan produk sampingan hewani, kebanyakan skincare berlabel vegan juga tidak melakukan pengujian pada hewan (cruelty-free).

Umumnya, skincare vegan mengandalkan tumbuh-tumbuhan sebagai bahan utamanya serta menghindari penggunaan bahan kimia keras. Alhasil, skincare vegan cenderung lebih baik bagi lingkungan.

Tak hanya baik untuk lingkungan, skincare vegan juga menawarkan manfaat yang tidak kalah luar biasanya bagi kulit.

Selengkapnya, berikut 4 manfaat menggunakan skincare vegan untuk kulit dilansir dari Hebe Botanica.

Baca Juga: 4 Cara Memilih Sunscreen untuk Kulit Sensitif, Gimana?

1. Minim bahan kimia yang keras

Manfaat menggunakan skincare vegan untuk kulit yang pertama yaitu minim bahan kimia yang keras.

Kebanyakan skincare vegan terbuat dari bahan-bahan alami dan organik. Itu artinya, bahan kimia keras yang dimasukkan dalam skincare vegan terbilang lebih sedikit. Hal ini tentu sangat berguna bagi para pemilik kulit sensitif.

Jika kulit Anda sering bereaksi terhadap produk skincare dan Anda kesulitan untuk menemukan produk yang tidak mengiritasi kulit, cobalah untuk beralih ke skincare vegan. Cenderung lebih lembut, menggunakan skincare vegan dapat membantu mengurangi kemungkinan kulit terkena ruam, iritasi, maupun jerawat.

2. Tidak membuat kulit kering

Manfaat menggunakan skincare vegan untuk kulit yang kedua yaitu tidak membuat kulit kering.

Selain lebih ramah untuk kulit sensitif, kebanyakan skincare vegan juga tidak mengandung bahan yang bersifat mengeringkan kulit seperti sulfat. Jadi, skincare vegan akan sangat bermanfaat bagi Anda yang sedang berjuang dengan masalah kulit kering.

Karena tidak mengandung bahan pengering seperti sulfat, maka skincare vegan jauh lebih menghidrasi dan melembabkan.

Baca Juga: Pahami 5 Cara Agar Rambut Tetap Rapi Setelah Menggunakan Helm

3. Kaya vitamin dan antioksidan

Manfaat menggunakan skincare vegan untuk kulit yang ketiga yaitu kaya vitamin dan antioksidan.

Karena berbahan dasar tumbuhan, skincare vegan pun memiliki dosis vitamin, mineral, dan antioksidan yang cenderung lebih kuat.

Vitamin, mineral, dan antioksidan yang tinggi dalam skincare vegan sangat bermanfaat bagi kulit karena mampu memperbaiki pelindung kulit yang mungkin rusak akibat bahan kimia keras. Plus, membuat kulit tampak lebih sehat dan awet muda secara alami.

4. Terbebas dari bahan pewangi yang mengiritasi kulit

Manfaat menggunakan skincare vegan untuk kulit yang keempat yaitu terbebas dari bahan pewangi yang mengiritasi kulit.

Sering kali, produk skincare di pasaran mengandung bahan pewangi agar lebih menarik. Faktanya, kebanyakan bahan pewangi terbuat dari bahan kimia keras yang rentan mengiritasi kulit.

Guna mencegah iritasi kulit, Anda bisa beralih ke skincare berlabel vegan. Kendati tidak mengandung bahan pewangi, namun terkadang skincare vegan memiliki aroma alami yang khas.

Itulah 4 manfaat menggunakan skincare vegan untuk kulit. Meskipun menyimpan banyak manfaat, namun Anda perlu menghindari bahan-bahan tertentu yang terkandung dalam skincare vegan terutama jika jenis kulit Anda sensitif.

Hindarilah produk yang memiliki scrub terlalu besar, kasar, atau keras. Selain itu, Anda juga patut menghindari skincare berlabel vegan dengan kandungan minyak yang intens seperti jojoba atau raspberry oil. Pasalnya, bahan-bahan ini bisa sangat mengiritasi kulit sensitif.

Terakhir, selalu ingat untuk melakukan patch test di lengan sebelum mengaplikasikan produk baru ke seluruh wajah. Semoga bermanfaat ya, Moms!

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News