Keluarga

4 Manfaat Daging Domba untuk Kesehatan Tubuh yang Tidak Banyak Orang Tahu

4 Manfaat Daging Domba untuk Kesehatan Tubuh yang Tidak Banyak Orang Tahu

MOMSMONEY.ID - Ada 4 manfaat daging domba untuk kesehatan tubuh. Cari tahu, yuk!

Daging domba termasuk dalam kategori daging merah karena daging domba memiliki kandungan mioglobin yang tinggi. Mioglobin sendiri merupakan protein pada otot yang berubah menjadi merah saat bercampur dengan oksigen.

Sebagai daging merah, daging domba secara inheren mengandung lebih banyak zinc dan zat besi daripada daging non-merah. Dan, dibandingkan dengan daging sapi, daging domba memiliki lebih sedikit lemak di dalam daging karena sebagian besar lemaknya berada di luar dan mudah dipangkas.

Untuk manfaatnya, daging domba dapat membantu memenuhi asupan zat besi, mendukung kesehatan sistem saraf, memperkuat sistem kekebalan tubuh, dan membantu memenuhi asupan protein.

Selengkapnya, berikut 4 manfaat daging domba untuk kesehatan tubuh sebagaimana dilansir dari Dr. Axe.

Baca Juga: 4 Rekomendasi Setting Spray Terbaik untuk Kulit Berminyak, Makeup Jadi Bebas Kilap!

1. Membantu memenuhi asupan zat besi

Manfaat daging domba untuk kesehatan tubuh yang pertama yaitu membantu memenuhi asupan zat besi.

Secara inheren, daging domba memiliki lebih banyak zat besi daripada sumber protein lainnya seperti daging ayam atau ikan.

Selain itu, daging domba juga mengandung zat besi heme daripada zat besi non-heme. Zat besi heme sendiri merupakan bentuk zat besi yang lebih mudah diserap, sehingga mengonsumsi daging domba dapat membantu memperbaiki serta mencegah kekurangan zat besi dan gejala anemia.

2. Mendukung kesehatan sistem saraf

Manfaat daging domba untuk kesehatan tubuh yang kedua yaitu mendukung kesehatan sistem saraf.

Daging domba merupakan sumber vitamin B12 yang luar biasa. Bahkan, dalam 3 ons daging domba, itu mampu menyediakan hampir setengah dari kebutuhan harian vitamin B12 pada kebanyakan orang.

Daging domba juga sarat dengan vitamin B esensial lainnya, termasuk vitamin B6, niacin (vitamin B3), riboflavin (vitamin B2), dan pantothenic acid (vitamin B5). Adapun kandungan vitamin B12 beserta vitamin B lainnya tersebut bermanfaat untuk membantu sistem saraf berfungsi sebagaimana mestinya. Plus, memastikan bahwa sel-sel saraf yang sebenarnya dalam keadaan sehat.

Baca Juga: Bagus untuk Kognitif Si Kecil, Ini 5 Manfaat Menonton Film Kartun bagi Anak-Anak

3. Memperkuat sistem kekebalan tubuh

Manfaat daging domba untuk kesehatan tubuh yang ketiga yaitu memperkuat sistem kekebalan tubuh.

Daging domba sarat dengan zinc yang sangat penting untuk sistem kekebalan tubuh yang optimal, penyembuhan luka, sintesis DNA dan protein, serta pertumbuhan dan perkembangan pada anak-anak. Jika Anda tidak mendapatkan cukup zinc secara teratur, sistem kekebalan tubuh Anda tidak akan berfungsi sebagaimana mestinya. Akibatnya, Anda lebih mungkin mengalami semua jenis masalah kesehatan mulai dari flu biasa hingga infeksi yang lebih serius seperti pneumonia.

Dengan mengonsumsi daging domba dan makanan kaya zinc lainnya, itu dapat membantu menjaga kadar zinc tetap sehat dan meningkatkan fungsi imun secara keseluruhan. Zinc juga bisa membantu mengaktifkan indra perasa dan penciuman yang optimal.

4. Membantu memenuhi asupan protein

Manfaat daging domba untuk kesehatan tubuh yang keempat yaitu membantu memenuhi asupan protein.

Daging domba sarat dengan protein esensial. Dalam 3 ons daging domba, terdapat lebih dari 23 gram protein. Asupan protein sendiri penting untuk semua orang terutama individu yang sangat aktif karena mampu membantu tubuh dalam membangun, memperbaiki, dan mempertahankan massa otot.

Protein yang ditemukan dalam daging domba terbuat dari asam amino esensial yang hanya dapat diperoleh melalui pola makan. Dan, sumber protein hewani seperti daging domba dianggap sebagai “protein lengkap” karena mengandung semua asam amino esensial.

Itulah 4 manfaat daging domba untuk kesehatan tubuh. Kendati banyak manfaatnya, selalu ingat untuk mengonsumsi daging domba secukupnya saja ya Moms. Hal ini karena daging domba mengandung kolesterol dalam jumlah yang signifikan sama seperti daging merah lainnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News