Santai

4 Jenis Alat Kontrasepsi Aman Bagi Perempuan, Bukan Cuma Pil KB lo

4 Jenis Alat Kontrasepsi Aman Bagi Perempuan, Bukan Cuma Pil KB lo

MOMSMONEY.ID - Tak banyak yang tahu, ini dia beberapa jenis alat kontrasepsi atau birth control yang bisa digunakan oleh perempuan.

Salah satu cara untuk menunda kehamilan atau mencegah kehamilan yang tidak diinginkan adalah dengan menggunakan alat kontrasepsi atau birth control.

Bagi yang belum tahu, ternyata birth control atau alat kontrasepsi bisa digunakan pada perempuan juga. Berikut ini adalah beberapa di antaranya.

Baca Juga: Bukan Cuma Puas, 4 Penyakit Berikut Bisa Sembuh Melalui Hubungan Seksual

Metode alami

Cara yang bisa digunakan sebagai alat kontrasepsi alami adalah dengan meminimalisasi kegiatan seksual. Cara lain seperti hanya mengonsumsi pil kontrasepsi pada masa subur juga bisa digunakan.

Melakukan hubungan seksual selain pada masa subur juga bisa menjadi alternatif cara alami untuk mencegah kehamilan yang tidak diinginkan.

Namun, perlu diingat bahwa presentasi atau kemungkinan kehamilan masih bisa terjadi jika tidak menggunakan alat kontrasepsi.

Pil kontrasepsi

Secara umum, pil kontrasepsi digunakan oleh para wanita yang ingin menunda kehamilan. Pil kontrasepsi sendiri terbuat dari beberapa jenis hormon pada perempuan yang mencegah terjadinya proses ovulasi.

Melansir dari laman Web MD, pil kontrasepsi sendiri sebaiknya dikonsumsi berdasarkan resep yang telah diresepkan dokter.

Selain itu, keuntungan menggunakan alat kontrasepsi ini adalah bisa membantu memperlancar siklus menstruasi dan mengurangi kram perut saat haid.

Baca Juga: Bukan Cuma G-String, Ini 6 Jenis Celana Dalam Wanita yang Perlu Diketahui

IUD (Intra Uterine Device)

Cara lain yang bisa digunakan untuk mencegah proses kehamilan adalah dengan melakukan proses IUD pada rahim perempuan. Proses ini sendiri adalah proses yang membuat sel telur pada perempuan menjadi lebih susah dibuahi oleh sperma.

Menurut laman Womens Health, proses semacam IUD ini bisa bertahan selama 3-10 tahun. Sehingga tidak perlu untuk mengonsumsi pil kontrasepsi dan semacamnya karena proses ini memiliki tingkat keawetan yang tinggi.

Kondom

Kondom merupakan salah satu alat kontrasepsi yang bisa digunakan kapan pun dan memiliki harga terjangkau dibanding dengan alat kontrasepsi lainnya. Kondom sendiri tersedia baik bagi pria maupun wanita.

Namun sebaiknya jika menggunakan kondom untuk wanita tak digunakan bebarengan dengan kondom untuk pria. Tentunya untuk mencegah dari risiko kondom yang rusak atau bocor.

Ternyata tak cuma kondom, ya. Itulah tadi beberapa jenis alat kontrasepsi atau birth control yang bisa digunakan pada perempuan.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News