Keluarga

4 Fakta Tentang Vitiligo yang Harus Anda Tahu, Apakah Vitiligo Menular?

4 Fakta Tentang Vitiligo yang Harus Anda Tahu, Apakah Vitiligo Menular?

MOMSMONEY.ID - Ada 4 fakta tentang vitiligo yang harus Anda tahu. Cari tahu di sini.

Vitiligo adalah kelainan kulit yang disebabkan oleh hilangnya melanin dan muncul dalam bentuk bercak-bercak.

Bercak-bercak vitiligo dapat muncul di mana saja, tetapi umumnya terlihat di area seperti kepala, wajah, leher, dan tangan.

Karena kurangnya pemahaman, tidak sedikit orang yang salah paham tentang vitiligo. Oleh sebab itu, kali ini MomsMoney akan membagikan 4 fakta tentang vitiligo yang harus Anda tahu. Melansir Glowderma, berikut penjelasannya.

Baca Juga: 4 Manfaat Memakai Sport Bra untuk Kesehatan Payudara, Cegah Payudara Kendur!

1. Vitiligo tidak menular

Fakta tentang vitiligo yang harus Anda tahu pertama yaitu vitiligo tidak menular.

Kesalahpahaman umum tentang vitiligo yaitu kondisi ini dapat menyebar melalui kontak. Faktanya, hal tersebut tidak benar. Namun, dalam beberapa kasus, kemunculan vitiligo dipengaruhi oleh genetika dan riwayat keluarga.

Vitiligo lebih umum terjadi pada individu yang memiliki riwayat keluarga dengan gangguan tersebut. Serta, pada mereka yang memiliki penyakit autoimun seperti anemia pernisiosa atau penyakit Addison.

2. Vitiligo berbeda dengan kusta

Fakta tentang vitiligo yang harus Anda tahu kedua yaitu vitiligo berbeda dengan kusta.

Vitiligo sering disalahartikan sebagai kusta, karena keduanya tampak mirip. Pada zaman dahulu, vitiligo kerap disebut sebagai sweta kushta atau kusta putih, yang membuatnya semakin membingungkan.

Faktanya, tidak ada kesamaan antara vitiligo dan kusta, kecuali pada penampilannya. Kusta sendiri merupakan penyakit kulit menular yang disebabkan oleh bakteri bernama Mycobacterium leprae yang dapat menyebar melalui kontak.

Sementara itu, vitiligo adalah gangguan autoimun yang disebabkan oleh penurunan melanin atau sel kulit penghasil pigmen yang juga dikenal sebagai melanosit.

Baca Juga: Apa yang Harus Dilakukan Jika Muncul Tanda-Tanda Diabetes Semakin Parah?

3. Vitiligo tidak menimbulkan rasa sakit secara fisik

Fakta tentang vitiligo yang harus Anda tahu ketiga yaitu vitiligo tidak menimbulkan rasa sakit secara fisik.

Vitiligo merupakan kondisi kulit yang sama sekali tidak menimbulkan rasa sakit. Kondisi ini hanya memengaruhi warna kulit dan rambut karena kurangnya melanin.

Namun, perubahan penampilan akibat vitiligo dapat menimbulkan banyak trauma emosional dan psikologis. Pada gilirannya, trauma yang muncul bisa menyebabkan kecemasan dan depresi pada penderitanya.

Kebanyakan pasien vitiligo, meskipun tidak mengalami rasa sakit fisik, harus menghadapi banyak situasi yang menantang secara mental dan mungkin memerlukan terapi untuk mengatasi stres yang ditimbulkan oleh kondisi ini.

4. Vitiligo bisa dialami oleh siapa saja

Fakta tentang vitiligo yang harus Anda tahu keempat yaitu vitiligo bisa dialami oleh siapa saja.

Pada zaman dahulu, orang-orang percaya bahwa orang dengan warna kulit yang lebih gelap adalah satu-satunya yang dapat terkena vitiligo. Faktanya, hal ini tidak benar sama sekali.

Kesalahpahaman tersebut muncul karena vitiligo lebih terlihat pada orang-orang dengan warna kulit cokelat atau lebih gelap daripada orang-orang dengan warna kulit yang lebih terang.

Pada kenyataannya, vitiligo dapat terjadi pada siapa saja terlepas dari warna kulit, suku, ras, kasta, maupun kepercayaannya.

Demikian 4 fakta tentang vitiligo yang harus Anda tahu. Vitiligo memang tidak sakit, namun bisa sangat menyiksa mental. Jadi, marilah kita bersikap baik kepada orang-orang yang menderitanya serta membuat mereka merasa dicintai dan diterima.

Selanjutnya: Pertumbuhan Kredit UMKM Kian Lesu, Terendah Sepanjang 2024

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News