Keluarga

4 Cara Mudah Memilih Foundation untuk Kulit Sawo Matang, Simak yuk

4 Cara Mudah Memilih Foundation untuk Kulit Sawo Matang, Simak yuk

MOMSMONEY.ID - Tak terlalu sulit, ini 4 cara mudah memilih foundation untuk kulit sawo matang.

Beda warna kulit, maka berbeda pula jenis foundation yang dipilih. Bagi Anda yang dikaruniai kulit sawo matang, ada beberapa hal yang harus Anda perhatikan saat memilih foundation.

Agar tak salah pilih, simak dan ikuti 4 cara mudah memilih foundation untuk kulit sawo matang ala Make Over berikut ini, ya.

Baca Juga: 5 Tips Foundation Glowing dan Awet Seharian, Tak Sesulit Itu

1. Pahami undertone wajah

Cara mudah memilih foundation untuk kulit sawo matang yang pertama yaitu memahami undertone wajah.

Sebelum memilih foundation untuk kulit sawo matang, Anda perlu tahu undertone wajah Anda terlebih dahulu. Caranya cukup dengan melihat warna urat nadi di balik permukaan kulit.

Apabila warna urat nadi yang terlihat adalah biru, itu artinya Anda memiliki cool undertone. Sementara apabila warna urat nadi Anda hijau, artinya undertone Anda adalah warm. Namun, jika Anda kesulitan untuk membedakan warnanya, maka Anda memiliki neutral undertone

Nah, dengan mengetahui undertone wajah Anda, akan mempermudah Anda untuk menemukan warna foundation yang cocok. Yang terpenting, pilihlah warna foundation yang tidak terlalu gelap dan tidak terlalu terang dari warna dasar kulit Anda agar warnanya bisa menyatu dengan kulit.

2. Kenali jenis kulit Anda

Cara mudah memilih foundation untuk kulit sawo matang yang kedua yaitu kenali jenis kulit Anda.

Setelah memahami undertone wajah, Anda juga perlu tahu apakah jenis kulit Anda berminyak, kering, atau berjerawat.

Dengan mengenali jenis kulit sendiri, itu akan memberikan kemudahan bagi Anda untuk memilih apakah harus menggunakan foundation dengan finish matte atau dewy.

Apabila Anda memiliki masalah kulit seperti jerawat atau tekstur kulit gradakan, Anda bisa memilih foundation dengan jenis full coverage.

Baca Juga: 5 Tips Memakai Foundation Full Coverage biar Terlihat Flawess

3. Lakukan tes sebelum memilih foundation

Cara mudah memilih foundation untuk kulit sawo matang yang ketiga yaitu melakukan tes sebelum memilih foundation.

Sebagai pemilik kulit sawo matang, Anda harus jeli dalam mencari tahu warna foundation yang tepat.

Sebaiknya, pilihlah merek foundation yang memiliki range warna beragam. Untuk menemukan warna yang tepat, oleskan sedikit foundation di leher atau garis rahang. Pasalnya, dua area ini memiliki warna yang serupa dengan wajah.

Sebaliknya, hindari melakukan tes pada permukaan punggung tangan atau tangan bagian dalam. Karena, cara ini kurang efektif mengingat kulit wajah dan tangan memiliki warna yang cenderung berbeda.

4. Cek reaksi oksidasi pada foundation

Cara mudah memilih foundation untuk kulit sawo matang yang keempat yaitu mengecek reaksi oksidasi pada foundation.

Tidak sedikit foundation di pasaran yang mengalami oksidasi atau menggelap setelah dipakai. Namun, Anda tidak perlu khawatir, karena ini bukanlah hal yang berbahaya.

Biasanya, oksidasi terjadi karena adanya reaksi antara pigmen foundation dengan kandungan minyak dan tingkat pH kulit di wajah Anda.

Setelah melakukan tes foundation di leher dan area rahang, tunggulah selama 15-30 menit untuk mengetahui apakah foundation akan mengalami oksidasi atau tidak.

Jika foundation tersebut mengalami reaksi oksidasi yang berlebihan, alangkah baiknya Anda menghindari penggunaannya pada seluruh wajah.

Moms, itulah 4 cara mudah memilih foundation untuk kulit sawo matang. Cukup mudah, kan?

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News