Santai

4 Cara Kurangi Nafsu Makan Berlebih, Dijamin Lebih Sehat

4 Cara Kurangi Nafsu Makan Berlebih, Dijamin Lebih Sehat

MOMSMONEY.ID -Mau tahu cara mengurangi nafsu makan saat sedang diet? Cari tahu caranya di sini.

Mengurangi atau mengontrol nafsu makan juga bukanlah perkara yang mudah. Padahal mengurangi nafsu makan jadi hal penting saat sedang diet.

Walau banyak cara kimiawi, ada baiknya menggunakan cara alami dan sehat untuk mengurangi nafsu makan.

Ternyata ada beberapa cara almi dan sehat yang bisa digunakan untuk mengurangi nafsu makan. Apa saja? Cek caranya berikut ini.

Baca Juga: Bukan Cuma Bikin Perut Sixpack, Ini 4 Manfaat Gerakan Plank

Makan perlahan

Cara makan pun ternyata juga berpengaruh dalam membantu menjaga nafsu makan seseorang. Ketika nafsu makan tinggi, seseorang bisa makan lebih banyak dari yang telah direncanakan.

Maka dari itu, dengan makan secara perlahan dapat membantu seseorang untuk makan dalam porsi normal dan terhindar dari risiko overeating. Jadi cobalah untuk makan secara perlahan agar bisa terhindar dari nafsu makan yang tinggi.

Konsumsi makanan rendah kalori

Diet yang menyiksa, menahan lapar, dan mengurangi kalori asupan harian dalam jumlah yang banyak terkadang bisa membuat seseorang lebih mudah merasa lapar. Hal tersebut ternyata bisa memicu terjadinya binge eating atau makan secara terus-terusan.

Laman Medical News Today menjelaskan, bahwa cara tersebut dapat diatasi dengan cara mengonsumsi makanan ber-nutrisi tinggi namun dengan kalori yang rendah.

Seperti contohnya sayur, buah, kacang-kacangan dan biji-bijian. Memakan makanan tersebut dalam jumlah besar tentunya bisa membuat rasa kenyang bertahan lama dan nafsu makan pun berkurang.

Baca Juga: Hindari 7 Makanan Ini Saat Menstruasi Agar Tidak Kram Perut

Minum air putih

Dengan mengonsumsi atau minum air putih dalam jumlah cukup setiap harinya, bisa membantu untuk mengurangi nafsu makan seseorang dengan cara sehat.

Cobalah membiasakan diri untuk minum terlebih dahulu sebelum makan makanan berat. Minum air sebelum makan bisa membuat seseorang merasa kenyang lebih lama, lebih puas dengan makanan dan terhindar dari rasa lapar lagi.

Konsumsi protein

Mengonsumsi protein dalam jumlah yang cukup adalah salah satu cara efetktif untuk membantu mengontrol nafsu makan. Sebab protein bisa membuat seseorang merasa kenyang lebih lama.

Selain itu laman Health Line menjelaskan juga bahwa protein merupakan nutrisi baik yang bisa membantu menurunkan berat badan dengan cara yang sehat. Maka dari itu jangan lupa untuk selalu menyertakan protein cukup dalam makanan sehari-hari.

Coba terapkan beberapa cara tersebut untuk bantu mengurangi nafsu makan dengan cara sehat, ya.

Selanjutnya: 46 Ucapan National Boyfriend Day Panjang dan Romantis yang Bisa Dikirim ke Pacar!

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News