Keluarga

4 Cara Mencukur Bulu Ketiak dengan Benar Biar Kulit Tetap Halus, Tidak Sulit!

4 Cara Mencukur Bulu Ketiak dengan Benar Biar Kulit Tetap Halus, Tidak Sulit!

MOMSMONEY.ID - Inilah 4 cara mencukur bulu ketiak dengan benar biar kulit tetap halus yang bisa Anda coba.

Tak hanya wajah, area ketiak pun perlu diperhatikan dan dirawat dengan baik. Salah satu cara menjaga kebersihan ketiak adalah mencukur bulu-bulu yang tumbuh di atasnya.

Tidak boleh dilakukan secara asal, rutinitas mencukur bulu ketiak harus dilakukan dengan tepat supaya kulit tetap halus dan terbebas dari berbagai permasalahan seperti ingrown hair, kulit menggelap, dan bahkan iritasi.

Jika Anda mendambakan hasil cukur yang maksimal tanpa membuat kulit ketiak menjadi kasar, praktikkanlah 4 cara mencukur bulu ketiak dengan benar biar kulit tetap halus yang dilansir dari mindbodygreen berikut ini.

Baca Juga: 6 Hal yang Sebaiknya Dilakukan Pasutri Setelah Berhubungan Seks, Apa Saja?

1. Eksfoliasi sebelum bercukur

Membersihkan kulit mati sebelum bercukur dapat membuat hasil cukur menjadi jauh lebih halus. Dengan melakukan eksfoliasi sebelum bercukur, itu akan mengurangi gesekan dari pisau cukur yang dapat menyebabkan iritasi kulit.

Untuk hasil yang maksimal, pakailah air hangat dan exfoliator berbentuk scrub yang ringan guna menyingkirkan kulit mati sekaligus melembutkan bulu ketiak Anda.

Selalu ingat juga untuk tidak menggosok-gosokkan scrub eksfoliasi secara kasar dan ditekan-tekan mengingat kulit ketiak tergolong sensitif dibandingkan kulit di area punggung atau kaki.

2. Gunakan pisau cukur yang bersih dan baru

Tidak peduli seberapa bagus atau mahal pisau cukur Anda, itu tetap tidak akan bertahan selamanya.

Oleh sebab itu, gantilah pisau cukur Anda secara berkala guna mempertahankan kualitas cukur dan menjaga kesehatan kulit ketiak Anda.

Jika Anda bersikeras untuk menggunakan satu pisau cukur dalam waktu yang lama, kulit Anda justru akan terluka akibat mata pisau yang tumpul.

Baca Juga: Tampil Memukau di Met Gala 2023, Ini 5 Tips Skincare ala Jennie Blackpink

3. Gunakan pelembab setelah bercukur

Setelah memangkas bulu ketiak, jangan lupa untuk mengeringkan kulit Anda dengan lembut dan segera aplikasikan pelembab guna mengurangi iritasi serta kekeringan.

Berbeda dengan bagian kaki atau lengan yang bisa dilembabkan dengan body lotion biasa, bagian ketiak memerlukan produk pelembab khusus dengan kandungan yang lembut dan minim iritasi.

Atau, gunakanlah aloe vera gel untuk membantu melembabkan dan menghaluskan tekstur kulit ketiak pasca-bercukur.

4. Jangan mencukur secara berlebihan

Kesalahan yang sering terjadi ketika mencukur bulu ketiak adalah melakukannya secara berlebihan dan tidak segera menemui dokter kulit tatkala kulit ketiak mengalami alergi nikel dari pisau cukur yang digunakan.

Faktanya, memaksakan untuk terus mencukur ketika kulit mengalami alergi dapat menyebabkan hiperpigmentasi pada kulit berwarna gelap serta kemerahan dan iritasi pada kulit berwarna terang.

Jadi, bercukurlah secara perlahan dan jangan meneruskan untuk mencukur bulu ketiak Anda saat kulit menunjukkan tanda-tanda iritasi.

Demikian 4 cara mencukur bulu ketiak dengan benar biar kulit tetap halus. Semoga bermanfaat ya, Moms.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News