Keluarga

4 Cara Membersihkan Setrika Agar Tak Merusak Pakaian, Ibu-ibu Wajib Tahu!

4 Cara Membersihkan Setrika Agar Tak Merusak Pakaian, Ibu-ibu Wajib Tahu!

MOMSMONEY.ID - Siapa bilang setrika tak perlu dibersihkan? Meski tak harus dibilas setiap hari, namun membersihkan setrika harus dilakukan juga guna pakaian yang disetrika jadi tak rusak.

Setrika yang tak pernah dibersihkan sama sekali akan mengakibatkan permukaannya menjadi kusam, kotoran menumpuk, bahkan ada noda gosong yang sangat sulit untuk dibersihkan.

Namun Anda perlu berhati-hati jika noda gosong sudah muncul pada setrika Anda. Pasalnya, noda ini mampu membakar pakaian Anda.

“Membersihkan setrika secara teratur akan membantu merawatnya dan memperpanjang umurnya, ucap Mallory Micetich, seorang pakai Angi Home yang dikutip dari Architectural Digest.

Lantas, bagaimana aturan dan cara membersihkan setrika dengan benar tanpa takut jari terkena panas? Yuk simak yang berikut ini.

Baca Juga: 6 Tips Membersihkan Peralatan Masak Berbahan Cast Iron Agar Tak Mudah Berkarat

Aturan membersihkan setrika

Menyetrika pakaian dengan setrika uap

Sebetulnya setrika bukanlah alat yang harus sering dibersihkan. Setrika bisa dibersihkan setidaknya sebulan sekali secara menyeluruh.

Anda juga wajib membersihkan setrika jika jika tapak setrika terlihat tidak mengkilat & agak kotor. Jika tak segera dibersihkan, maka beberapa bagian pakaian bisa hangus dilahap setrika kotor tersebut, dikutip Architectural Digest.

Yang lebih mengerikan adalah jika bagian tapak setrika terlihat buram, ada bekas hangus, atau bahkan wadah airnya berkabut. Maka itu tandanya Anda harus segera membersihkannya atau mengganti setrika baru.

Jangan paksakan diri menggunkan setrika kotor jika Anda tak mau hasil pakaian jadi rusak apalagi terbakar.

Baca Juga: 5 Cara Bersihkan Air Fryer sampai Kinclong Tanpa Sisa Minyak

Cara membersihkan setrika

Tempat penampungan air pada setrika wajib sering diganti. Tujuannya adalah agar tak menjadi sarang kuman, bakteri, maupun jamur yang dapat menyebar luas ke seluruh pakaian.

1. Pakai soda kue

Metode pencampuran antara soda kue dengan air dapat membersihkan setrika yang kotor ataupun terkena bekas hangus, dikutip dari Handy.com.

Caranya, campurkan keduanya hingga membentuk tekstur seperti pasta, lalu gosokkan ke tapak setrika menggunakan sikat atau handuk lembut. Seka dengan air. Pastikan pasta soda kue benar-benar menghilang & dikeringkan sebelum sertrika dinyalakan kembali agar tak terbentuk residu gosong.

Baca Juga: Jadi Kinclong, Tiru 3 Cara Hilangkan Noda Air pada Sendok dan Gelas Kaca

2. Cuka

Cara membersihkan setrika yang terbakar juga bisa dilakukan dengan menggukana cuka putih sulingan.

Richardson, seorang pembawa acara The Laundry Guy yang dikutip melalui Her Zindagi, membagikan tips membersihkan setrika dengan cara yang mudah.

Campurkan ¼ cup cuka outih sulingan dan ¾ cup air. Masukkan ke dalam wadah air setrika, kemudian sambungkan listrik setrika dan nyalakan.

Panaskan setrika dan arahkan tombol uap ke pengaturan paling panas

“Saturasi kain bersih dengan cuka putih sulingan, lalu letakkan di papan setrika, dan setrika di atas kain beberapa kali. Uap yang dihasilkan akan mengangkat berbagai jenis kotoran yang menumpuk,” ucapnya.

cara membersihkan setrika

Baca Juga: 6 Tips Bersihkan Wastafel Pakai Bahan yang Mudah Didapat dan Aman di Tangan

3. Pakai aseton

Gunakan aseton atau pembersih cat kuku sebagai salah satu cara membersihkan setrika yang gosong. Namun dalam tahapan yang satu ini, Anda wajib menggunakan sarung tangan oven agar meminimalisir rasa panas.

Mulanya, nyalakan setrika dan biarkan memanas. Rendam bola kapas dengan cairan aseton. Oleskan bola kapas yang sudah direndam ke permukaan setrika panas.

Meski aseton mudah menguap, namun aseton juga dapat melarutkan kotoran hangus di tapak setrika menjadi hilang dan larut. Setelah selesai, jangan lupa bersihkan permukaan setrika dengan air & kain.

Baca Juga: Mengapa Kulkas Mengeluarkan Bau Tak Sedap? Coba Bersihkan Pakai 5 Cara Ini

4. Garam

Garam juga menjadi salah satu bahan yang dapat membersihkan setrika dari kotoran apapun.

Caranya dengan menaburkan garam dalam jumlah banyak ke selembar kertas, lalu usapkan setrika hangat di atas lembaran kertas tersebut. Jalankan setrika selama beberapa kali, lalu cabut setrika dan biarkan dingin.

Setelah setrika mendingin, bersihkan garam dengan kain microfiber agar tak merusak permukaannya.

Itu dia beberapa cara membersihkan setrika agar tak ada sisa hangus maupun kotoran yang dapat berpotensi membakar pakaian indahmu.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News