Keluarga

4 Cara Awetkan Makanan Bersantan Sisa Lebaran Agar Tak Mudah Basi, Terbukti Efektif!

4 Cara Awetkan Makanan Bersantan Sisa Lebaran Agar Tak Mudah Basi, Terbukti Efektif!

MOMSMONEY.ID - Begini cara mengawetkan makanan bersantan sisa Lebaran supaya tak mudah basi meski porsinya masih sangat banyak.

Porsi hidangan Lebaran selalu dibuat dalam jumlah yang banyak. Hal ini disebabkan agar keluarga besar dan rekan yang berkunjung ke rumah dapat turut serta menikmati hidangan yang kita masak.

Sayangnya, karena porsi hidangan masakan bersantan ini sangat banyak, maka menyebabkan masakan jadi lebih mudah basi, terutama jika bahan utamanya adalah santan.

Baca Juga: Anti Gagal, Ikuti Cara Masak Ketupat Hemat Gas Ala Ny. Liem

Semur Daging

Agar dapat menghindarinya, MomsMoney hadirkan berbagai cara mengawetkan makanan bersantan yang bisa Anda ikuti. Ini sangat berguna agar makanan bersantan sisa Lebaran jadi tidak mubazir.

Langsung saja intip sederet cara mengawetkan makanana bersantan yang dilansir dari Primarasa, selengkapnya.

Baca Juga: 6 Cara Mengolah Daging Sapi Pakai Bahan Tradisional Agar Empuk dan Mudah Dikunyah

Pisahkan makanan

Cara pertama mengawetkan makanan bersantan sisa Lebaran bisa dimulai dengan memisahkan makanan-makanannya.

Penting untuk selalu memisahkan makanan yang cepat basi dengan makanan yang tahan lama. Ini berguna agar makanan tak mudah basi karena saling bercampur.

Untuk makanan bersantan, ada baiknya sesegera mungkin dipanaskan kembali dalam suhu 70 derajat Celcius. Diamkan hingga uap panas menghilang, barulah makanan bisa disimpan di wadah kedap udara.

Baca Juga: Wajib Tersedia, Inilah 5 Bumbu Dasar Siap Pakai untuk Menghemat Waktu Masak

Jangan asal aduk

Rendang

Cara mengawetkan makanan bersantan sisa Lebaran, terutama jika jumlahnya masih banyak, adalah dengan tidak mengaduknya sembarangan.

Makanan bersantan yang diaduk namun tak segera dikonsumsi ataupun dipanaskan kembali malah akan membuat makanan tersebut jadi mudah basi.

Jika ingin mengambil makanan dari panci, ambilah secukupnya tanpa harus mengaduknya agar meminimalisir makanan mudah basi.

Baca Juga: 3 Resep Telur Balado Ala Minangkabau, Referensi Sajian Buka Puasa yang Nikmat

Membagi makanan

Makanan Lebaran selalu dibuat dalam porsi besar. Oleh karenanya, salah satu cara mengawetkan makanan bersantan adalah dengan membaginya menjadi beberapa bagian.

Apabila ingin disimpan, cobalah simpan makanan bersantan di dalam kulkas. Jangan lupa bagi makanan ke dalam beberapa wadah yang lebih kecil supaya proses pendinginannya jauh lebih efektif dan mudah dilakukan.

Jangan lupa memanaskan kembali makanan bersantan tadi selama 2 menit sebelum dikonsumsi.

Baca Juga: 6 Menu Inspirasi Mengolah Daging Sapi Menjadi Aneka Masakan Lebaran

Olah makanan jadi bentuk lain

Mi Lemonilo SpektaRasa Rendang Padang

Sebelum makanan bersantan sisa Lebaran menjadi basi dan akhirnya dibuang, akan lebih baik apabila makanan diolah menjadi bentuk lain.

Misalnya rendang bisa diolah kembali menjadi abon. Adapun opor ayam yang bisa diolah kembali jadi ayam bakar padang.

Bumbu sisa dari masakan Lebaran pun bisa diolah kembali menjadi bumbu untuk hidangan nasi goreng, mie goreng, dan berbagai masakan lainnya.

Itu dia berbagai cara mengawetkan makanan bersantan sisa Lebaran yang bisa Moms ikuti agar masakanmu nanti tak terbuang sia-sia.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News