Santai

300 Seniman dari Berbagai Negara Hadir, SIPA 2024 Dongkrak Pariwisata Solo

300 Seniman dari Berbagai Negara Hadir, SIPA 2024 Dongkrak Pariwisata Solo

MOMSMONEY.ID - Solo International Performing Art atau SIPA 2024 kembali membuktikan daya tariknya sebagai perhelatan seni yang mampu menarik wisatawan domestik dan mancanegara.

Dengan kehadiran sekitar 300 seniman dari berbagai negara, termasuk Korea, Kamboja, Malaysia, Belanda, Jepang, dan Australia, acara ini telah memberikan dampak signifikan terhadap sektor pariwisata Kota Solo.

Kolaborasi antara SIPA Community, Institut Seni Indonesia (ISI) Yogyakarta, dan Pemerintah Kota Surakarta menghadirkan pengalaman budaya yang kaya dan beragam.

Acara ini menampilkan pertunjukan seni dari berbagai sanggar, termasuk Shin Dance Company dari Korea Selatan dan Nyala Dance dari Malaysia, yang menunjukkan kekayaan tradisi dan inovasi dalam seni pertunjukan.

"Kita berkumpul kembali untuk merayakan keindahan seni pertunjukan. Saya dengan penuh hormat dan cinta mengucapkan selamat datang kepada semua yang telah hadir di acara istimewa ini," Irawati Kusumorasri, Direktur SIPA, dalam keterangan tertulis. 

Baca Juga: Perempuan Merapat, Ini 6 Negara Teraman Buat Solo Traveler Perempuan Kunjungi

Pernyataan ini mencerminkan semangat dan kebanggaan yang mengelilingi acara yang diangkat dengan tema Performing Royal Genesis. 

SIPA 2024 juga menghadirkan SIPA Urban Market, yang menyajikan aneka kuliner, fashion, dan kerajinan tangan, menambah daya tarik bagi pengunjung.

Terpilihnya Gusti Raden Ajeng Ancillasura Marina Sudjiwo sebagai maskot acara juga menegaskan pentingnya peran generasi muda dalam melestarikan nilai-nilai budaya Indonesia.

Dengan penyelenggaraan SIPA yang konsisten sejak 2009, acara ini tidak hanya menghibur, tetapi juga memperkuat hubungan antarnegara dan meningkatkan profil Kota Solo sebagai tujuan wisata budaya yang menarik.

Dampak positif ini, harapannya, akan terus berlanjut, memperkuat pariwisata dan ekonomi lokal.

Selanjutnya: Indonesia's Prabowo May Offer Sri Mulyani a Cabinet Post, Sources Say

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News