Santai

Yuk, Mulai Pakai Air Beras Untuk Rawat Wajah! Ternyata Ini 4 Manfaatnya

Yuk, Mulai Pakai Air Beras Untuk Rawat Wajah! Ternyata Ini 4 Manfaatnya

MOMSMONEY.ID - Manjur buat jaga kesehatan kulit wajah, ternyata ini manfaat air beras buat kecantikan.

Merawat wajah dan kecantikan kulit tentu perlu dilakukan secara maksimal. Apalagi jika yang digunakan untuk perawatan adalah bahan-bahan alami.

Seperti salah satunya adalah air beras yang punya fungsi merawat kecantikan sejak dahulu.

Agar semakin tahu, yuk, simak manfaat menggunakan air beras untuk merawat kecantikan kulit ini.

Baca Juga: Mau Kulit Glowing Seperti Bintang Korea? Coba Rutin Pakai Skincare Ginseng

Tinggi antioksidan

Antioksidan penting untuk menjaga kesehatan kulit agar terhindar dari radikal bebas, polusi, dan kuman-kuman. Beras mengandung antioksidan, seperti inositol yaitu sejenis antioksidan yang membantu melawan efek radikal bebas.

Banyak juga produk skincare yang kini sering menambahkan antioksidan ini pada produknya. Di samping itu, para peneliti menemukan bahwa beras memiliki aktivitas antioksidan yang sama dengan asam askorbat atau vitamin C dan berfungsi untuk menyerahkan kulit.

Mengurangi tanda penuaan

Selain bisa menyerahkan dengan kandungan antioksidannya, air beras juga terbukti bagus untuk mengurangi tanda penuaan.

Mengutip Medical News Today, sebuah studi tahun 2018 menemukan bahwa air beras mampu mengurangi aktivitas elastase, enzim yang berperan dalam penuaan kulit. Hal ini menunjukkan bahwa air beras berpotensi mengurangi pembentukan kerutan dan garis halus pada kulit.

Baca Juga: Jangan Dicampur! Ini 6 Kombinasi Skincare yang Bisa Merusak Kulit

Melindungi dari sinar matahari

Sinar matahari memang dikenal bisa merusak kulit hingga bagian terdalamnya. Namun, jika Anda rutin menggunakan produk kecantikan yang mengandung air beras maupun air beras secara alami, risiko tersebut bisa diminimalisasi.

Sebuah studi tahun 2016 menunjukkan bahwa perlindungan layaknya tabir surya akan makin efektif bila dikombinasikan dengan ekstrak tumbuhan lain dalam skincare.

Melembapkan kulit

Masalah kulit yang kering pun bisa jadi masalah kecantikan. Kulit kering akan mudah mengalami penuaan dini karena kurangnya kelembapan yang diserap hingga ke bagian dalam.

Dengan menggunakan air beras secara rutin, masalah kulit kering pun bisa teratasi. Seperti jika kulit Anda mengalami iritasi karena kulit kering, coba gunakan masker air beras sebagai cara untuk melembapkan kembali.

Menurut laman Health Line, air beras diketahui dapat membantu mengatasi iritasi kulit karena sodium laurel sulfate (SLS), bahan yang banyak ditemukan dalam produk perawatan. Menggunakan air beras dua kali sehari bisa membantu kulit yang kering dan rusak akibat SLS.

Selain bagus untuk merawat kecantikan kulit, air beras juga punya manfaat lain seperti menutrisi rambut rusak, mengatasi jerawat dan kemerahan, hingga menghilangkan ketombe.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News