Santai

1,5 Juta Tiket KA untuk Periode Lebaran Sudah Terjual, Ini 10 Stasiun Tujuan Terpadat

1,5 Juta Tiket KA untuk Periode Lebaran Sudah Terjual, Ini 10 Stasiun Tujuan Terpadat

MOMSMONEY.ID - PT Kereta Api Indonesia (Persero) mencatat tingginya animo masyarakat dalam memanfaatkan transportasi kereta api untuk perjalanan mudik Lebaran 1446 H/2025 yang berlangsung 21 Maret hingga 11 April 2025.

Hingga Minggu, 2 Maret 2025 pukul 07.00 WIB, KAI telah menjual sebanyak 1.531.266 tiket atau setara dengan 44,46% dari total kapasitas yang tersedia. Selama 22 hari tersebut, KAI menyiapkan total kapasitas angkut sebanyak 3.443.832 tiket Kereta Api Jarak Jauh (KA JJ) di Pulau Jawa dan Sumatera.

“Puncak penjualan sementara tercatat pada H-3 Lebaran atau 28 Maret 2025 dengan jumlah tiket terjual mencapai 104.564,” ujar Vice President Public Relations KAI Anne Purba dalam keterangan tertulis, Senin (3/3).

Anne mengatakan dengan periode pemesanan yang masih berlangsung, angka ini diperkirakan akan terus meningkat.

Baca Juga: Begini Cara Mencegah Rasa Haus dan Lemas saat Puasa

Berdasarkan data sementara, berikut adalah 10 stasiun tujuan dengan jumlah penumpang terbanyak selama periode mudik Lebaran 2025:

1. Stasiun Pasarsenen: 159.231 penumpang

2. Stasiun Gambir: 84.867 penumpang

3. Stasiun Bekasi: 56.766 penumpang

4. Stasiun Yogyakarta: 51.035 penumpang

5. Stasiun Kiaracondong: 47.263 penumpang

6. Stasiun Surabaya Pasar Turi: 46.705 penumpang

7. Stasiun Purwokerto: 44.368 penumpang

8. Stasiun Lempuyangan: 42.662 penumpang

9. Stasiun Kutoarjo: 42.415 penumpang

10. Stasiun Surabaya Gubeng: 40.336 penumpang

Adapun, KAI melakukan langkah strategis untuk memastikan kenyamanan dan kelancaran perjalanan para pelanggan. Beberapa upaya tersebut antara lain peningkatan jumlah personel di stasiun dan kereta, penguatan layanan digital, serta optimalisasi fasilitas di berbagai titik layanan.

“Sebagai bagian dari komitmen kami dalam meningkatkan kualitas layanan, KAI telah menempatkan 170 petugas Customer Service Mobile (CSM) di 39 stasiun yang tersebar di berbagai Daerah Operasi (Daop) dan Divisi Regional (Divre). Tim ini akan siap memberikan informasi dan asistensi kepada pelanggan,” kata Anne.

KAI juga terus memperluas penyediaan water station di stasiun. Fasilitas water station telah ditambahkan di empat stasiun baru, yaitu Kertapati, Lamongan, Wonokromo, dan Sidoarjo sehingga kini terdapat total 28 stasiun yang menyediakan layanan ini.

Lebih lanjut, Anne mengingatkan para pelanggan untuk merencanakan perjalanan dengan baik dan memanfaatkan layanan pemesanan tiket yang tersedia hingga 45 hari sebelum keberangkatan untuk KA jarak jauh.

"Sementara itu, tiket KA lokal dapat dipesan mulai H-30, dan beberapa layanan lainnya dapat dipesan sejak H-7 sebelum keberangkatan. Pemesanan dapat dilakukan melalui aplikasi Access by KAI atau website resmi kai.id agar pelanggan mendapatkan jadwal keberangkatan sesuai dengan kebutuhan,” kata Anne.

Selanjutnya: Adira Finance Optimis Pembiayaan Kendaraan akan Tumbuh pada Bulan Ramadan

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News