Santai

Cara Membuat Buket Bunga Sendiri untuk Orang Tersayang di Hari Valentine

Cara Membuat Buket Bunga Sendiri untuk Orang Tersayang di Hari Valentine

MOMSMONEY.ID - Cara membuat buket bunga sendiri untuk orang tersayang di Hari Valentine cukuplah mudah. 

Saat Anda berencana untuk menghadiahkan buket bunga buatan sendiri kepada orang yang Anda sayangi di Hari Valentine, ada banyak hal yang perlu Anda persiapkan.

Meski terlihat mudah dilakukan, tak banyak orang yang bisa membuat buket bunga sendiri.  Ada beberapa teknik yang harus diperhatikan untuk membuat buket bunga sendiri. 

Baca Juga: 20 Ucapan Hari Valentine Romantis untuk Kirim Ungkapan Cinta ke Orang Tersayang

Mengutip Orchid Florist, berikut cara membuat buket bunga sendiri untuk orang tersayang di Hari Valentine:

1. Pilih bunga 

Saat memilih bunga untuk karangan bunga, skema warna itu penting. Buket bunga biasanya terdiri dari tiga isian, yaitu bunga utama, bunga manis, dan pengisi.

Bunga utama: Disebut bunga utama, karena letaknya di tengah-tengah karangan bunga dan biasanya jumlahnya paling banyak agar menonjol. Tergantung pada preferensi Anda, bunga utama dapat memiliki satu atau dua warna berbeda.

Namun, jika Anda ingin menggunakan dua warna berbeda, pastikan Anda memperhatikan skema warnanya dan memilih bunga dengan warna yang serasi, seperti kuning dan oranye atau merah dan pink.

Bunga manis: seperti namanya, bunga manis bertujuan untuk menghiasi tampilan buket Anda agar terlihat semakin cantik. Agar bunga utama tetap menjadi titik fokus, pilihlah bunga manis dengan warna netral seperti putih dan pastikan ukurannya tidak lebih besar dari bunga utama Anda.

Filler: filler memberikan sentuhan yang lebih elegan karena dapat menambah volume dan penataan warna yang menarik pada buket. Beberapa filler biasanya menggunakan aksen hijau seperti daun untuk kesan natural dan segar.

Namun, Anda juga bisa menggunakan jenis bunga lain seperti baby breath atau bunga aster.

Baca Juga: Daftar Tanaman Hias Hari Valentine untuk Diberikan ke Orang Tersayang

2. Siapkan alat yang diperlukan 

Setelah bunga dipilih, langkah selanjutnya yang harus Anda lakukan adalah menyiapkan alat-alat yang diperlukan:

- Gunting: Gunting diperlukan untuk memangkas bunga sebelum disusun menjadi karangan bunga serta memotong pita, tali rami, dan peralatan lainnya.

- Tali rami : Agar tidak berantakan, sebaiknya bunga yang sudah dirangkai diikat dengan tali rami sebelum dihias dengan pita dan hiasan hiasan lainnya. Namun jika tidak memiliki tali rami, Anda juga bisa menggantinya dengan selotip untuk memastikan rangkaian bunga tetap pada tempatnya.

- Hiasan dekoratif: Hiasan dekoratif yang Anda pilih dapat bergantung pada selera Anda. Jika ingin membuat karangan bunga sederhana, hiasan dengan pita saja sudah cukup.

Namun, jika ingin karangan bunga yang lebih mewah, Anda juga bisa menambahkan kertas kado atau kain spunbond yang biasanya dijual khusus untuk membuat karangan bunga.

Baca Juga: 35 Twibbon Hari Valentine 14 Februari 2024 Desain Keren untuk Diunggah di Sosmed!

3. Pangkas tangkai bunga dengan gunting

Potonglah setiap daun yang ada pada tangkai bunga. Jika Anda menggunakan bunga mawar, Anda juga harus memangkas durinya agar tidak melukai tangan Anda saat sedang dirangkai. 

Selain itu, agar penataannya menjadi lebih rapi, potonglah setiap ujung tangkai bunga agar memiliki panjang yang rata. Pastikan potongan batangnya nyaman digenggam, artinya tidak terlalu panjang atau terlalu pendek.

4. Susun bunga dan ikat dengan tali

Skema warna akan sangat mempengaruhi hasil akhir buket bunga yang Anda buat, jadi pastikan Anda memilih kombinasi warna yang tepat. Susun terlebih dahulu bunga utama di tengah, lalu isi sekelilingnya dengan bunga manis hingga penuh. 

Lalu terakhir lengkapi buket Anda dengan filler di lingkaran luar. Karena tujuan filler hanya untuk memberi volume dan sentuhan artistik, Anda tidak perlu menambahkan bunga sebanyak-banyaknya untuk menjaga titik fokus buket Anda pada bunga utama.

Setelah selesai, ikat tangkai bunga dengan tali rami atau selotip.

Baca Juga: Kumpulan Ucapan Hari Valentine yang Romantis, Cocok Dikirim ke Pacar

5. Tambahkan hiasan dekoratif

Jika Anda berencana membuat karangan bunga sederhana, cukup lilitkan tali di sekeliling tangkai bunga hingga menutupi seluruh permukaan tali atau selotip rami, lalu ikat simpul pita untuk sentuhan akhir yang manis. 

Namun jika ingin menggunakan hiasan tambahan seperti kertas lusi, kertas kado terlebih dahulu dibentangkan di atas meja dengan posisi belah ketupat, lalu letakkan buket bunga di atasnya dengan ujung batang berada di tengah. 

Selanjutnya lipat bagian bawah kertas kado ke atas hingga menutupi seluruh tangkai bunga, lalu lipat sisi kanan kertas kado ke kiri dan sisi kiri ke kanan hingga menutupi lipatan bawah. Langkah terakhir, ikat tangkai bunga yang sudah dialasi kertas kado dengan simpul pita.

Nah, itulah beberapa cara membuat buket bunga sendiri untuk orang tersayang di Hari Valentine. Sekarang, Anda bisa merangkai bunga yang spesial untuk orang tersayang di sekitar Anda. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News