Santai

1,04 Juta Wisman Berkunjung ke Indonesia Sepanjang Maret, Terbanyak dari Malaysia

1,04 Juta Wisman Berkunjung ke Indonesia Sepanjang Maret, Terbanyak dari Malaysia

MOMSMONEY.ID - Sepanjang Maret 2024, jumlah kunjungan wisatawan mancanegara (wisman) ke Indonesia sebanyak 1,04 juta.

Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Sandiaga Salahuddin Uno mengatakan, jumlah tersebut turun 1,91% dibandingkan Februari 2024 tetapi lebih tinggi dibandingkan periode yang sama tahun sebelumnya.

"Jika dibandingkan dengan bulan yang sama pada tahun lalu jumlahnya naik 19,86%," kata Sandiaga dalam keterangan tertulis, Senin (6/5).

Sandiaga merinci, dari jumlah kunjungan tersebut wisatawan asal Malaysia mendominasi yakni sebesar 15,38% lalu terdapat Australia sebesar 11,92%, kemudian Singapura sebesar 11,52%.

Baca Juga: Gandeng Nikita Willy dan Indra Priawan, Dubai Siap Jaring Turis Indonesia

Bila ditotal, jumlah kunjungan wisatawan mancanegara sepanjang Januari hingga Maret 2024 meningkat sebesar 25,43% dibanding periode yang sama tahun lalu. 

Peningkatan kunjungan ini utamanya tercatat pada pintu Bandara Ngurah Rai, Bali, sebesar 31,49% dan Soekarno Hatta-Banten  sebesar 33,03%.

Snndiaga melanjutkan, okupansi atau tingkat penghunian kamar di hotel berbintang pada Maret 2024 mencapai 43,41% dan rata-rata lama tamu menginap selama 1,7 malam. 

Sandiaga pun mengatakan angka tersebut harus diterima dengan penuh rassa syukur dan dia berharap, angka tersebut mampu memberikan dampak terhadap pengembangan sektor pariwisata juga ekonomi kreatif.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News