Keluarga

10 Waktu Terlarang Menyiram Tanaman Hias di Rumah, Wajib Disimak!

10 Waktu Terlarang Menyiram Tanaman Hias di Rumah, Wajib Disimak!

MOMSMONEY.ID - Tahukah Anda ada waktu terlarang menyiram tanaman hias di rumah? Ya, Anda perlu menghindari waktu-waktu terlarang ini untuk menyelamatkan tanaman hias Anda. 

Waktu terlarang menyiram tanaman hias sangat berpengaruh untuk pertumbuhan. Itu sebabnya, penting untuk mengetahui kapan Anda harus dan tidak boleh menyiram tanaman. 

Jika Anda ingin menyiram tanaman hias pada waktu ini, Anda perlu mengurungkan niat daripada tumbuhan tersebut layu dan mati.

Baca Juga: Tips Menanam Tanaman Hias Indoor dengan Benar, Pemula Wajib Simak!

Mengutip Balcony Garden Web, berikut ini waktu terlarang menyiram tanaman hias :

1. Pada Sore atau Siang Hari

Apa gunanya menyiram tanaman saat matahari sedang puncaknya ya? Sebelum air bisa meresap ke dalam tanah, ia akan menguap!

Selain itu, tetesan air pada dedaunan dapat berfungsi sebagai kaca pembesar, meningkatkan intensitas sinar matahari, yang dapat menyebabkan sengatan panas pada tanaman dan membakar daun.

2. Jelang Sore atau Malam Hari

TANAMAN HIAS

Jika Anda menyiram tanaman pada saat ini, kelebihan air pada daun tidak akan sempat menguap, dan hal ini dapat menjadi lingkungan yang subur bagi penyakit jamur, serta kemungkinan tumbuhnya jamur dan lumut.

3. Langsung Setelah Transplantasi

Saat Anda memindahkan tanaman dari satu pot ke pot lain, terutama tanaman muda, tanaman akan terkena kemungkinan guncangan transplantasi dan penyiraman pada tahap ini dapat memicu hal tersebut.

Jika Anda akan merendam media tanam segera setelah tanam, hal ini akan memperparah stres. Beri waktu 1-2 hari atau cukup semprotkan (2-3 kali) tanah sedikit pada permukaan atas.

4. Saat Mendung atau Hujan

Apakah kita perlu menyebutkannya? Jelas sekali, bukan? Siapa yang ingin merendam tanaman yang sudah direndam lebih banyak dan mengundang semua hal negatif yang terkait dengan penyiraman berlebihan!

Baca Juga: 4 Alasan Penting Tidak Boleh Membeli Tanaman Hias Baru, Wajib Disimak!

5. Saat Tanaman Tidak Aktif

Jika terjadi pergantian musim, terutama pada bulan-bulan dingin dan musim dingin, Anda akan melihat banyak tanaman memasuki keadaan tidak aktif. 

Pada tahap ini, kebutuhan air mereka berkurang secara signifikan, dan menyiraminya pada saat ini pasti akan membunuh mereka!

6. Saat Terlalu Berangin

Jika Anda berencana menyiram tanaman taman dan melihat hembusan angin terjadi, hentikan! Air dari pipa akan mengalir ke mana-mana, dan beberapa area akan menjadi lebih lembab dibandingkan area lainnya.

Ini juga akan membuat dedaunan menjadi basah. Angin juga akan mengeringkan air lebih cepat, sehingga seluruh maknanya tidak berguna.

7. Saat Melihat Bintik Air di Daun

Bintik-bintik putih atau berair pada daun adalah tanda pasti dari air yang mengandung mineral ( Kerak putih pada lapisan atas tanah menunjukkan penumpukan kalsium), dan jika Anda terus membasahi media tanam dengan air keran biasa, hal ini akan memperburuk keadaan. lebih buruk.

Ganti media tanam saat ini dan gunakan RO atau air hujan.

Baca Juga: 7 Cara Hilangkan Rasa Ngantuk dalam Waktu Singkat, Pekerja Wajib Simak!

8. Saat Gelombang Panas

Jika wilayah Anda terkena gelombang panas, jangan menyirami tanaman karena mengira hal itu akan membantu mereka. Selama panas dan suhu ekstrem, tanaman menjadi stres dan mengubah kebiasaan kebutuhan airnya.

Biarkan gelombang panas berlalu, lalu sirami tanaman dalam-dalam dan lebih jarang untuk mendorong pertumbuhan akar yang lebih dalam dan kuat.

9. Suhu Beku

Berencana menyiram tanaman saat cuaca dingin di luar? Berhenti! Hal ini akan menyumbat akar, karena air akan segera berubah menjadi es setelah merembes jauh ke dalam sistem perakaran, sehingga tanaman tidak dapat memperbarui udara dan nutrisi.

10. Saat Tanaman Tersiram Air Secara Berlebihan

Tanda-tanda yang dapat dilihat yaitu daun menguning atau terkulai, terasa kenyal/lembek di dekat pangkal tanaman, dan kurangnya pertumbuhan dan kekuatan secara keseluruhan. 

Nah itulah beberapa waktu terlarang menyiram tanamam hias di rumah. Anda wajib menyimaknya untuk menyelamatkan tanaman Anda.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News