Santai

10 Tanaman Hias Indoor untuk Musim Panas yang Wajib Terkena Sinar Matahari

10 Tanaman Hias Indoor untuk Musim Panas yang Wajib Terkena Sinar Matahari

MOMSMONEY.ID - Ada beragam tanaman hias indoor untuk musim panas. Namun, beberapa tanaman hias indoor untuk musim panas ini wajib terkena sinar matahari. 

Tanaman hias indoor untuk musim panas tersebut membutuhkan asupan cahaya matahari secara langsung. Oleh karena itu, Anda perlu mengeluarkan dari ruangan. 

Apa saja tanaman hias indoor untuk musim panas? Berikut daftarnya. 

Baca Juga: Kesalahan Menanam Tanaman Hias Indoor di Air, Wajib Dihindari!

1. Philodendron dan Pothos

Kelompok tanaman ini menyukai cahaya yang disaring dan hangatnya musim panas di luar ruangan. Meskipun mereka membutuhkan lebih sering penyiraman, lingkungan luar ruangan menyediakan kondisi ideal untuk pertumbuhannya.

Temukan tempat seperti di bawah pohon atau di antara kelompok tanaman lain untuk menyimpan pothos dan philodendron. Dengan cara ini, mereka bisa mendapatkan kelembapan yang tepat. sambil terlindung dari teriknya sinar matahari sore.

2. Kaktus dan Sukulen

jenis kaktus: kaktus bulan

Tanaman tahan kekeringan ini beradaptasi dengan baik terhadap sinar matahari langsung dan kondisi kering berkala, yang secara alami terdapat di luar ruangan selama musim panas.

Sinar matahari alami membantu mereka tumbuh lebih kuat, dan siklus basah-kering yang bergantian meningkatkan kemampuan mereka untuk menahan musim kemarau.

3. Telapak Ekor Kuda

Tanaman dengan perawatan rendah ini dapat tumbuh dengan baik di luar ruangan selama musim panas dan juga tumbuh lebih cepat karena aliran udara yang lebih baik dan lebih banyak cahaya alami yang dapat diserap. Jika tanaman sudah cukup dewasa, bahkan bisa menghasilkan tangkai bunga!

4. Puring

Daun tanaman ini bisa menjadi lebih cerah dan berwarna jika terkena lebih banyak cahaya dan tingkat kelembapan. Namun, Anda perlu lebih berhati-hati dalam memenuhi kebutuhan penyiramannya untuk mencegah jatuhnya daun.

Baca Juga: 9 Tanda Tanaman Hias Indoor Butuh Sinar Matahari, Simak Ciri-cirinya

Pastikan tanaman terlindung dari paparan sinar matahari sore yang terik, terutama jika Anda tinggal di daerah beriklim hangat.

5. Bunga Amarilis 

Bunga amarilis tumbuh subur di musim panas, di mana ia mendapat sinar matahari alami penuh. Ini meningkatkan pertumbuhan dan kemampuan mereka untuk berkembang. Namun, Anda harus sedikit berhati-hati dengan paparan sinar matahari, jadi simpanlah di tempat yang menghadap ke timur.

6. Tanaman Laba-laba

Tanaman hias yang mudah beradaptasi ini juga dapat tumbuh subur di luar ruangan pada musim panas, memanfaatkan cahaya tidak langsung dan curah hujan alami, serta banyak sirkulasi udara alami.

Kondisi luar ruangan mencegah masalah seperti busuk akar sekaligus mendorong pertumbuhan yang lebih sehat dan kuat.

7. Monstera

Dikenal karena daunnya yang besar dan indah, Monstera tumbuh subur dalam kondisi cahaya terang dan tidak langsung yang sering ditemukan di luar ruangan pada musim panas. Peningkatan cahaya dapat menghasilkan daun yang lebih besar dan pertumbuhan yang lebih kuat secara keseluruhan.

Untuk hasil terbaik, kelompokkan 3-4 tanaman bersama-sama di sudut, lokasi taman yang menghadap ke timur dan Anda akan melihat mereka tumbuh subur seperti berada di hutan!

8. Fatsia

Tanaman yang tahan naungan ini dapat bertahan hidup di luar ruangan pada iklim musim panas yang lebih sejuk. Ia lebih menyukai lingkungan yang terlindung dari sinar matahari langsung dan tahan terhadap suhu dingin.

Baca Juga: Tanaman Hias Indoor Kekurangan Cahaya? Simak Tips Mendapatkan Sinar Matahari

9. Pakis

Berasal dari lingkungan lembab seperti rawa dan pegunungan di AS bagian timur, pakis dapat tahan terhadap sinar matahari musim panas dengan baik jika ditanam di tanah yang kaya dan lembab secara konsisten.

Jika Anda memiliki tempat terbuka di bawah pohon besar atau semak di taman, tempat itu akan menjadi surga bagi keindahan tersebut.

10. Koleus

Mengekspos Coleus pada kondisi luar ruangan musim panas menawarkan banyak manfaat. Peningkatan cahaya alami mempertegas warna dedaunan dan juga meningkatkan sirkulasi udara, sehingga membantu membuat tanaman lebih lebat.

Nah itulah beberapa tanaman hias indoor untuk musim panas yang perlu Anda bawa keluar untuk mendapatkan sinar matahari. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News