Bugar

10 Rekomendasi Buah untuk Diet Cepat Kurus yang Paling Ampuh

10 Rekomendasi Buah untuk Diet Cepat Kurus yang Paling Ampuh

MOMSMONEY.ID - Mau berat badan cepat turun? Yuk, konsumsi buah untuk diet cepat kurus yang paling ampuh berikut ini.

Menurunkan berat badan secara sehat memerlukan pola makan yang seimbang dan nutrisi yang tepat. Salah satu cara terbaik untuk menjaga asupan kalori tetap rendah sambil memenuhi kebutuhan gizi adalah dengan mengonsumsi buah-buahan.

Beberapa jenis buah kaya serat, vitamin, mineral, dan memiliki kalori rendah, sehingga sangat efektif untuk membantu proses penurunan berat badan.

Melansir dari Healthline, inilah daftar rekomendasi buah untuk diet cepat kurus yang paling ampuh:

1. Grapefruit

Grapefruit adalah rendah kalori dan kaya vitamin C. Setengah grapefruit hanya mengandung sekitar 37 kalori namun memberikan 51% dari kebutuhan harian vitamin C.

Buah ini memiliki indeks glikemik rendah, sehingga gula dilepaskan ke darah secara perlahan. Grapefruit juga kaya antioksidan naringenin yang bermanfaat untuk jantung dan mengurangi risiko diabetes.

Baca Juga: Konsumsi 7 Jenis Buah yang Bagus untuk Asam Urat Berikut Ini, yuk!

2. Apel

Apel mengandung serat tinggi dengan 5,4 gram per buah besar dan hanya sekitar 116 kalori. Seratnya membantu menekan rasa lapar.

Polifenol dalam kulit apel juga dikaitkan dengan penurunan lemak dan peningkatan kolesterol HDL (baik). Untuk hasil terbaik, konsumsi apel dalam bentuk utuh, bukan jus.

3. Buah beri

Buah beri, seperti raspberry dan stroberi, rendah kalori dan kaya vitamin C dan serat. Satu studi menemukan bahwa camilan buah beri lebih mengenyangkan daripada permen dengan jumlah kalori yang sama.

Buah beri juga membantu menurunkan kolesterol, tekanan darah, dan peradangan, yang baik bagi kesehatan jantung.

3. Stone fruit

Stone fruit seperti persik, plum, dan aprikot adalah buah musiman yang kaya vitamin A dan C, rendah kalori, dan memiliki indeks glikemik rendah.

Sebagai alternatif camilan rendah kalori, buah ini memberikan rasa kenyang lebih lama dibanding makanan ringan olahan.

Baca Juga: Beda dengan Gatal Biasa, Begini Ciri-Ciri Gatal karena Diabetes

4. Markisa

Markisa adalah buah rendah kalori dan tinggi serat yang membantu mengendalikan nafsu makan. Selain itu, biji markisa mengandung piceatannol, yang dapat meningkatkan sensitivitas insulin.

Buah ini dapat dinikmati langsung atau digunakan sebagai topping hidangan penutup.

5. Rhubarb

Rhubarb rendah kalori dan mengandung banyak serat serta vitamin K. Serat rhubarb mendukung kesehatan kardiovaskular dan membantu menurunkan kolesterol.

Rhubarb bisa direbus dan ditambahkan pada oatmeal atau sereal untuk sarapan.

Baca Juga: 12 Cara Sederhana Menurunkan Gula Darah secara Alami, yuk Terapkan

6. Buah kiwi

Kiwi kaya nutrisi, termasuk vitamin C, K, dan serat. Penelitian menunjukkan kiwi dapat menurunkan tekanan darah, mengurangi lingkar pinggang, dan memperbaiki kesehatan usus.

Dengan indeks glikemik rendah, buah ini tidak menyebabkan lonjakan gula darah yang signifikan.

7. Melon

Melon memiliki kalori rendah dan banyak air, sehingga membuatnya sempurna untuk menjaga hidrasi. Meskipun rendah kalori, melon kaya akan vitamin C, kalium, dan antioksidan, yang membantu tubuh tetap kenyang lebih lama.

Baca Juga: 9 Manfaat Sayur Genjer untuk Kesehatan Tubuh Anda yang Luar Biasa

8. Jeruk

Jeruk memiliki kalori rendah, kaya vitamin C, dan tinggi serat. Makan jeruk utuh lebih mengenyangkan dibanding jus jeruk karena serat yang terdapat dalam jeruk utuh membantu mengontrol rasa lapar.

9. Pisang

Pisang dikenal padat nutrisi dan kaya serat, kalium, magnesium, serta vitamin B6 dan C. Kandungan kalorinya lebih tinggi dibanding buah lain, tetapi dengan indeks glikemik rendah hingga sedang.

Pisang bisa menjadi camilan yang mengenyangkan tanpa meningkatkan gula darah terlalu cepat.

Baca Juga: Bikin Langsing! Ini 6 Teh Terbaik untuk Menurunkan Berat Badan dan Bakar Lemak

10. Alpukat

Alpukat kaya lemak sehat dan serat, sehingga memberikan rasa kenyang yang tahan lama. Meskipun tinggi kalori, penelitian menunjukkan, alpukat dapat menurunkan berat badan karena mengurangi nafsu makan.

Alpukat juga meningkatkan kolesterol baik dan menurunkan risiko penyakit jantung.

Nah, itulah beberapa rekomendasi buah untuk diet cepat kurus yang paling ampuh. Selamat mencoba dan semoga diet Anda berhasil, ya!

Tonton: 6 Aturan Diet ala Orang Jepang Tanpa Menyiksa Tubuh, Penuh Gizi dan Tak Bikin Lapar

Selanjutnya: Digitalisasi&Inovasi:Kunci Kopnus di Usia 20Tahun guna Berdayakan Pensiunan Indonesia

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News