Bugar

10 Manfaat Berjalan Kaki Santai 10 Menit Setelah Setiap Makan

10 Manfaat Berjalan Kaki Santai 10 Menit Setelah Setiap Makan

MOMSMONEY.ID - Berjalan kaki membawa banyak manfaat bagi kesehatan tubuh. Bahkan, berjalan 10 menit setelah setiap makan pun cukup untuk mendapatkan hampir semua manfaat kesehatan.  

Hampir semua pakar nutrisi dan kesehatan merekomendasikan berjalan kaki santai beberapa menit setelah makan ketimbang duduk-duduk atau bahkan berbaring. 

Kebiasaan kecil ini dapat meningkatkan pencernaan, menjaga level gula darah, dan meningkatkan mood. 

Mengingat Anda baru menyantap makan besar, hindari berjalan dengan cepat. Ambil langkah kecil dan berjalanlah dengan santai. Mengitari taman di sekitar kita selama 10 menit pun sudah cukup. 

Baca juga: Bukan 10.000 Langkah, Ini Jumlah Optimal Olahraga Berjalan Kaki

IndiaTimes mencatat ada 10 manfaat dengan berjalan kaki 10 menit setiap setelah makan.

1. Memperbaiki pencernaan

Berjalan setelah makan menstimulasi sistem pencernaan, membantu untuk mencerna makanan lebih efisien. Hal ini dapat mencegah masalah yang sering terjadi seperti perut kembung, begah, dan konstipasi. 

2. Menjaga gula darah

Berjalan kaki singkat setelah makan juga bisa membantu tubuh menjaga level gula karena meningkatkan sensitifitas insulin. Hal ini bermanfaat bagi siapapun dengan diabetes atau insulin resistance

3. Mengelola berat tubuh

Berjalan kaki secara reguler setelah makan bisa membantu untuk menjaga berat badan dengan merilis kalori harian. Latihan ini membantu penimbunan lemak. 

4. Meningkatkan kesehatan jantung

Berjalan kaki mendorong sirkulasi dan memperkuat jantung, serta mengurangi risiko kardiovaskular. Ini pun membantu menjaga tekanan darah dan kolesterol.

5. Memperbaiki mood dan mengurangi stres 

Aktivitas fisik, bahkan dengan intensitas rendah, bisa merilis endorfin, hormon yang memperbaiki mood dan mengurangi stres. Sehingga, berjalan kaki ringan ini bisa membantu kesehatan mental dan keseluruhan tubuh kita. 

Karyawan makan siang pada hari pertama masuk kerja usai libur

6. Mendorong metabolisme

Berjalan kaki singkat membantu metabolisme tubuh lantaran menambah pembakaran kalori secara efisien sepanjang hari. Hal ini bisa meningkatkan energi tubuh secara keseluruhan dan pengelolaan berat badan. 

7. Mengurangi risiko GERD

Berjalan kaki membantu pencernaan menurunkan level asam dan mengurangi risiko terjadinya pembalikan asam lambung ke tenggorokan atau acid reflux and gastroesophageal reflux disease (GERD). Sehingga berjalan kaki singkat bsia mengurangi ketidaknyamanan dari rasa panas di dada dan lambung setelah makan. 

8. Meningkatkan kualitas tidur

Latihan ringan setelah makan bisa membantu meningkatkan kualitas tidur dengan menjaga ritme sirkadian. Pencernaan yang sehat dan berkurangnya stress juga membantu tidur lebih berkualitas. 

9. Menjaga kesehatan sendi

Berjalan kaki bisa memperkuat otot dan sendi, sehingga menghindari nyeri dan kaku otot. Ini adalah olahraga low-impact yang menjaga persendian tetap sehat dan fleksibel. 

10. Meningkatkan energi

Untuk menghindari rasa lesu setelah makan, berjalan kaki santai bisa mendorong level energi. Selain itu, berjalan kaki bisa membantu menjernihkan pikiran, meningkatkan fokus, dan mengurangi kelelahan. 

Jadi, itulah 10 manfaat dari berjalan kaki santai 10 menit setelah makan. Selamat mencoba! 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News