Santai

10 Cara Menjaga Kesehatan Baterai iPhone agar Tidak Menurun

10 Cara Menjaga Kesehatan Baterai iPhone agar Tidak Menurun

MOMSMONEY.ID - Baterai litium-ion di iPhone secara alami akan rusak seiring penggunaan seiring berjalannya waktu. Untuk itu, Anda perlu menjaga kesehatan baterai iPhone. 

Cara menjaga kesehatan baterai iPhone dapat Anda simak di artikel ini. Sangat penting untuk menjaga baterai iPhone Anda agar dapat bertahan selama mungkin. Berikut beberapa cara untuk memperlambat degradasi baterai pada iPhone Anda.

Berikut ini 10 cara menjaga kesehatan baterai iPhone :

Baca Juga: 3 Pilihan Ganti Baterai iPhone yang Ngedrop, Bisa Dilakukan Sendiri

1. Hindari Memaksimalkan Siklus Pengisian Daya Anda

Menurut Apple, setelah sekitar 500 siklus pengisian daya, iPhone hanya mempertahankan hingga 80% dari kapasitas baterai aslinya.

Anda menjalani siklus pengisian daya saat Anda menggunakan 100% baterai iPhone Anda, misalnya, Anda menggunakan 50% kemarin dan 50% lagi hari ini.

Jadi, secara umum, semakin sedikit Anda menggunakan iPhone, semakin sedikit siklus pengisian daya yang Anda lalui dan semakin lama baterai akan bertahan. Anda dapat memeriksa berapa banyak siklus baterai yang telah dilalui iPhone Anda bahkan tanpa menggunakan aplikasi.

Selain itu, menjaga perangkat tetap terisi penuh atau terkuras habis dapat berdampak negatif pada kesehatan baterai iPhone Anda. Oleh karena itu, Anda harus berusaha menjaga baterai perangkat Anda antara 40% dan 80% sebisa mungkin untuk menjaga kesehatan baterai iPhone Anda.

2. Matikan Fitur yang Tidak Diperlukan

Cara Menghindari Baterai HP yang Cepat Habis

Untuk menggunakan lebih sedikit siklus pengisian daya dan menjaga kesehatan baterai iPhone Anda, Anda harus mematikan fitur apa pun yang tidak benar-benar Anda perlukan. 

Misalnya, kami menyarankan untuk mematikan fitur yang boros daya seperti Penyegaran Aplikasi Latar Belakang. Buka Pengaturan > Umum > Penyegaran Aplikasi Latar Belakang > Penyegaran Aplikasi Latar Belakang > Nonaktif untuk melakukannya.

Untuk lebih menghemat masa pakai baterai di iPhone Anda dan memaksimalkan daya baterai penuh, Anda dapat mematikan layar selalu aktif (jika iPhone Anda memilikinya) dan mengaktifkan kecerahan otomatis sehingga iPhone Anda secara otomatis mengurangi kecerahan layar kapan pun diperlukan. cocok bagi lingkungan.

Baca Juga: Cara Menyembunyikan Aplikasi di iPhone Tanpa Perlu Dihapus

Untuk mengaktifkan kecerahan otomatis, buka Pengaturan > Aksesibilitas > Tampilan & Ukuran Teks dan aktifkan Kecerahan Otomatis.

3. Jangan Tinggalkan iPhone Anda Tanpa Mengisi Daya Terlalu Lama

Sel baterai yang membentuk baterai lithium-ion memiliki masa pakai yang terbatas, artinya Anda harus merawat baterai iPhone Anda jika ingin terus mendapatkan manfaat dari perangkat Anda.

Salah satu pembunuh terbesar baterai ponsel pintar adalah membiarkannya mati total. Hal ini karena jika sel baterai habis dan dibiarkan dalam waktu lama, baterai dapat memasuki kondisi pengosongan yang dalam dan tidak dapat berfungsi lagi.

Untungnya, baterai iPhone masih menyimpan sejumlah daya cadangan meskipun dimatikan untuk menghindari masalah ini. 

Namun jika iPhone Anda mati, Anda harus ingat untuk mengisi dayanya kembali sesegera mungkin. Untuk menghindari hal ini, manfaatkan mode Daya Rendah iPhone Anda saat baterai tinggal 20% atau lebih rendah hingga Anda dapat mengakses stopkontak.

Baca Juga: Cara Sembunyikan Aplikasi di iPhone Tanpa Perlu Dihapus, Intip Tipsnya

4. Jangan Biarkan iPhone Anda Terisi Semalaman

Banyak orang mengisi daya ponselnya semalaman karena ini adalah pilihan yang paling nyaman. 

Namun, mengisi daya ponsel Anda semalaman bisa berdampak buruk karena mengisi daya iPhone secara berlebihan seperti ini dapat mengakibatkan baterai rusak dan mengurangi masa pakai ponsel Anda.

Pengisian daya yang berlebihan akan merusak baterai Anda karena memaksa lebih banyak arus masuk ke dalam sel yang sudah penuh daripada yang seharusnya ditampungnya. 

Ini juga berarti iPhone Anda menghabiskan sebagian besar malamnya dengan daya terisi 100%, yang berdampak buruk bagi kesehatan baterainya.

Baca Juga: Cara Blur Teks di iPhone untuk Melindungi Informasi Sensitif dan Privasi

Untungnya, iOS memiliki fitur Pengisian Baterai yang Dioptimalkan untuk membantu menjaga kesehatan baterai iPhone Anda. Anda dapat mengaktifkannya dengan membuka Pengaturan > Baterai > Kesehatan & Pengisian Baterai dan mengaktifkan Pengisian Baterai yang Dioptimalkan.

Jika Anda mematikan daya ponsel pada waktu yang hampir sama setiap hari, iPhone Anda akan mempelajari pola ini dan menghindari pengisian daya hingga 100% hingga Anda membutuhkannya.

5. Hindari Mengisi Daya dan Menggunakan Ponsel Anda Secara Bersamaan

Tak ada salahnya melihat beberapa pesan dan menelusuri media sosial sebentar. Namun, hindari terlibat dalam sesi permainan yang berkepanjangan saat mengisi daya iPhone Anda.

Mengisi daya perangkat Anda secara bersamaan hanya akan memperburuk masalah dan memengaruhi kesehatan baterai iPhone Anda dalam jangka panjang.

Oleh karena itu, yang terbaik adalah membuat rencana terlebih dahulu dan mengisi daya perangkat Anda secukupnya terlebih dahulu untuk menjaga baterai iPhone Anda. Selain itu, tidak nyaman untuk memegang dan menggunakan iPhone yang panas dengan benar.

6. Gunakan Hanya Pengisi Daya Resmi Apple

Banyak perusahaan yang tidak bermoral memproduksi charger iPhone berkualitas rendah. 

Meskipun pengisi daya tersebut masih dapat mengisi daya perangkat Anda, pengisi daya ini tidak disertifikasi oleh Apple, artinya pengisi daya tersebut tidak mempertahankan kualitas dan kompatibilitas yang sama dengan baterai iPhone Anda.

Baca Juga: Cara Scan Dokumen di iPhone Tanpa Download Aplikasi Tambahan, Jadi Lebih Praktis

Hanya gunakan aksesori bersertifikasi Apple MFi untuk keselamatan dan kesehatan baterai iPhone Anda. 

Beberapa item yang disetujui secara resmi ini mencakup kabel Lightning terbaik untuk mengisi daya iPhone Anda.

Mereka membantu melindungi dari lonjakan listrik dan korsleting, yang dapat menyebabkan cedera pada Anda atau merusak komponen internal ponsel, termasuk baterai.

7. Hindari Perubahan Suhu Ekstrim

Menjaga iPhone Anda aman dari suhu ekstrem akan membantu baterai bertahan sepanjang masa pakainya tanpa merusak komponen inti. Oleh karena itu, memperhatikan tindakan ini dapat membantu menjaga kesehatan baterai iPhone Anda.

Suhu yang sangat rendah dapat menyebabkan masa pakai baterai menjadi lebih pendek, sehingga memengaruhi kemampuan baterai untuk mengisi daya atau membuatnya berhenti bekerja sama sekali. 

Di sisi lain, suhu yang sangat tinggi dapat menghalangi Anda menggunakan beberapa fitur ponsel secara permanen, seperti menyebabkan retakan pada perangkat itu sendiri, yang dapat memengaruhi kinerja baterai secara keseluruhan.

8. Investasikan dalam Casing untuk iPhone Anda

Kita semua mungkin pernah menjatuhkan iPhone kita pada suatu saat. Meskipun Ceramic Shield pada iPhone memang berkontribusi pada daya tahan perangkat, namun tetap lebih aman untuk memiliki casing. 

Benturan berulang kali pada permukaan keras pasti akan menyebabkan kerusakan komponen internal seiring berjalannya waktu, yang berdampak pada kesehatan baterai iPhone Anda.

Selain itu, untuk menjaga kesehatan baterai iPhone Anda, jauhkan dari lingkungan yang berdebu atau kotor. Hal ini dapat menyebabkan masa pakai baterai lebih pendek karena partikel debu dan kotoran menumpuk di kontak baterai.

Menggunakan casing pelindung dapat membantu melindungi port iPhone Anda dengan menjebak kotoran sebelum masuk ke perangkat Anda. Selain itu, casing iPhone yang bagus juga dapat melindungi iPhone Anda dari masalah lain, seperti layar pecah dan kerusakan air.

Pada saat yang sama, pastikan casing Anda tidak membedung iPhone Anda, yang dapat menyebabkan iPhone menjadi terlalu panas dan berdampak negatif pada kesehatan baterainya. Jika perlu, lepaskan casing iPhone Anda saat mengisi daya perangkat Anda untuk mencegah masalah ini.

Baca Juga: Harga Baterai Dunia Turun, Harga Mobil Listrik Tak Otomatis Turun

9. Perbarui iOS 

Selalu memperbarui perangkat lunak iPhone Anda juga dapat membantu menjaga kesehatan baterainya. Seiring berjalannya waktu, iPhone Anda menerima pembaruan perangkat lunak yang meningkatkan kecepatan dan kinerjanya. Hal ini menjaga baterai dalam kondisi baik dalam jangka panjang.

10. Isi daya hingga 50 Persen Sebelum Menyimpan iPhone Anda

Yang perlu Anda lakukan hanyalah mengisi daya baterai iPhone hingga sekitar 50 persen dan mematikannya untuk mencegah konsumsi baterai sebelum menyimpannya. 

Kemudian, atur pengingat untuk mengisi ulang iPhone hingga 50 persen setiap enam bulan jika Anda tahu Anda tidak akan menggunakan atau mengisi dayanya di antara waktu tersebut.

Nah begitulah cara menjaga kesehatan baterai iPhone agar tidak cepat menurun. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News