Santai

10 Cara Memperbaiki Laptop yang Tidak Mau Menyala

10 Cara Memperbaiki Laptop yang Tidak Mau Menyala

MOMSMONEY.ID - Laptop yang tidak mau menyala membuat pengguna merasa khawatir. Namun, ada cara memperbaiki laptop yang tidak mau menyala berikut ini.

Ada beberapa cara memperbaiki laptop yang tidak mau menyala. Anda dapat menyimak cara dan tipsnya di artikel ini.

Untuk memperbaiki laptop yang tidak mau menyala, Anda harus mulai mengetahui penyebabnya.

Baca Juga: Cara Mengatasi Laptop Hang dengan 6 Metode, Cek Penyebab Perangkat Freeze

Cara memperbaiki laptop yang tidak mau menyala dimulai dari penyebab yang paling ringan atau mudah. 

Berikut 10 cara memperbaiki laptop yang tidak mau menyala:

1. Periksa dan ganti catu daya

Langkah ini mungkin tampak seperti akal sehat, tetapi pastikan Anda tidak mencolokkan catu daya yang salah ke laptop Anda.

Jika adaptor tidak menawarkan tegangan dan ampere yang benar untuk laptop Anda, adaptor tidak akan berfungsi.

Namun, jika lampu daya laptop Anda menyala, catu daya mungkin berfungsi. Jika lampu daya laptop dan lampu daya adaptor menyala, ini dapat mengindikasikan masalah baterai.

2. Colokkan adaptor daya langsung ke laptop

Baterai habis

Baca Juga: Sebelum Membeli, Simak Cara Memilih Laptop Gaming yang Tepat

Port daya atau catu daya yang rusak di stasiun dok dapat menyebabkan masalah saat mencoba menyalakan laptop. Jika laptop Anda menyala seperti ini, maka Anda perlu mengganti stasiun dok yang rusak.

3. Pastikan masalahnya bukan pada layar.

Kesalahan umum yang sering terjadi adalah saat layarnya sendiri berwarna hitam, orang-orang mengira laptop mereka mati padahal sebenarnya tidak.

Jika Anda menggunakan monitor kedua, lepaskan sambungannya untuk melihat apakah desktop muncul di layar laptop.

Jika tidak, gunakan tombol fungsi kecerahan pada keyboard Anda untuk meningkatkan kecerahan. Coba colokkan monitor eksternal lain ke HDMI atau port keluaran video lainnya untuk memeriksa apakah masalahnya hanya pada layar laptop Anda.

4. Pastikan semua ventilasi pendingin bersih.

Laptop memiliki sirkuit pengaman khusus untuk memutus aliran listrik ke laptop Anda jika ada komponen yang terlalu panas. 

Terlalu panas dapat terjadi karena berbagai alasan, tetapi yang paling umum, terjadi jika Anda menggunakan laptop di atas bantal atau sofa—permukaan apa pun yang menghalangi ventilasi pendingin. Hindari hal ini agar laptop Anda tetap dingin.

5. Lepaskan semua drive media yang dapat di-boot.

Jika Anda pernah mem-boot komputer dari perangkat USB atau DVD dan lupa melepaskannya, hal itu dapat menyebabkan masalah startup.

Baca Juga: Ada 8 Cara Mengatasi Laptop Lemot Tanpa Install Ulang. Cek Panduan untuk Pemula

6. Dengarkan bunyi kode bip.

Saat komponen motherboard rusak, laptop mungkin mengeluarkan serangkaian bunyi bip. Jumlah bunyi bip sebenarnya adalah kode untuk membantu Anda mengidentifikasi komponen yang rusak.

Jika Anda mendengar kode ini, periksa situs web produsen laptop untuk mengetahui arti jumlah bunyi bip untuk komputer Anda. Bisa jadi karena masalah memori hingga masalah kartu video atau prosesor.

7. Hilangkan sisa listrik dengan melepas baterai, melepaskan adaptor daya, dan menekan serta menahan tombol daya selama 30 detik.

Hubungkan kembali adaptor daya, tunggu 30 detik, lalu nyalakan sistem. Jika laptop menyala, matikan lagi dan pasang kembali baterai.

Jika laptop mati tiba-tiba saat Anda menggunakannya, ini bisa jadi pertanda sengatan listrik yang menyebabkan mekanisme pengaman internal memutus daya. Ini untuk melindungi komponen sensitif dari kelebihan beban listrik.

8. Ganti baterai CMOS.

Motherboard laptop berisi baterai melingkar kecil yang memberi daya pada CMOS, yang memungkinkan BIOS memuat sistem operasi dan semua komponen input dan output selama booting.

Jika baterai ini mati, laptop tidak akan menyala. Anda dapat mengganti baterai CMOS sendiri jika Anda merasa nyaman membuka casing. Namun, kebanyakan orang memilih untuk menggantinya dengan teknisi yang berpengalaman.

9. Ganti komponen yang baru dipasang.

Apakah Anda baru saja memasang kartu RAM atau hard drive baru? Jika laptop Anda berhenti melakukan booting segera setelahnya, ada kemungkinan besar perangkat keras baru tersebut rusak atau tidak terpasang dengan benar.

Baca Juga: Ini 6 Cara Mematikan Laptop dengan Benar Agar Lebih Awet

10. Kirim laptop untuk diperbaiki.

Jika tidak ada kiat pemecahan masalah di atas yang membantu laptop Anda berfungsi kembali, mungkin ada komponen motherboard yang rusak.

Pilihan terbaik adalah memperbaiki komputer Anda oleh seorang profesional. Anda dapat mengirimkannya ke pabrik untuk diperbaiki jika laptop Anda masih dalam masa garansi.

Demikian beberapa cara memperbaiki laptop yang tidak mau menyala. Selamat mencoba.

Selanjutnya: 4 Bisnis Bakrie Group Ditetapkan PKPU, Investor Perlu Cermati Hal Ini

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News