Santai

10 Bunga yang Berubah Warna, Unik dan Ada Manfaatnya

10 Bunga yang Berubah Warna, Unik dan Ada Manfaatnya

MOMSMONEY.ID - Tahukah Anda bahwa ada bunga yang berubah warna? Ya, beberapa bunga bisa mengubah warna seiring cuaca maupun faktor tertentu. 

Bunga yang berubah warna ini biasanya dapat ditemukan di kebun depan rumah. Apa saja bunga yang berubah warna?

Banyak yang mengetahui bahwa salah satu bunga yang berubah warna yaitu tulip. Namun rupanya, tidak hanya tulip yang menjadi bunga yang bisa berubah warna.

Baca Juga: Daftar 10 Tanaman Hias Terindah yang Belum Banyak Diketahui, Punya Ciri Khas Sendiri

Bunga tulip

Mengutip Balcony Garden Web, berikut ini 10 bunga yang berubah warna. 

1. Hydrangea

Hydrangea berubah warna tergantung pada kandungan asam tanah. Tandan bunga berbentuk bintang berwarna biru pada medium asam yaitu pH 5,0 hingga 5,5, dan berubah menjadi merah muda pada tanah basa dengan kisaran pH 6,5 hingga 7.

2. Yesterday Today Tomorrow

Bunga-bunga ini mekar ungu pada hari pertama (kemarin) menjadi lebih lembut dan berubah menjadi lavender (hari ini), yang selanjutnya menjadi putih pada hari ketiga (besok).

3. Confederate Rose

Bunga tipis mekar dengan warna putih di pagi hari, berubah menjadi merah muda di siang hari, dan menjadi merah tua di penghujung hari. Transisi warna menunjukkan penuaan bunga.

Baca Juga: 12 Buah Bisa Ditanam di Dalam Rumah, Jadi Tanaman Hias Indoor

4. Lantana

Pigmen antosianin dalam lantana mengubah bunga merah dengan pusat kuning menjadi motif bunga merah pekat dengan pusat oranye saat penyerbukan.

5. Lungwort

Tanaman ini menghasilkan bunga berbentuk tabung terkulai yang bertahan selama 6-8 hari dan berubah warna dari merah menjadi biru di tengah-tengahnya. Perubahan rona terjadi karena penuaan bunga.

6. Larkpur

Paku bunga yang indah menampilkan kuntum biru dalam media asam, sedangkan peningkatan pH memudarkannya menjadi merah muda pucat atau putih.

7. Four O'Clocks

Fenomena perubahan warna pada Four O' Clocks bergantung pada kematangan tanaman yang menyebabkan bunga kuning berubah menjadi merah muda tua, sedangkan bunga putih berubah warna menjadi ungu.

Baca Juga: 11 Bunga Berbau Vanila yang Harum dan Manis, Cocok Dijadikan Wewangian

8. Butterfly Pea

Meskipun bunga ini memiliki rona biru atau putih, Anda dapat mengubah warnanya dengan mengubah pH media tanam. Jika Anda ingin mengubahnya menjadi ungu, menambahkan sedikit air jeruk nipis ke dalam tanah sudah cukup.

9. Morning Glory

Morning Glory adalah ahlinya dalam hal mengubah warna. Anda dapat melihat perubahan rona dari biru menjadi merah muda atau sedikit ke arah merah sepanjang hari. Bereksperimenlah dengan pH tanah untuk perubahan warna yang lebih dramatis!

10. Poinsettia

Meskipun bukan bunga, Anda dapat mengubah warna daunnya dengan menjemurnya di tempat gelap selama 10-12 jam sehari selama 1-2 minggu. 

Nah itulah beberapa bunga yang berubah warna. Anda bisa menanam bunga tersebut di depan rumah Anda untuk mempercantik tampilan rumah. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News