AturUang

Yuk, Terapkan Belanja Hemat ala Titipku Demi Uang Lebih di Akhir Bulan

Yuk, Terapkan Belanja Hemat ala Titipku Demi Uang Lebih di Akhir Bulan

MOMSMONEY.ID - Hindari pengeluaran tidak terkendali karena belanja bulanan. Titipku memberikan tips belanja hemat yang bisa Anda lakukan.

Asal belanja bisa membuat pengeluaran seseorang tidak terkendali. Hasilnya, gaji yang dikumpulkan dengan susah payah akan hilang begitu saja untuk kebutuhan dapur yang melebihi kebutuhan sebenarnya. 

Titipku berbagi tips soal bagaimana strategi belanja bulanan yang efektif. Pertama-tama, membagi budget menjadi beberapa kali belanja.

Jika Anda memiliki anggaran Rp1.500.000 untuk kebutuhan dapur, rencanakanlah untuk berbelanja dua atau tiga kali dalam sebulan. Pembagian bisa Rp 750.000 untuk dua kali belanja atau Rp 500.000 untuk tiga kali belanja. 

Tapi, jangan sekadar memasang budget. Ada baiknya budget maksimal tiap kali belanja hanya boleh dikeluarkan pada pembelanjaan pertama.

Baca Juga: Peluang Jatiper Mendapatkan Penghasilan Tambahan dengan Layan Antar Titipku

Artinya, jika Anda belanja dua kali dalam sebulan, Anda hanya boleh belanja hingga Rp750.000 untuk pembelanjaan pertama.

Sementara pembelanjaan kedua harus kurang dari itu. Tujuannya, agar punya dana darurat untuk pembelian dadakan/mendesak di akhir bulan atau bisa untuk ditabung.

Setelah dibagi, tentukan produk yang harus dibeli. Misalnya, membeli untuk dua kali belanja dalam sebulan.

Di belanja pertama, saran Titipku, sebaiknya membeli bahan makanan pokok yang awet seperti beras, tepung, telur, bumbu, minyak, sereal, dan susu di awal bulan ini.

Produk ini jumlahnya bisa disesuaikan untuk jatah sebulan ke depan. Produk-produk ini awet disimpan sebulan lebih jadi baik jika kita beli di awal bulan.

Baca Juga: Ini Tips Belanja Online Kebutuhan Dapur Jadi Lebih Hemat

Selanjutnya, beli sayur, daging, buah, dan ikan secukupnya. Belilah produk segar ini untuk konsumsi jangka pendek.

Sementara ketika belanja kedua, Anda bisa mengisi stok bahan makanan segar yang sudah habis atau sudah tidak layak konsumsi, seperti sayur, telur, daging, dan ikan. Jumlahnya lebih rendah dari pembelanjaan pertama, misalnya, Rp 500.000

Saran dari Titipku jelang akhir bulan, pastikan untuk stock frozen food juga jika di rumah ada kulkas. Pasalnya, akan sulit membeli daging di akhir bulan karena keuangan sudah menipis.

Keberadaan frozen food seperti nugget bisa menjadi sumber protein, di samping telur yang masih sisa.

Sisa uang Rp 250.000 bisa Anda simpan untuk dana darurat ketika ada keperluan yang harus dipenuhi jelang akhir bulan. Yuk, dicoba, Moms.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News