Bugar

Yuk Cicip Makanan Sehat di Sukacita Vegetarian

Yuk Cicip Makanan Sehat di Sukacita Vegetarian

MOMSMONEY.ID - Jika Anda punya niat menjalankan gaya hidup sehat, terlebih di Jakarta dan sekitarnya, maka praktiknya tidak akan sulit. Kendati saat ini ada tantangan, berupa polusi udara yang luar biasa, Anda tetap dapat berolahraga dengan teratur di gym yang gampang ditemui di manapun. Selain itu, jangan lupa ubah menu makan Anda, jadi vegetarian.

Nah, tidak perlu repot masak menu vegetarian sendiri, karena kedai dengan masakan non protein hewani pun mudah dijumapai di seantero ibukota dan sekitarnya. Salah satunya kedai sukacita Vegetarian.

Sesuai namanya, Anda tidak akan menemukan pilihan lauk daging dan kudapan lemak jenuh di sini. Ketika masuk, Anda akan melihat dua etalase kaca yang di dalamnya berjejer piring berisi sayuran dan lauk pauk. Tersedia juga aneka kerupuk dan camilan di atas etalase.

Sebelum memilih menu, pegawai kedai akan menanyakan terlebih dahulu menu nasi yang Anda inginkan. Pilihannya : nasi putih atau nasi merah. Setelah itu, pengunjung bebas memilih berapa menu lauk dan sayuran yang diinginkan. Biasanya, orang memilih dua sampai tiga lauk dan sayur. Tetapi ada juga yang pilih lima sampai enam menu, kata Nonie, pemilik kedai sukacita Vegetarian.

Baca Juga: Kenali 10 Makanan yang Menyehatkan Jantung, Ada Cokelat hingga Kacang Hitam

Terhitung, ada 40 lebih lauk dan sayuran tersedia di sini. Dan kalau dicermati, ragam lauk yang mereka sediakan, awam dijumpai di warung lain. Sebutlah orek tempe, capcay, tumis buncis, tumis tauge, aneka ikan, udang tempura, bakwan dan masih banyak lagi.

Penasaran dengan rasanya, langsung saja kita jajal menu vegetarian di kedai ini. Pertama, pesan nasi merahnya dahulu. Kemudian, tambahkan menu lauk yang paling banyak dibeli orang di sini, yakni sayur oyong dan okra, kembang tahu, bebek asam manis, ikan nugget balado, belut dan bakwan goreng.

Usai tersaji di piring, langsung cicipi menunya yuk. Untuk nasi merahnya terbilang renyah dan pulen. Ketika bercampur dengan kembang tahu asam manis rasanya semakin lezat.

Jangan berhenti mengunyah. Sebab lauk lain tak kalah nikmatnya. Coba saja tumis sayur okra dan oyong di kedai ini. Salah satu pegawai menyebut, dua sayur ini paling cepat habis dibeli setiap hari.

Dan benar saja, rasanya renyah dan cocok dipadukan dengan menu lauk yang bumbunya manis. Saat mencicipi sayur okra, Anda akan merasakan sensasi lengket dan kenyal, meski tetap enak saat dikunyah.

Lanjut ke menu selanjutnya. Ada ikan yang dibalut dengan bumbu balado. Meski menu ini berlabel bumbu balado, tetapi Anda jangan khawatir dengan level pedasnya, karena ternyata rasanya tidak menggigit. Coba saja padukan dengan sayur okra, cocok banget.

Baca Juga: 10 Cara Cepat Menurunkan Gula Darah Menjadi Normal Secara Alami

Nonie menuturkan rasa gurih dari setiap lauk yang dihidangkan menggunakan bumbu-bumbu dapur pada umumnya. Hanya saja, karena di sini menyajikan menu vegan, maka, mereka tidak menggunakan aneka bawang sama sekali. Pokoknya, yang ada unsurnya bawang, tidak dipakai, tutur Nonie.

Nah, sama seperti balado tanpa bawang tadi, di sini Anda jangan terkecoh dengan berbagai lauk : bebek asam manis atau belut goreng bumbu manis. Masakan itu bukan dibikin dari daging bebek atau belut, melainkan berasal dari olahan gluten dan soya kedelai. Teksturnya liat, dibikin mirip seperti tekstur daging. Coba cicipi bebek dan belut goreng bumbu manis itu. Tekstur belut tersebut kenyal digigit layaknya belut panenan biasa.

Di sini juga ada bakwan goreng, yang diiris-iris dan ditumis dengan bumbu kecap manis. Rasanya manis gurih, cocok disantap dengan nasi. Tapi, catatan saja, bakwan ini lebih sedap jika disantap saat baru selesai dimasak.

Sebagai pendamping, ada dua menu minuman andal di kedai ini, yaitu Jeruk Songkit dan Aloe Vera. Rasa kedua minuman ini segar dan berasal dari bahan asli. Harganya Rp 12.000 per gelas. Adapun menu makanan di Kedai sukacita Vegetarian ini dibanderol mulai dari Rp 4.000 sampai Rp 10.000 per potong dan per porsi.

Baca Juga: Inilah 7 Makanan Sehat untuk Ibu Hamil Muda, Penuhi Asam Folat sampai DHA

Selanjutnya: Sebelum Tukar Valas, Cek Kurs Dollar-Rupiah di BCA Hari Ini Kamis 14 September 2023

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News