M O M S M O N E Y I D
BisnisYuk

Yellow.ai Meluncurkan Komodo-7B, Large Language Model Dasar Pertama di Indonesia

Yellow.ai Meluncurkan Komodo-7B, Large Language Model Dasar Pertama di Indonesia
Reporter: Danielisa Putriadita  |  Editor: Danielisa Putriadita


MOMSMONEY.ID - Yellow.ai layanan automasi pelanggan berbasis artificial intelligence (AI) meluncurkan fitur Komodo-7B di Coversate 2024, Kamis (7/3). Fitur ini merupaan Large Language Model (LLM) pertama di industri ini yang melayani lanskap bahasa yang beragam di Indonesia. 

Fitur ini menawarkan dukungan pelanggan secara otonom dalam lebih dari 11 bahasa daerah dan menetapkan standar baru untuk aksesibilitas dan skalabilitas yang lebih luas. 

LLM dengan 7 miliar parameter ini dilatih dengan dataset yang luas yang terdiri dari lebih dari 8,5 miliar token bahasa Indonesia dan bahasa daerah, termasuk bahasa Aceh, Bali, Jawa, Minangkabau, dan Sunda. Hal ini memastikan hasil yang relevan secara kontekstual, tingkat akurasi tinggi, dan menangkap nuansa linguistik wilayah tersebut, sehingga memungkinkan bisnis untuk melayani sendiri hingga 90% dari pertanyaan yang masuk.

Komodo-7B mendukung pemahaman kata-kata bahasa Indonesia sehari-hari dan campuran bahasa Inggris dan dialek daerah. Komodo-7B juga menawarkan serangkaian fitur canggih, seperti kemampuan pencarian yang disempurnakan untuk pertanyaan bahasa daerah, rangkuman dokumen dan pertanyaan, basis pengetahuan bahasa untuk dukungan multibahasa yang komprehensif, dan Agent Assist yang efisien. Hasilnya, perusahaan dapat memberikan respons yang akurat dan lebih cepat sekaligus mengurangi biaya operasional hingga 60%

"Di Indonesia, negara yang memiliki keragaman budaya, sangat penting untuk mengakomodasi kemajemukan bahasa ke dalam platform online untuk
melestarikannya," kata Rashid Khan, Co-Founder & Chief Product Officer Yellow.ai dalam keterangan tertulis. 

Selain itu, teknologi LML penting untuk mempromosikan inklusivitas yang lebih luas melalui transformasi digital. Salah satu pendekatan yang efektif adalah dengan memastikan bahwa keragaman bahasa di Indonesia terwakili dengan baik dalam lanskap layanan pelanggan. 

"Untuk mencapai tujuan ini, kami meluncurkan Komodo-7B, yang selaras dengan visi Indonesia Digital 2045 dan sebagai bagian dari komitmen kami untuk mendukung Visi Indonesia Emas 2045," kata Rashid. 

Dengan LLM, Yellow.ai memberdayakan perusahaan untuk meningkatkan dukungan operasional mereka di berbagai basis pelanggan di seluruh saluran teks dan usara, serta memberikan solusi yang dipersonalisasi dalam bahasa yang dipilih pelanggan. 

Rashid menjelaskan kemampuan fitur Komodo-7B bisa memahami maksud, nada, dan sentimen dalam berbagai bahasa daerah dan merespons dengan tanggapan yang sangat kontekstual dan dinamis seperti manusia yang dapat beradaptasi secara dinamis meningkatkan skor kepuasan pelanggan sebesar 40 persen, yang berdampak besar pada nilai seumur hidup pelanggan. 

“Yellow.ai berperan penting dalam mengarahkan perjalanan otomasi dukungan pelanggan kami," ucap Daniel Karwita, VP of Product Operations, Ajaib. Peluncuran Komodo-7B menjadikan Yellow.ai pionir dalam melayani kebutuhan linguistik pelanggan di Indonesia yang unik.

Hal ini akan memberikan dampak positif bagi daerah-daerah terpencil di Indonesia di mana dialek merupakan hal yang sangat penting. Pada akhirnya, teknologi ini akan menjembatani kesenjangan bahasa di seluruh negeri. Sebagai seseorang yang pernah menjadi penerjemah sebelumnya, Komodo-7B melampaui bahasa biasa, mengantarkan era baru layanan pelanggan dan interaksi produk,” ucap Daniel.

Sekedar informasi, Yellow.ai mendorong perusahaan-perusahaan untuk menciptakan percakapan dengan pelanggan yang berkesan melalui platform otomasi layanan pelanggan berbasis AI. Visi Yellow.ai adalah menuju masa depan dukungan pelanggan yang sepenuhnya otonom yang membuka efisiensi tak tertandingi dan secara signifikan mengurangi biaya operasional.

Berkantor pusat di San Mateo, Yellow.ai melayani lebih dari 1100 perusahaan, termasuk Tiket.com, Domino, Bank of Maldives, dan UnionBank, di lebih dari 85 negara. 

Platform Yellow.ai dibangun di atas arsitektur multi-LLM dan terus dilatih dengan lebih dari 16 miliar percakapan setiap tahunnya, sehingga memungkinkan perusahaan untuk memberikan pengalaman yang lebih baik dan membangun hubungan dengan pelanggan yang langgeng. 

Didirikan pada tahun 2016 dengan kantor di enam negara, Yellow.ai telah mengumpulkan lebih dari $102 juta dari investor kelas atas. 

Baca Juga: BRI Terapkan Teknologi AI untuk Lindungi Data Nasabah

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

TERBARU

14 Inspirasi Warna Cat Dapur yang Bikin Mood Naik dan Ruangan Terlihat Lebih Cerah

Temukan inspirasi warna cat rumah yang bikin suasana makin hangat, cerah, dan modern agar hunian terasa lebih hidup dan nyaman setiap hari.

14 Warna Rumah yang Bikin Hunian Terasa Lebih Fungsional dan Modern

Simak cara sederhana menghindari dekorasi yang membuat rumah tampak kurang rapi agar hunian terasa lebih modern dan nyaman.

7 Alasan Mengapa Kartu Kredit Wajib Dibawa Saat Liburan ke Luar Negeri Tahun Ini

Berikut keuntungan pakai kartu kredit saat liburan luar negeri di 2025 agar lebih aman dan praktis di tengah kebutuhan zaman modern saat ini.

Prediksi Laga Jerman vs Slovakia (18/11), Adu Taktik Penentu Tiket Piala Dunia 2026

Simak prediksi pertandingan Jerman vs Slovakia di Red Bull Arena Leipzig, 18 November 2025 pukul 02.45 WIB di Kualifikasi Piala Dunia 2026.

Cara Mengatur Keuangan untuk Orang Tua Baru agar Tetap Aman

Berikut cara santai tapi efektif mengatur keuangan untuk orang tua baru agar lebih siap untuk menghadapi kebutuhan saat ini. Catat ulasannya, ya.

Buat Para Pekerja, Mengelola dan Mengembangkan Uang Tidak Harus Rumit lo

Para pekerja perlu memahami bahwa mengelola dan mengembangkan uang tidak harus rumit.                 

Ramalan Zodiak Keuangan dan Karier Besok Selasa 18 November 2025: Sangat Produktif!

Berikut ramalan zodiak besok Selasa 18 November 2025, dinamika pekerjaan dan kondisi keuangan setiap zodiak bergerak cukup dinamis. 

Panorama Jalur Jakarta-Bandung jadi Daya Tarik, Pelanggan KA Parahyangan Naik 41,75%

PT Kereta Api Indonesia (Persero) mencatat, sepanjang Januari-Oktober 2025 total pelanggan KA Parahyangan mencapai 728.949 orang.

BI Rate Diproyeksi Turun, Intip Rekomendasi Saham Pekan Ini dari IPOT

Investor pekan ini diperkirakan akan memburu sektor-sektor yang sensitif terhadap suku bunga.        

Pasar Karbon Kian Serius, Ini Proyek Unggulan Indonesia

​APP Group memperkenalkan dua proyek yaitu Riau Wetlands Heritage dan SEPaC Reserve di COP30 Belem, Brazil.