Santai

Xiaomi 12 Lite Meluncur, Siapa Mampu Menjadi Penantangnya?

Xiaomi 12 Lite Meluncur, Siapa Mampu Menjadi Penantangnya?

MOMSMONEY.ID - Beberapa hari yang lalu, tepatnya 19 Juli 2022, Xiaomi Indonesia baru saja meluncurkan smartphone flaghsip mereka yakni Xiaomi 12 Lite. Dibanderol seharga Rp 5,8 juta-an, produk ini sudah mengandalkan kamera berkekuatan 108MP dan desain body yang tipis.

Tentu menarik Moms, kalau kita bandingkan smartphone lain dengan harga yang mirip. Kita akan coba membandingkan dua merek ternama lainnya di Tanah Air yakni Samsung A53 5G dan Oppo Reno 7Z 5G. Samsung Galaxy A53 saat ini dijual Rp 5,8 juta sedangkan Oppo Reno 7Z sedikit lebih mahal yakni Rp 5,9 juta.

Ketiganya sama-sama mengusung body tipis untuk tipe smartphone era saat ini. Xiaomi 12 Lite tetap yang paling tipis dengan ketebalan 7,3 mm. Disusul Oppo dengan 7,5 mm dan Samsung setebal 8,1 mm.

Baca Juga: Penjualan Smartphone Global Kuartal II Anjlok 9%

Untuk layar, ketiganya sudah punya layar dengan teknologi AMOLED. Perbedaannya ada pada luas bentang layar. Xiaomi lagi-lagi unggul dengan luas layar 6,55 inci. Setelahnya ada Samsung baru kemudian Oppo dengan masing-masing luas layar 6,5 inci dan 6,43 inci.

Bicara operating system (OS), ketiganya sudah dibekali OS terbaru yakni Android 12. Tentu saja dengan khas mereka masing-masing yakni ada MIUI, One UI dan ColorOS.

Masuk ke chipset, masing-masing sudah punya mesin teranyar lho. Xiaomi 12 Lite ditenagai Snapdragon 778G, sementara Oppo Reno 7Z punya Snapdragon 695 dan Samsung ditopang Exynos 1280.

Untuk RAM dan memori internal, bisa dibilang Samsung dan Xiaomi unggul. Keduanya sudah memberikan penawaran maksimal berupa RAM 8GB dengan memori 256GB. Sedangkan Oppo tertinggal untuk memori internal karena hanya menyediakan kapasitas maksimal 128GB.

Baca Juga: Wah, Xiaomi Siapkan Smartphone Pertama Berkamera 200MP Wah, Xiaomi Siapkan Smartphone Pertama Berkamera 200MP

Perbedaan mencolok antara ketiganya adalah kemampuan kamera. Dengan harga yang hampir mirip, di sini Xiaomi unggul telak. Xiaomi 12 Lite mampu menawarkan triple kamera belakang dengan konfigurasi 108MP, 8MP dan 2MP.

Sedangkan Samsung A53 punya empat kamera dengan konfigurasi masing-masing 64MP, 12MP, 5MP dan 5MP. Sementara Oppo Reno 7Z harus puas dengan triple kamera dengan konfigurasi 64MP, 2MP dan 2MP.

Tidak hanya kamera belakang, untuk kamera depan pun Oppo masih tertinggal karena hanya menawarkan kamera 16MP. Bandingkan dua kompetitornya yang kompak memberikan kamera depan 32MP.

Baca Juga: Simak Tiga Smartphone 5G dengan Harga Termurah Juli 2022

Terakhir, dari sisi ketahanan baterai. Ketiganya punya kapasitas yang tidak terlalu berbeda, namun Xiaomi harus puas ada di posisi buncit yakni 4.300 mAh. Disusul Oppo dengan 4.500 mAh dan posisi teratas ada Samsung dengan penawaran kapasitas baterai 5.000 mAh.

Jadi, mau pilih yang mana Moms?  

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News