Keluarga

WHO: Kematian Akibat Covid-19 Terus Turun, Capai Titik Terendah sejak Maret 2020

WHO: Kematian Akibat Covid-19 Terus Turun, Capai Titik Terendah sejak Maret 2020

MOMSMONEY.ID - Organisasi Kesehatan Dunia atau WHO mencatat, jumlah kematian akibat Covid-19 setiap minggu menurun, mencapai titik terendah sejak Maret 2020.

"Sangat menyenangkan melihat tren penurunan terus berlanjut," kata Direktur Jenderal WHO Tedros Adhanom Ghebreyesus, Kamis (4/5).

Selama 10 minggu terakhir, menurut Tedros, jumlah kematian mingguan akibat Covid-19 adalah yang terendah sejak Maret 2020.

"Tren berkelanjutan ini telah memungkinkan kehidupan kembali ke normal di sebagian besar negara," ujarnya.

Dan, telah meningkatkan kapasitas sistem kesehatan untuk mengatasi potensi kebangkitan dan beban kondisi pasca-Covid-19.

Baca Juga: Kenali Gejala Varian Baru Arcturus yang Picu Lonjakan Kasus Covid-19 di Indonesia

Pada saat yang sama, Tedros bilang, beberapa ketidakpastian kritis tentang evolusi virus tetap ada, yang membuatnya sulit untuk memprediksi dinamika atau musim penularan di masa depan.

Pengawasan dan pengurutan genetik telah menurun secara signifikan di seluruh dunia, membuatnya lebih sulit untuk melacak varian yang ada dan mendeteksi yang baru.

Ketidaksetaraan dalam akses ke intervensi penyelamatan jiwa juga terus menempatkan jutaan orang di seluruh dunia pada risiko yang tidak perlu, khususnya yang paling rentan.

"Dan, kelelahan pandemi mengancam kita semua. Kita semua muak dan lelah dengan pandemi ini dan ingin melupakannya," ungkap dia.

"Tapi, virus ini akan tetap ada, dan semua negara perlu belajar mengelolanya bersama penyakit menular lainnya," tegasnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News