Bugar

WHO: Cacar Monyet atau Mpox Tidak Lagi Jadi Darurat Kesehatan Global

WHO: Cacar Monyet atau Mpox Tidak Lagi Jadi Darurat Kesehatan Global

MOMSMONEY.ID - WHO menyatakan, cacar monyet atau moneypox (mpox) tidak lagi menjadi darurat kesehatan global.

"Kemarin (Rabu, 10 Mei 2023), komite darurat untuk mpox bertemu dan merekomendasikan kepada saya, bahwa wabah mpox di berbagai negara tidak lagi merupakan darurat kesehatan masyarakat yang menjadi perhatian internasional," kata Direktur Jenderal WHO Tedros Adhanom Ghebreyesus, Kamis (11/5).

"Saya telah menerima saran itu, dan dengan senang hati menyatakan bahwa mpox tidak lagi menjadi darurat kesehatan global," ujarnya dalam pernyataan yang MomsMoney terima.

Namun, dia menegaskan, seperti halnya Covid-19, bukan berarti pekerjaan telah selesai. Mpox terus menimbulkan tantangan kesehatan masyarakat yang signifikan yang membutuhkan respons yang kuat, proaktif, dan berkelanjutan.

Baca Juga: Status Darurat Covid-19 Dicabut, Simak Syarat Naik Pesawat di Aturan Terbaru

"Meskipun kami menyambut baik tren penurunan kasus mpox secara global, virus tersebut terus menyerang masyarakat di semua wilayah, termasuk di Afrika, di mana penularannya masih belum dipahami dengan baik," ungkap Tedros.

Kasus terkait perjalanan di semua wilayah menyoroti ancaman yang terus berlanjut. Apalagi, ada risiko khusus bagi orang yang hidup dengan infeksi HIV yang tidak diobati.

"Tetap penting bagi negara-negara untuk mempertahankan kapasitas pengujian mereka dan melanjutkan upaya mereka, menilai risiko mereka, mengukur kebutuhan mereka untuk merespons, dan bertindak segera bila diperlukan," sebut Tedros.

WHO merekomendasikan integrasi pencegahan dan perawatan mpox ke dalam program kesehatan yang ada, untuk memungkinkan akses berkelanjutan ke perawatan dan tanggapan cepat untuk mengatasi wabah di masa depan.

Baca Juga: Menyusul WHO, Indonesia Siap Akhiri Kondisi Kedaruratan Covid-19

"WHO akan terus bekerja untuk mendukung akses penanggulangan karena lebih banyak informasi tentang efektivitas intervensi tersedia," imbuh Tedros.

Pada Juli tahun lalu, WHO mendeklarasikan darurat kesehatan masyarakat yang menjadi perhatian internasional atas wabah mpox multi-negara karena virus menyebar dengan cepat ke seluruh dunia.

Secara total, lebih dari 87.000 kasus dan 140 kematian telah dilaporkan ke WHO dari 111 negara.

Hanya, hampir 90% lebih sedikit kasus yang dilaporkan dalam tiga bulan terakhir dibandingkan dengan tiga bulan sebelumnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News