Santai

Waspada, Ini Modus Kejahatan Terkait Kenaikan Tarif BCA

Waspada, Ini Modus Kejahatan Terkait Kenaikan Tarif BCA

MOMSMONEY.ID – Moms, sekrang ini banyak beredar hoax Surat Resmin Kenaikan Tarif Transaksi dari perbankan, salah satunya yang mengatasnamakan Bank Central Asia (BCA).

Nah, hoax itu disebarkan oleh oknum-oknum penipun yang tidak bertanggung jawab melalui sarana WhatsApp, email bahkan media sosial.

Seperti apa sih modus yang dilakukan oleh para oknum penipuan? Lewat surat yang menyerupai Kop Surat resmi Bank BCA tersebut disebutkan bahwa ada peningkatan layanan dari BCA berupa kenaikan tarif transaksi antar bank dari Rp 6.500 menjadi Rp 150.000 per transaksi per perbulan dan akan di autodebet setiap bulan.

Jika nasabah tidak melakukan KONFIRMASI melalui link yang diberikan, berarti nasabah dianggap SETUJU dengan pendebetan tarif baru tersebut. Tentu saja moms bertanya-tanya kan? Jangan langsung percaya ya moms itu adalah surat palsu alias hoax.

Baca Juga: Bunga Deposito BCA dan BNI Terbaru, Senin 4 Juli 2022

Dalam surat tersebut, nasabah sengaja diarahkan untuk melakukan KONFIRMASI dengan cara meng-klik link phishing yang diberikan, dan kemudian diminta mengisi nomor HP, nomor kartu ATM, PIN, kode OTP dan data lainnya.

Ketika selesai mengisi data-data pribadi perbankan tersebut, kemudian nasabah diminta mengklik tarif yang dipilih: Tarif baru Rp 150.000 atau tarif lama Rp 6.500.

Sesaat kemudian, si pelaku berhasil mengakses akun rekening milik nasabah tersebut dan menguras uangnya.

Baca Juga: Daftar Bunga Deposito BRI dan Bank Mandiri, Tertinggi 2,85%

Sehubungan dengan beredarnya surat yang menggunakan kop surat BCA yang dipalsukan tersebut, BCA menghimbau untuk selalu berhati-hati terhadap oknum yang mengatasnamakan BCA.

Ingat ya, nomor resmi WhatsApp Bank BCA itu adalah Bank BCA 0811 1500 998 (ada centang hijau nya). Kalau bukan berarti itu nomor palsu. 

Jadi hati-hati ya moms, apabila mendapatkan surat yang mencurigakan dan mengatasnamakan BCA dapat menghubungi kantor cabang setempat atau melalui HaloBCA 1500888.

Moms juga dapat menghubungi contact center Halo BCA melalui WA Halo BCA 0811 1500 998, twitter @halobca atau webchat www.bca.co.id

Baca Juga: BCA Kasih Bonus Voucher Untuk Wisata ke Amantara PIK dan Cove Market

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News