Santai

Waspada, Ini 5 Tanda HP Disadap Beserta Cara Mengatasinya

Waspada, Ini 5 Tanda HP Disadap Beserta Cara Mengatasinya

MOMSMONEY.ID - Banyak sekali penipuan yang membuat keamanan ponsel menjadi terancam. Untuk itu, Anda perlu menyimak tanda HP disadap beserta cara mengatasinya. 

Dalam artikel ini, terdapat lima tanda HP disadap beserta cara mengatasinya. Informasi ini dapat Anda simak agar terhindar dari hal yang tidak diinginkan. 

Perlu diketahui, seseorang dapat memantau ponsel Anda untuk mengawasi semua aktivitas Anda. Hal ini sering dilakukan melalui spyware, suatu bentuk malware yang dirancang untuk memantau aktivitas perangkat dari jarak jauh. 

Baca Juga: HP Hilang di Tempat Umum? Segera Lakukan 5 Hal Penting Berikut Ini

Namun, itu tidak berarti penyerang juga bisa mendapatkan semua informasi terkait. Misalnya, penyerang mungkin dapat melihat apa yang Anda telusuri dan dengan siapa Anda terhubung, tetapi mereka mungkin tidak dapat melihat pesan Anda. 

Sejauh mana peretas dapat memantau aktivitas Anda bergantung pada perangkat lunak pengawasan apa yang digunakan.

Ada beberapa tanda HP disadap oleh seseorang. Mengutip Makeuseof, berikut tanda HP disadap oleh seseorang:

1. Aplikasi tidak dikenal

Saat menggunakan ponsel, Anda harus mencari aplikasi yang Anda tidak ingat menginstalnya. Perangkat lunak berbahaya sering kali mengunduh lebih banyak alat untuk membantu mencapai tujuan penggalian informasi atau pemantauan perangkat.

Jadi, jika Anda melihat aplikasi yang tidak dikenal di perangkat Anda, Anda dapat menganggapnya sebagai tanda bahaya. 

Coba lakukan penelitian latar belakang pada aplikasi ini untuk melihat apakah aplikasi ini dilaporkan berbahaya, dan segera hapus jika Anda merasa tidak aman.

2. Penggunaan data latar belakang yang berlebihan

ilustrasi memori penuh

Baca Juga: Kumpulan Aplikasi Pelacak HP Hilang, Simak Caranya

Cobalah untuk sering memantau penggunaan data latar belakang perangkat Anda. Jika terasa lebih tinggi dari yang Anda gunakan (secara teratur), sebaiknya periksa apa yang paling banyak digunakan.

Anda juga harus memastikan bahwa Anda tidak mengaktifkan hotspot aktif. Jika Anda melakukannya, verifikasi apakah Anda memiliki perangkat yang tidak sah yang terhubung.

3. Ketidakcocokan riwayat peramban 

Periksa riwayat browser Anda untuk entri yang tidak Anda kenali, karena ini mungkin berarti Anda telah terinfeksi spyware. 

Beberapa aktor jahat mungkin mencoba memuat situs phishing atau portal jahat lainnya dari jarak jauh untuk menginstal spyware atau melakukan tindakan terlarang lainnya di perangkat Anda.

4. Pengurasan baterai

Jika Anda tiba-tiba melihat baterai habis pada perangkat Anda, Anda perlu memverifikasi aplikasi latar belakang dan unduhan untuk memastikan semuanya baik-baik saja. 

Spyware sering menguras baterai saat berjalan di latar belakang, jadi awasi seberapa cepat ia berkurang.

5. Reboot tidak normal

Meskipun reboot yang tidak normal juga dapat berarti masalah perangkat keras, lebih baik memeriksakan masalah tersebut ke ahlinya untuk mencari tahu mengapa hal itu terjadi. 

Jika Anda tidak mengalami masalah perangkat keras apa pun, perangkat lunak berbahaya dapat beraksi di ponsel Anda.

Selain petunjuk standar ini, Anda juga harus memeriksa apakah ponsel Anda di-root (Android) atau perangkat yang sudah di-jailbreak (iOS). 

Jika Anda tidak tahu apa yang Anda lakukan, ponsel yang di-root atau di-jailbreak dapat mengancam keamanan dan privasi Anda.

Baca Juga: 10 Cara Melacak Lokasi Pemilik Nomor HP Termudah dan Gratis

Cara mengatasi HP disadap

Jika Anda hampir yakin sedang dipantau, inilah yang dapat Anda lakukan untuk menghentikan pelacakan telepon:

- Uninstall aplikasi yang tidak dikenal.

- Terapkan daftar hitam aplikasi.

- Instal aplikasi dari toko aplikasi resmi (atau situs unduhan APK yang aman seperti F-Droid).

- Setel ulang pabrik ponsel cerdas Anda.

- Tanyakan apakah orang tua Anda mengaktifkan aplikasi atau fitur kontrol orang tua .

Biasanya, tindakan terbaik untuk menghentikan pelacakan telepon adalah dengan melakukan reset pabrik.

Ini memastikan bahwa Anda menyingkirkan aplikasi, layanan, atau file jahat apa pun dari perangkat Anda tanpa perlu menghabiskan banyak waktu untuk memverifikasi hal-hal di perangkat Anda.

Nah, itulah beberapa tanda HP disadap yang perlu Anda waspadai. Anda juga dapat mengatasinya dengan berhati-hati dalam menginstal aplikasi di HP. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News