Santai

Viral di TikTok, Apa sih Reset Routine Itu? Cari Tahu Jawabannya di Sini

Viral di TikTok, Apa sih Reset Routine Itu? Cari Tahu Jawabannya di Sini

MOMSMONEY.ID - Banyak dijadikan konten di media sosial terutama TikTok, apa itu reset routine? Intip penjelasannya berikut ini.

Reset routine adalah jenis konten yang banyak dibuat oleh kreator di TikTok maupun YouTube. Kegiatan ini dianggap sebagai suatu tindakan produktif yang memiliki manfaat.

Reset routine biasa dilakukan di akhir pekan alias Sunday atau hari Minggu. Tapi, kini juga bisa dilakukan pada hari apa pun dengan rutinitas yang sama.

Baca Juga: Terungkap! Ini 6 Alasan Pria Lebih Cepat Move On Setelah Putus

Laman Bustle menyatakan, penggunaan #resetday telah digunakan sebanyak lebih dari 3 juta pengguna di TikTok pada tahun 2022 kemarin.

Sedangkan hashtag reset routine hingga saat ini telah digunakan sebanyak 360 juta video di TikTok.

Kegiatan yang dijadikan rutinitas pada reset routine antara lain adalah membersihkan kamar, mengganti seprai, mengisi ulang perlengkapan rumah yang sudah habis, maupun berbelanja keperluan rumah.

Namun, apa, sih, sebenarnya reset routine itu? Reset routine atau yang sering disebut dengan reset day atau Sunday reset adalah sebuah rutinitas mengatur ulang kembali bagian dari aktivitas atau kehidupan yang dirasa berantakan.

Termasuk di dalamnya adalah merapikan kembali bagian rumah yang berantakan, mencatat rencana mingguan, dan tak ketinggalan untuk melakukan perawatan tubuh.

Baca Juga: Tak Hanya Satu, Ternyata Ada 7 Jenis Istirahat Menurut Ahli

Lalu mengapa reset routine dianggap penting? Mengutip laman Stylist, terapis Kristy Lomas menjelaskan, rutinitas ini dibutuhkan untuk me-reset dan membantu tubuh maupun pikiran agar bisa cepat melakukan recovery.

Tujuannya adalah agar tubuh serta pikiran bisa terhindar dari risiko burnout, sakit, maupun terhindar dari stres yang menumpuk.

Kebiasaan reset routine ini hanya dilakukan orang-orang di hari Minggu. Tapi, bisa juga dilakukan pada hari-hari lain.

Jika tubuh atau pikiran mulai merasa kehilangan fokus, membuat keputusan terasa makin sulit, mudah tersinggung atau emosi meledak-ledak, merasa banyak beban, hingga merasa kurang produktif, maka itu adalah tanda untuk segera melakukan reset routine.

Baca Juga: Kenapa Mantan Suka Kembali Menghubungi Setelah Putus? Ini 5 Alasannya

Pastikan untuk melakukan hal yang menyenangkan, tenang, dan jauhi pemicu stres saat sedang melakukan reset routine.

Selain kegiatan yang disebutkan di atas, reset routine juga bisa diisi dengan melakukan kegiatan lain.

Seperti berjalan-jalan, piknik di alam bebas, pergi ke salon dan melakukan spa, melakukan hobi, hingga memasak hidangan favorit.

Nah, itulah tadi penjelasan singkat mengenai reset routine yang kini jadi konten populer di TikTok. Tertarik mencoba, enggak?

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News