MOMSMONEY.ID - Seiring perkembangan mode di tanah air, fesyen tidak lagi sekadar tentang pakaian, tetapi menjadi bagian dari identitas diri dan cara seseorang mengekspresikan kepribadian. Dari gaya klasik hingga modern, masyarakat kini semakin bebas berekspresi berkat kreasi UMKM dan brand lokal yang mengoptimalkan teknologi dalam menciptakan produk.
Di Indonesia, khususnya generasi muda, semakin banyak yang berani menampilkan kepribadian lewat gaya berpakaian, bereksperimen dengan warna, siluet, dan produk lokal yang berkualitas. Berangkat dari hal itu, merek fashion lokal Exit Official Shop konsisten berkreasi.
Sebagai pemain lama yang adaptif terhadap teknologi bersama Shopee, Exit Official menunjukkan koleksi fashion itu tidak hanya harus menarik secara visual, tetapi juga fungsional, nyaman, dan merefleksikan karakter penggunanya.
Anggi Fibrianti, Brand Manager Digital Marketing Exit Official, mengatakan Exit Official yang hadir tahun 1990 memahami kebutuhan perempuan Indonesia yang aktif dan dinamis. Anggi bilang fesyen bukan hanya soal mengikuti tren, tetapi tentang bagaimana terus bertransformasi agar tetap relevan dengan generasi muda di setiap masanya.
"Dari masa krisis ekonomi hingga pandemi COVID-19, kami banyak belajar untuk beradaptasi dan berinovasi, hingga akhirnya menemukan Shopee sebagai jembatan untuk menjangkau lebih banyak konsumen dan memperkuat posisi kami di industri fashion digital," ujar Anggi dalam Webinar “Ekspresikan Gaya Lewat Kreativitas dan Kolaborasi bersama Shopee 11.11 Big Sale” Rabu (5/11).
Baca Juga: Ramalan Zodiak Karier dan Keuangan Besok Kamis 6 November 2025: Ada Peluang Besar!
Langkah strategis ini terbukti menjadi titik balik besar. Sejak bergabung dengan Shopee pada tahun 2020, Exit Official tidak lagi memproduksi produk dalam jumlah terbatas, kini mereka mampu menghasilkan hingga 40 jenis produk dengan total ribuan unit per produk. Hal ini menandakan pertumbuhan kapasitas produksi yang pesat.
Bahkan dalam tiga tahun terakhir, penjualan Exit Official di Shopee meningkat dengan rata-rata 3 kali lipat setiap tahunnya dalam 3 tahun terakhir. Tak hanya berdampak pada bisnis, perkembangan ini turut membuka lebih banyak peluang kerja bagi masyarakat lokal, dengan lebih dari 200 karyawan, di mana sekitar 70% di antaranya adalah perempuan di tim kreatif dan produksi.
Kesuksesan ini juga tidak lepas dari pemanfaatan maksimal berbagai fitur interaktif Shopee, seperti Shopee Live, Shopee Video, dan Shopee Affiliate Program, yang membantu Exit Official terhubung lebih dekat dengan para pelanggan.
Kini, Shopee Live menjadi kanal penjualan utama bagi brand ini, berkontribusi hingga 60%, serta berkolaborasi dengan berbagai selebritas sebagai host untuk menghadirkan pengalaman belanja yang lebih menarik dan interaktif.
Menyambut kemeriahan Shopee 11.11 Big Sale 2025, Exit Official telah menyiapkan koleksi akhir tahun yang eksklusif, mulai dari dress bertema Natal, jeans, chinos, hingga blouse dan kaos kasual bergaya modern yang dirancang untuk menemani pengguna tampil stylish di setiap momen akhir tahun.
Baca Juga: Bolehkah Penderita Darah Tinggi Minum Kopi? Ini Jawabannya
Daniel Minardi, Director Business Partnership Shopee Indonesia, menyebut menyambut Puncak Shopee 11.11 Big Sale 2025 pada 11 November mendatang akan menjadi momen spesial bagi mereka yang ingin mengekspresikan diri dan menemukan produk fashion favorit. Kampanye ini juga memberi kesempatan untuk merayakan keberagaman dan kreativitas dalam dunia fashion, sambil mendukung pelaku usaha lokal yang semakin inovatif.
"Untuk memperkaya pengalaman belanja pengguna, Shopee menghadirkan fitur Coba Virtual, memberikan cara yang lebih interaktif dan personal dalam menemukan produk fashion yang terbaik," ungkapnya.
Berangkat dari perjalanan panjang di dunia fashion dan dunia kreatif, Ana Octarina, Digital Creator dan Co-Founder Leu menemukan bahwa gaya berpakaian bukan hanya tentang tren, tetapi tentang keberanian untuk mengekspresikan diri. Baginya, fashion adalah bentuk ekspresi diri yang paling jujur, cara seseorang bercerita tanpa perlu kata-kata.
Ana Octarina, menceritakan baginya, perkembangan tren fashion di 2025 sangat menarik. UMKM dan brand lokal semakin kuat dalam memahami kebutuhan pengguna serta mengembangkan identitas dan nilai mereka.
"Mereka lebih berani mengekspresikan diri dengan cara unik dan autentik," bebernya.
Sebagai fashion enthusiast yang dekat dengan perkembangan digital, Ana juga menyadari betapa pentingnya peran teknologi dalam membantu masyarakat menemukan gaya personalnya. Melalui Shopee, eksplorasi gaya menjadi jauh lebih mudah dan menyenangkan. Pengguna dapat menemukan inspirasi gaya melalui fitur pencarian gambar, menonton referensi mix-and-match di Shopee Video, hingga berinteraksi langsung dengan penjual di Shopee Live.
Baca Juga: Cara Jualan di Shopee dengan Optimasi Judul Produk yang Menarik, Coba Sekarang
Selanjutnya: KPK Tetapkan Abdul Wahid Jadi Tersangka Kasus Pemerasan, Cak Imin Bilang Gini
Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News