Keluarga

Traveloka Catat Akomodasi dan Atraksi Yang Banyak Dicari Saat Lebaran

Traveloka Catat Akomodasi dan Atraksi Yang Banyak Dicari Saat Lebaran

MOMSMONEY.ID - Mudik merupakan tradisi umum yang dilakukan Masyarakat Indonesia jelang Hari Raya Idul Fitri. Pada tahun 2024, Traveloka melihat tren mudik dan libur Lebaran 2024 mengalami peningkatan signifikan dalam pemesanan akomodasi selama bulan Ramadan

Peningkatan jumlah pencarian akomodasi selama periode libur Lebaran mencapai lebih dari 50% dibandingkan dengan bulan sebelumnya. Jenis akomodasi seperti hotel bintang 4 menjadi yang paling banyak dicari, baik di dalam kota untuk staycation maupun luar kota untuk berlibur.

Adapun Bandung, Jakarta, Yogyakarta, Surabaya, Semarang, dan Malang merupakan daerah tujuan utama bagi konsumen yang mencari akomodasi selama masa mudik dan libur Lebaran 2024.

Traveloka juga mencatat peningkatan minat pencarian akomodasi di destinasi internasional pada periode minggu libur Lebaran hingga mencapai hampir 50%, dibandingkan dengan minggu sebelumnya. Negara-negara di Asia seperti Malaysia, Jepang, Singapura, Thailand, Vietnam dan Hong Kong menjadi menjadi tujuan utama selama libur Lebaran 2024.

Baca Juga: Moda Transportasi Darat Jadi Pilihan Utama untuk Mudik Lebaran

Momentum libur Lebaran ini juga dimanfaatkan masyarakat untuk mengunjungi berbagai atraksi wisata. Hal ini terlihat dari meningkatnya pencarian untuk kategori taman wisata dan taman bermain hingga 2 kali lipat.

Pada umumnya masyarakat di ibu kota cenderung melakukan perjalanan keluar kota atau negeri ketika libur Lebaran. Hal ini dapat dimanfaatkan oleh masyarakat luar kota Jakarta untuk menjadikan Jakarta sebagai tujuan berlibur, dengan mempertimbangkan harga tiket pesawat dan moda transportasi lain yang cenderung lebih terjangkau.

Fenomena ini diikuti dengan meningkatnya angka wisatawan dari luar Jakarta, dimana tempat-tempat wisata populer seperti Dufan - Ancol, Taman Mini Indonesia Indah, dan Kidzania, masih menjadi tempat wisata favorit konsumen, dengan beberapa tempat wisata lain seperti Tari Kecak Pura Uluwatu (Bali) dan Jatim Park (Malang). Pemilihan paket tur wisata juga mengalami peningkatan hingga 2 kali lipat dengan destinasi populer meliputi Labuan Bajo, Kintamani, Kepulauan Seribu, Ubud dan Borobudur (Punthuk Setumbu).

Baca Juga: Properti Bali Menjanjikan, Pemilik Alex Villa Catat Hal Ini

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News