Santai

Tips Terhindar dari Penipuan di Gmail Lewat Pemulihan Akun

Tips Terhindar dari Penipuan di Gmail Lewat Pemulihan Akun

MOMSMONEY.ID - Saat ini banyak penipuan canggih yang dapat mencuri data pribadi. Untuk itu, ada beberapa tips terhindar dari penipuan di Gmail lewat pemulihan akun. 

Anda perlu mengetahui tanda-tanda penipuan di Gmail lewat pemulihan akun. Jika akun Anda berhasil dibobol, maka penipu akan memanfaatkan data yang dimilikinya. 

Lalu, bagaimana tanda-tanda penipuan di Gmail lewat pemulihan akun? 

Mengutip IndiaToday, penipuan ini dimulai dengan pemberitahuan tak terduga di ponsel atau email Anda, yang meminta Anda untuk menyetujui permintaan pemulihan akun Gmail yang tidak pernah Anda mulai.

Jika Anda menolak permintaan tersebut, para penipu akan melakukan aksi kedua sekitar 40 menit kemudian, terdapat panggilan telepon dari nomor resmi Google. 

Baca Juga: 4 Tips Mendapatkan Pasangan Serius Lewat Aplikasi Kencan

Penelepon menggunakan suara profesional, sopan, dan terdengar seperti orang Amerika dan memberi tahu target tentang aktivitas mencurigakan di akun Gmail mereka. 

Mereka mungkin bertanya apakah Anda telah masuk dari negara asing, sehingga meningkatkan kewaspadaan dan membuat pengguna lebih mungkin mempercayai mereka. Nomor yang ditampilkan sebagai ID penelepon bahkan mungkin tampak berasal dari kantor Google, yang semakin memperkuat legitimasi penipuan tersebut.

Gmail

Baca Juga: Cara Mengetahui Perangkat Lain Masuk ke Akun Facebook Tanpa Aplikasi Tambahan

Setelah penipu berhasil menarik perhatian pengguna, mereka mengklaim bahwa seseorang telah mengakses akun dan mengunduh informasi sensitif. Mereka sering menindaklanjutinya dengan mengirimkan email yang tampaknya berasal dari Google tetapi sebenarnya adalah email palsu yang dirancang agar tampak sah. 

Tujuannya adalah untuk meyakinkan korban agar menyetujui permintaan pemulihan akun, yang akan memberi penipu akses penuh ke akun Gmail mereka.

Nah, berikut ini beberapa langkah yang dapat dilakukan pengguna Gmail agar tetap aman :

1. Jangan setujui permintaan pemulihan yang tidak Anda mulai

Jika Anda menerima pemberitahuan pemulihan secara tiba-tiba, jangan setujui. Ini adalah tanda pertama bahwa akun Anda mungkin menjadi sasaran.

2. Verifikasi panggilan telepon yang mengaku dari Google

Google jarang menelepon pengguna secara langsung kecuali Anda terlibat dengan layanan Google Business. 

Jika Anda menerima panggilan yang mencurigakan, tutup telepon dan verifikasi nomor telepon sebelum menghubungi.

3. Periksa alamat email dengan saksama

Email palsu dapat terlihat seperti berasal dari Google, tetapi detail kecil seperti kolom “Kepada” atau nama domain dapat menunjukkan bahwa email tersebut palsu.

Baca Juga: Cara Menemukan HP iPhone dan Android yang Hilang Menggunakan Akun Google

4. Tinjau aktivitas keamanan terkini

Periksa pengaturan keamanan akun Gmail Anda secara berkala dan tinjau aktivitas terkini untuk setiap login yang tidak dikenal. Ini dapat dilakukan dengan membuka pengaturan akun Gmail Anda dan mengeklik tab "Keamanan".

5. Periksa header email

Bagi pengguna yang lebih paham teknologi, memeriksa header email asli dapat mengungkapkan apakah email dikirim dari server Google yang sah atau tidak.

Dengan mengikuti langkah-langkah ini dan tetap waspada, pengguna Gmail dapat melindungi diri dari penipuan berbasis AI yang semakin berkembang ini. Hal terpenting adalah berhati-hati dan memeriksa ulang setiap aktivitas yang tidak biasa di akun Anda.

Jadi itulah beberapa tips terhindar dari penipuan di Gmail lewat pemulihan akun. Selamat mencoba! 

Selanjutnya: Pungutan Opsen Pajak Bisa Membani Wajib Pajak, Kadin Jakarta Sarankan Ini

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News