Keluarga

Tips Hilangkan Jerawat di Dada dan Punggung Akibat Hormon Stres Berlebihan

Tips Hilangkan Jerawat di Dada dan Punggung Akibat Hormon Stres Berlebihan

MOMSMONEY.ID - Stres memicu hormon mengeluarkan jerawat di seluruh tubuh, termasuk dada dan punggung. Lantas, bagaimana sih tips hilangkan jerawat-jerawat ini?

Jerawat di badan cukup sulit untuk dihindari. Jerawat pada area ini biasanya muncul akibat hormon yang tak seimbang. Bisa jadi karena stres atau malah karena jarang mandi.

Untuk dapat menghindarinya, simak beberapa tips simple untuk hilangkan jerawat di badan, ini dia selengkapnya.

Baca Juga: 4 Hal ini bakal Terjadi saat Sering Memencet Jerawat, Jangan Lakukan!

Hindari area lembab

Untuk menghindari jerawat di badan, Anda harus menjauhi tempat-tempat lembap yang memicu keringat. Meski Anda tidak bisa sepenuhnya berhenti dari aktifitas sehari-hari, namun dengan menghindari tempat panas, maka keringat bisa diminimalkan.

Mandi setelah berkeringat

Jerawat di punggung

Jelang hari pernikahan tiba, rajin-rajinlah mandi dan melakukan scrub. Jangan biarkan keringat menempel di tubuhmu.

Keringat dapat menyumbat pori-pori. Keringat juga memicu berkumpulnya bakteri apabila tak segera dibilas hingga bersih. Jadi pastikan Anda selalu mandi setelah berkeringat.

Selain itu, hindari juga pemakaian baju dengan bahan panas seperti wol, nilon, ataupun polyester. Pakailah pakaian dengan bahan yang dapat menyerap panas seperti bahan katun ataupun kaos yang dapat menyerap keringat.

Baca Juga: Inilah 5 Manfaat Serum Wajah, Gunakan Secara Rutin!

“Jika Anda tak bisa langsung mandi setelah berkeringat, maka setidaknya gantilah baju,” kata Dr. Elaine Kung, pendiri Future Bright Dermatology yang dikutip melalui Brides.com.

Jangan pencet jerawat

Memencet jerawat adalah hal yang dilarang dilakukan. Meski kadang suka gemas ingin memencet jerawat, namun jika ini dilakukan, maka akan membuat jerawat tersebut infeksi. Alhasil, akan muncul bekas jerawat yang sulit pudar.

Sering keramas & ikatlah rambut

Malas keramas? Hati-hati loh, karena Anda akan dengan mudahnya terkena wabah jerawat. Bukan hanya di wajah, punggung maupun dada juga bisa kena jerawat.

Untuk menghindarinya, rajinlah keramas & ikat rambut secara rutin. Sebab jerawat timbul dari bakteri & sebum dari kulit maupun rambut.

Baca Juga: 6 Rahasia Kulit Halus dari Dalam, Hindari Begadang dan Rokok!

Makan makanan sehat

Percaya atau tidak, menyantap makanan sehat mampu membuat kulitmu mulus, sehat, dan tak berjerawat.

Anda tak perlu susah payah melakukan diet ekstrim demi menurunkan berat badan.

Anda hanya perlu mengikuti pola hidup sehat & makan makanan seimbang untuk membuat berat badan turun, sekaligus mendapatkan kulit sehat dan mulus, anti berjerawat.

Eksfoliasi rutin

Lakukan tahap eksfoliasi untuk mengangkat sel kulit mati secara rutin, paling tidak seminggu sekali. Tahap eksfoliasi ini bisa termasuk scrub ataupun peeling.

Melansir dari Wedding Bazaar, tahapan ini akan mengikis pori-pori badan & wajah dari kotoran dan minyak yang bikin muka bertekstur tak rata.

Jika Anda rutin melakukan tahap eksfoliasi, lama kelamaan kulit badan Anda akan mulus dan bersih. Tapi ingat, jangan menggosok badan terlalu keras agar tak iritasi, ya.

Baca Juga: 5 Cara Mengatasi Biang Keringat Secara Alami, Cobain!

Jangan memegang jerawat

Jerawat mampu menurunkan tingkat kepercayaan diri. Agar hal ini tak terjadi, maka biasakan tangan untuk tidak menyentuh jerawat sembarangan.

Jerawat di badan maupun di wajah sama-sama super sensitif. Ia akan tumbuh pesat apabila disentuh oleh tangan kita yang kotor.

Coba gel aloe vera

Jerawat punggung

Punggung & dadamu sudah terlanjur berjerawat? Tak masalah, coba oleskan gel aloe vera tipis-tipis ke atas badan.

Gel aloe vera punya sifat anti-fungal sekaligus dapat mendinginkan jerawat yang sedang meradang. Gel aloe vera juga cocok di pakai oleh orang berkulit sensitif & berjerawat, baik di badan maupun di wajah.

Baca Juga: 5 Manfaat Lari untuk Kulit dan Rambut, Wajah Auto Kencang dan Bebas Jerawat!

Tapi ingat, setelah mengoleskan gel aloe vera ke atas badan, jangan lupa mandi rutin pada sore hari agar gel tersebut tak bercampur dengan keringat & kotoran.

Pergi ke dokter kulit

Jika Anda sudah melakukan tahapan-tahapan di atas dan jerawat di badan tak kunjung sembuh, maka saran terbaik adalah dengan pergi langsung ke dokter kulit.

Beri tahu kondisi jerawat Anda secara detail, maka dokter akan memberimu resep obat yang aman dipakai.

Untukmu yang memiliki banyak jerawat di dada & punggung, yuk ikuti tips hilangkan jerawat seperti cara-cara di atas!

Selanjutnya: Jadwal SIM Keliling Jakarta Hari Ini 25/11/2023 untuk Perpanjang SIM Akhir Pekan

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News