Keluarga

Terus Merasa Tak Lapar? Ini 6 Penyebab Nafsu Makan Hilang dan Cara Mengatasinya

Terus Merasa Tak Lapar? Ini 6 Penyebab Nafsu Makan Hilang dan Cara Mengatasinya

MOMSMONEY.ID - Pernahkan Anda kehilangan nafsu makan secara tiba-tiba tanpa tahu penyebabnya? Nyatanya, kehilangan nafsu makan tidak datang secara tiba-tiba.

Kehilangan nafsu makan terjadi secara wajar jika penyebabnya adalah karena sudah makan sehingga merasa kenyang. Nafsu makan menghilang akan menjadi tak wajar jika terjadi selama seminggu penuh.

Lantas apa saja penyebab nafsu makan yang menghilang? Melansir dari India.com, Very Well Mind, dan Clevel and Clinic, berikut selengkapnya.

Baca Juga: Bikin Kembali Ceria, Ini 6 Minuman Mood Booster untuk Atasi Stres dan Perasaan Sedih

Stres

Stres bisa menjadi salah penyebab nafsu makan hilang. Di saat merasa stres, sistem saraf pusat akan melepaskan hormon kortisol yang memperlambat pencernaan. Ini berpengaruh banyak terhadap nafsu makan. Stres selama seminggu penuh akan membuat nafsu makan hilang secara tiba-tiba.

Akibatnya, orang yang dilanda rasa stres, kecemasan, dan depresi kronis dapat mengalami mual jangka panjang karena hormon stres menekan keinginan untuk makan.

Usia

Semakin tua usia kita, semakin lambat metabolisme tubuh berjalan. Itulah mengapa usia menjadi faktor penyebab nafsu makan hilang.

Usia tua juga membuat tubuh banyak kehilangan fungsi hormon, mengurangi kemampuan mengunyah makanan karena banyak gigi yang mulai goyang, hingga dapat menyebabkan berbagai penyakit kronis lainnya.

Diabetes

Diabetes juga nyatanya menjadi salah satu penyebab nafsu makan hilang secara tiba-tiba. Sebab terkadang, diabetes menyebabkan suatu kondisi dimana makanan bergerak secara lambat dalam pencernaan. Akibatnya, para penderita diabetes merasa kenyang dalam jangka waktu lama meski perut belum diisi makanan kembali.

Baca Juga: Susah Hamil? Ternyata Ini 5 Jenis Makanan yang Menghambat Kesuburan

Hipertiroidisme

Kondisi hipertiroidisme atau gejala hormon hipertiroid yang terlalu berlebihan dapat membuat nafsu makan menghilang. Kondisi ini juga dapat menyebabkan penambahan berat badan meski makan dengan jumlah kalori yang sedikit.

Infeksi

Penyebab hilangnya nafsu makan juga adalah karena menderita infeksi atau penyakit lainnya. Beberapa penyakit yang dapat menghilangkan nafsu makan di antaranya: pilek, flu, batuk, sinus, ataupun infeksi virus lainnya.

Adapun beberapa kondisi kronis penyebab hilangnya nafsu makan seperti terkena HIV, hepatitis, iritasi usus besar, kurang nutrisi (zinc), hingga penyakit ginjal.

Baca Juga: Mengenal 8 Jenis Sate Indonesia dari Berbagai Penjuru Daerah, Sudah Coba Semua?

Sedang dalam masa pengobatan

Penyebab Nafsu Makan Hilang dan Cara Mengatasinya

Jika anda sedang sakit dan dalam masa pengobatan, wajar apabila Anda merasa kehilangan nafsu makan. beberapa jenis obat penyebab nafsu makan hilang di antaranya: antibiotik, antihipertensi, diuretik, dan obat penenang.

Baca Juga: 4 Jenis Bra Ternyaman untuk Ibu Menyusui, Wajib Anda Miliki di Lemari!

Cara Mengatasi Nafsu Makan yang Hilang

Adapun beberapa cara meningkatkan nafsu makan yang bisa dilakukan dengan mudah, di antaranya:

Makan bersama

Cara meningkatkan nafsu makan bisa dilakukan dengan menghindari makan sendiri. Selalu usahakan untuk makan bersama teman-teman & keluarga untuk merangsang nafsu makan. Makanlah makanan yang bervariasi untuk mengundang nafsu makanmu.

Diet kaya nutrisi

Orang-orang yang kehilangan nafsu makannya sangat membutuhkan banyak nutrisi & vitamin. Maka dari itu, konsumsilah makanan yang pada kalori & nutrisi agar makanan yang masuk ke dalam tubuh tak sia-sia begitu saja.

Beberapa makanan yang di sarankan seperti: ubi jalar, smoothie, kacang-kacangan, biji-bijian, salmon, telur, hingga susu.

Baca Juga: Hindari Sakit Perut, 7 Makanan ini Tak Boleh Dikonsumsi Bareng Kopi dan Teh

Tidur yang cukup

Tidur yang cukup bisa menjadi cara mengatasi nafsu makan yang hilang. Kaitannya adalah karena pola tidur yang kacau akan mengacaukan ritme sirkadian tubuh yang fungsinya mengatur rasa lapar.

Penelitian yang dilansir dari India.com mengatakan bahwa orang yang kurang tidur akan mudah merasa lapar atau bahkan tak punya nafsu makan sama sekali.

Pergi ke psikolog

Jika penyebab nafsu makan hilang adalah karena stres & kecemasan yang berkepanjangan, maka ada baiknya Anda pergi ke psikolog dan lakukan sesi terapi berbicara untuk melepaskan semua rasa takut & cemas yang ada di pikiran.

Itulah sederet penyebab nafsu makan hilang dan cara mengatasinya. Semoga cara-cara di atas dapat membantu memulihkan nafsu makan yang telah hilang.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News