Keluarga

Ternyata Sikat Gigi Hanya Boleh Dilakukan Selama 2 Menit Lo!

Ternyata Sikat Gigi Hanya Boleh Dilakukan Selama 2 Menit Lo!

MOMSMONEY.ID -Yuk simak penjelasan kenapa sikat gigi hanya boleh dilakukan selama dua menit saja!

Jika Anda pernah bertanya-tanya sebaiknya berapa lama waktu yang tepat untuk menyikat gigi? Maka Dokter Gigi Safa Al-Naher menegaskan hanya 2 menit. 

Baca Juga: Biaya Kesehatan Terus Naik, Atur Keuangan dan Miliki Asuransi Kesehatan

“Idealnya Anda boleh menyikat gigi hanya 2 menit. Itu pun dengan membagi mulut menjadi 4 bagian, dan perbagiannya hanya 30 detik. Anjuran ini berlaku untuk sikat gigi elektrik atau manual,” ungkap Safa dilansir dari Woman and Home.

Dari merusak enamel hingga mengikis gusi Anda, menggosok gigi terlalu lama bisa membahayakan kesehatan gigi Anda lo. Namun faktanya banyak yang tidak memperhatikan durasi tepat untuk menyikat gigi. 

Selama ini kita hanya fokus bahwa menyikat gigi sebaiknya dilakukan dua kali sehari. Pada waktu malam hari sebelum tidur dan pagi hari sebelum beraktivitas. 

Baca Juga: Ingin Kuat Makan Pedas? Tiru 5 Cara Persiapkan Diri Sebelum Menyantap Makanan Pedas

Safa menjelaskan kembali menyikat gigi terlalu lama tak hanya merusak enamel tetapi juga gusi. Menyikat terlalu lama dapat menyebabkan kekeroposan pada gigi yang menyebabkan gigi lebih sensitif dan merusak struktur gigi. Sehingga menyikat gigi selama 2 menit saja sudah cukup. 

Demikian informasi berapa lama sebaiknya Anda menyikat gigi. Semoga informasi ini bermanfaat bagi Anda. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News