Santai

Ternyata Ini 6 Efek Kurang Tidur Bagi Kesehatan, Ganggu Mental Juga Loh

Ternyata Ini 6 Efek Kurang Tidur Bagi Kesehatan, Ganggu Mental Juga Loh

MOMSMONEY.ID - Bisa menyebabkan beragam penyakit, ternyata ada beberapa efek dan dampak buruk kurang tidur bagi kesehatan.

Kurang tidur atau sleep depriviation terbukti dalam beberapa penelitian bisa menimbulkan beragam macam penyakit dan gangguan kesehatan.

Ketahui dulu yuk beberapa dampak dan efek kurang tidur yang berisiko mengganggu kesehatan tubuh.

Baca Juga: 6 Tanda Tubuh Kekurangan Vitamin C, Salah Satunya Mudah Muncul Memar

Gangguan memori dan fokus

Kurang tidur tak hanya mengganggu kesehatan tubuh saja, ya. Gangguan memori atau ingatan dan penurunan fokus juga bisa terjadi karena kurang tidur.

Gangguan memori jangka panjang dan pendek bisa terganggu karena kurang tidur karena berkurangnya koneksi yang dibentuk otak untuk memproses informasi. Gangguan fokus, konsentrasi, dan berkurangnya kreativitas juga bisa muncul sebagai efek kurang tidur.

Imun melemah

Efek dan dampak lain dari kurang tidur adalah bisa menyebabkan berkurangnya sistem kekebalan tubuh. Laman Health Line menjelaskan bahwa kurang tidur bisa melemahkan imun yang membuat tubuh jadi rentan terhadap penyakit.

Padahal sistem imun tubuh penting untuk menangkal beberapa penyakit seperti flu dan penyakit lain yang disebabkan karena virus dan kuman.

Baca Juga: Terlalu Banyak Konsumsi Gula, Ini 4 Dampaknya Bagi Kulit

Libido rendah

Bukan cuma kesehatan tubuh yang melemah, kurang tidur juga bisa menyebabkan libido atau gairah seks menjadi rendah. Orang yang kurang tidur memiliki kecenderungan untuk memiliki gairah seks yang rendah dibanding orang yang memiliki kualitas tidur cukup.

Pada pria, rendahnya libido disebabkan karena menurunnya tingkat atau kadar testosteron yang dipengaruhi oleh kondisi kesehatan tubuh.

Berat badan naik

Porsi makan tak banyak tapi berat badan naik? Kok bisa? Mungkin saja hal tersebut disebabkan karena kurang tidur.

Melansir dari laman Sleep Foundation, orang-orang cenderung akan mengonsumsi banyak makanan berkalori tinggi dan karbohidrat ketika mereka mengalami kurang tidur. Hal tersebut disebabkan karena biasanya banyak orang menghabiskan waktu untuk istirahat dengan memakan camilan berkalori tinggi.

Baca Juga: Tak Usah Ragu, Ada 5 Manfaat Olahraga Lari Maraton bagi Kesehatan

Gangguan kardiovaskular

Beberapa studi dan penelitian menemukan fakta bahwa kurang tidur bisa mengancam kesehatan kardiovaskular. Beberapa risiko penyakit yang mungkin muncul karena kurang tidur adalah darah tinggi, jantung koroner, serangan jantung, dan stroke.

Hal tersebut dikarenakan tingginya tingkat bahan kimia yang masuk ke dalam tubuh dan menyebabkan inflamasi.

Gangguan mood

Efek dan dampak buruk terakhir dari kurang tidur adalah mood yang tidak seimbang dan mudah berubah. Gangguan mood dan emosi kerap muncul pada orang-orang yang kurang istirahat.

Kurang tidur bisa menyebabkan seseorang jadi cranky, moody, emosional, dan mudah marah, yang kemudian bisa memicu anxiety dan depresi.

Nah, itulah tadi beberapa dampak dan efek kurang tidur yang wajib diketahui. Mulai jadwalkan waktu tidur yang cukup, ya.

Selanjutnya: 40 Twibbon Hari Jadi Kuningan 2023 ke-525 Tahun, Simpan Fotonya dan Bagikan di Medsos

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News