AturUang

Terlilit Pinjol dan Susah Dapat Kerja? Ini yang Harus Dilakukan

Terlilit Pinjol dan Susah Dapat Kerja? Ini yang Harus Dilakukan

MOMSMONEY.ID - Terlilit pinjol atau pinjaman online memang membuat pusing kepala, apalagi sampai membuat sulit mendapat kerja. Ada baiknya untuk segera menyelesaikan tagihan pinjol agar hidup lebih tenang. 

Aryawan Eko, perencana keungan Mitra Rencana Edukasi mengatakan bahwa pinjaman online atau paylater adalah aplikasi atau sarana pinjam meminjam secara online. 

Menurutnya, kelebihan dari pinjol ini  dapat mengajukan pinjaman atau utang dengan mudah, cukup secara online.

Sementara itu, kelemahan dari pinjol adalah bunga pinjaman sangat tinggi dan tang berbahaya adalah jika anda gagal bayar utang. 

"Nah segeralah lunasi atau nama anda akan tercemar di dunia maya atau sosmed sebagai orang yang ngemplang utang," kata Aryawan. 

Baca Juga: Daftar Aplikasi Pinjol Terpercaya & Aman, Terdaftar di OJK Terbaru

Untuk keluar dari masalah ini, Eko memberikan beberapa saran. Pertama, stop berutang lagi atau gali lobang tutup lobang dari pinjol lain.

Kedua, jika orang tersebut seorang karyawan coba pinjam dari Perusahaan atau koperasi untuk membayar lunas pinjol dengan jaminan gaji dari Perusahaan.

Ketiga, jika si pengutang belum bekerja, ia bisa mencari kerja baru untuk menutupi tunggakan.

"Namun dengan syarat, tutupi rekam jejak di tempat kerja baru jika anda masih menunggak utang pinjol, biarkan hal itu merupakan masalah pribadi," ungkap Eko. 

Selanjutnya: 5 Cara Menata Kamar Tidur untuk Meningkatkan Kehidupan Seks, Pasutri Harus Coba!

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News