Keluarga

Tak Perlu Minum Obat, Ini 5 Essential Oil untuk Membantu Mengobati Sakit Kepala

Tak Perlu Minum Obat, Ini 5 Essential Oil untuk Membantu Mengobati Sakit Kepala

MOMSMONEY.ID - Ada 5 essential oil untuk membantu mengobati sakit kepala secara alami yang bisa Anda coba. Inilah daftarnya.

Sakit kepala bisa disebabkan oleh aktivitas kimia di otak, ketegangan otot mata, dan sejumlah faktor lainnya. Namun, kebanyakan sakit kepala disebabkan oleh stres atau ketegangan pada otot leher dan kepala. Disebut juga sakit kepala tegang atau tension headache, sakit kepala ini disebabkan oleh stres emosional, postur tubuh yang buruk, kelelahan, cedera, atau kecemasan.

Sakit kepala dapat semakin memburuk ketika terpapar aroma yang kuat seperti parfum dan asap rokok. Namun, aroma yang cenderung menenangkan seperti essential oil justru bisa membantu mengurangi gejala sakit kepala.

Dengan menargetkan akar penyebab sakit kepala, essential oil juga dapat meredakan sakit kepala akibat penyumbatan sinus dan meningkatkan aliran darah ke otak.

Layak Anda coba, berikut 5 essential oil untuk membantu mengobati sakit kepala secara alami sebagaimana dilansir dari Mudbirk Herb Cottage.

Baca Juga: 4 Ciri-Ciri Vagina Sehat yang Harus Moms Tahu, Seperti Apa?

1. Peppermint oil

Essential oil untuk membantu mengobati sakit kepala yang pertama yaitu peppermint oil.

Peppermint oil mampu mengobati sakit kepala karena tegang dan serangan migrain. Para peneliti menemukan bahwa khasiat pereda nyeri dalam peppermint oil sebanding dengan asetaminofen dan aspirin. Penelitian lain menegaskan bahwa ketika dihirup, peppermint oil menyebabkan pengurangan intensitas dan frekuensi sakit kepala yang cukup besar serta meredakan sebagian besar nyeri pasien yang mirip dengan lidokain.

Dikarenakan komponen utama dalam peppermint oil adalah menthol, pastikan Anda menghindari penggunaannya sebelum tidur untuk menghindari efek stimulasi yang bisa membuat Anda tetap terjaga.

2. Lavender oil

Essential oil untuk membantu mengobati sakit kepala yang kedua yaitu lavender oil.

Lavender oil dapat mengobati sakit kepala akibat stres, kurang tidur, migrain, dan fluktuasi hormonal. Plus, lavender oil aman digunakan dalam jangka panjang sebagai pengobatan maupun pencegahan migrain yang sering terjadi tanpa menimbulkan efek samping yang tidak diinginkan seperti obat sakit kepala pada umumnya.

Sering kali, sakit kepala dan migrain dipicu oleh kebiasaan kurang tidur. Dengan menggunakan lavender oil sebelum tidur, itu bisa membantu Anda untuk tidur lebih cepat sekaligus meningkatkan kualitas tidur secara keseluruhan.

3. Chamomile oil

Essential oil untuk membantu mengobati sakit kepala yang ketiga yaitu chamomile oil.

Chamomile oil memiliki sifat anti-inflamasi yang dapat mengurangi sinus yang teriritasi dan tersumbat serta meredakan sakit kepala sinus. Penelitian telah menunjukkan bahwa menggunakan chamomile oil sebagai pengobatan topikal mampu meringankan gejala migrain secara efektif.

Berkat sifat anxiolytic atau anti-kecemasannya, chamomile oil dapat mencegah stres dan sakit kepala yang dipicu oleh kecemasan. Selain itu, chamomile oil juga mampu menenangkan dan membantu Anda rileks atau tertidur setelah hari yang penuh tekanan.

Baca Juga: 4 Cara Mengencangkan Vagina Tanpa Obat dan Operasi, Salah Satunya Seks!

4. Eucalyptus oil

Essential oil untuk membantu mengobati sakit kepala yang keempat yaitu eucalyptus oil.

Eucalyptus oil atau minyak atsiri kayu putih biasanya digunakan di ruang uap karena dapat membuka saluran hidung, membersihkan sinus, dan meredakan sakit kepala sinus. Dilengkapi dengan sifat anti-inflamasi, eucalyptus oil terbukti mampu meredakan sakit kepala serta mengobati penyakit umum seperti sinusitis, bronkitis, asma, dan COPD.

Bagi Anda yang sering merasa stres, penggunaan eucalyptus oil bisa membantu menurunkan tekanan darah dan mengurangi keparahan sakit kepala akibat stres.

5. Rosemary oil

Essential oil untuk membantu mengobati sakit kepala yang kelima yaitu rosemary oil.

Rosemary oil dapat mengobati sakit kepala karena tegang, serangan migrain, sakit kepala hormonal, dan bahkan mabuk. Rosemary oil juga dapat menghilangkan salah satu penyebab utama sakit kepala yaitu stres.

Selain itu, rosemary oil bisa meningkatkan kinerja kognitif dan melindungi otak dari penurunan jangka panjang. Plus, rosemary oil memiliki sifat stimulan serta mampu meningkatkan suasana hati.

Itulah 5 essential oil untuk membantu mengobati sakit kepala secara alami.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News