Keluarga

Tak Banyak yang Tahu, Ini 5 Kebiasaan Mengejutkan Penyebab Berat Badan Cepat Naik

Tak Banyak yang Tahu, Ini 5 Kebiasaan Mengejutkan Penyebab Berat Badan Cepat Naik

MOMSMONEY.ID - Cari tahu 5 kebiasaan mengejutkan penyebab berat badan cepat naik di sini.

Proses diet atau menurunkan berat badan bisa menjadi hal yang emosional dan membosankan.

Bukan sekadar mengatur pola makan dan olahraga teratur, kita juga harus menghindari kebiasaan-kebiasaan yang rentan menggagalkan proses diet.

Umumnya, kebiasaan yang dimaksud dapat menyebabkan berat badan kembali naik dengan cepat alih-alih turun.

Melansir laman Eat This, Not That!, ada beberapa kebiasaan mengejutkan penyebab berat badan cepat naik yang harus Anda hindari atau perbaiki tatkala sedang berusaha menurunkan berat badan. Berikut penjelasannya yang patut Anda simak sampai akhir.

Baca Juga: Wajib Tahu, Cek 7 Cara Mengatasi Telinga Kemasukan Air dengan Benar

1. Terlalu hati-hati dalam memilih makanan

Kebiasaan mengejutkan penyebab berat badan cepat naik yang pertama yaitu terlalu berhati-hati dalam memilih makanan.

Berhati-hati dengan apa yang Anda konsumsi khususnya saat diet merupakan hal yang bagus. Namun, terlalu berhati-hati dan terlalu membatasi apa yang seharusnya Anda makan justru bisa menyebabkan konsumsi kalori yang jauh lebih sedikit daripada yang dibutuhkan oleh tubuh.

Akibatnya, tubuh akan merespons dengan memperlambat metabolisme dan membakar lebih sedikit kalori untuk mengakomodasi defisit kalori yang sedang berlangsung. Jadi, jika Anda merasa berat badan Anda bertambah dengan cepat padahal sudah mengurangi porsi makan, maka kemungkinan besar Anda sedang mengalami perlambatan metabolisme.

2. Menggunakan produk kecantikan yang mengandung pewangi

Kebiasaan mengejutkan penyebab berat badan cepat naik yang kedua yaitu menggunakan produk kecantikan yang mengandung pewangi.

The Nutrition Twins memperingatkan bahwa body lotion, produk perawatan rambut, dan pembersih wajah yang mengandung fragrance atau pewangi kemungkinan besar juga mengandung phthalates. Phthalates sendiri masuk ke dalam kelas bahan kimia obesogen yang dapat mengganggu hormon dan meningkatkan obesitas.

Mengingat efeknya yang kurang bagus tersebut, usahakan untuk mengganti produk beraroma dengan produk bebas pewangi.

3. Kurang tidur

Kebiasaan mengejutkan penyebab berat badan cepat naik yang ketiga yaitu kurang tidur.

Kurang tidur dapat menyebabkan tubuh menginginkan energi dan meresponsnya dengan beralih ke makanan khususnya gula dan karbohidrat olahan. Kendati bisa memberikan kepuasan instan pada tubuh, namun gula dan karbohidrat olahan memiliki kalori yang tergolong tinggi.

Selain itu, penelitian menunjukkan bahwa pengurangan jumlah tidur nyenyak atau kurang tidur sama sekali dapat menghambat pertumbuhan otot. Jika Anda tidak memiliki banyak otot tanpa lemak atau lean muscle, tubuh tidak akan membutuhkan banyak kalori dan Anda pun berpeluang lebih besar untuk mengalami kelebihan berat badan.

Baca Juga: 5 Buah untuk Mencegah Berat Badan Naik yang Cocok Dimakan Saat Diet

4. Minum obat pereda nyeri

Kebiasaan mengejutkan penyebab berat badan cepat naik yang keempat yaitu minum obat pereda nyeri.

Salah satu efek samping dari minum obat pereda nyeri yakni sembelit. Adapun sembelit atau ketidakmampuan untuk buang air besar dapat menyebabkan kenaikan berat badan dengan cepat.

Pertambahan berat badan yang cepat dan tidak nyaman akibat sembelit biasanya paling terasa di perut. Untuk mengatasinya, sudah pasti Anda harus buang air besar. Guna memudahkan buang air besar, pastikan Anda mengonsumsi lebih banyak serat dan mengurangi kebiasaan minum obat pereda nyeri.

5. Melewatkan makan

Kebiasaan mengejutkan penyebab berat badan cepat naik yang kelima yaitu melewatkan makan.

Melewatkan makan mungkin terkesan mampu membantu menurunkan berat badan berlebih karena kalori dari seluruh makanan menjadi berkurang.

Faktanya, kebiasaan yang satu ini justru bisa menyebabkan kenaikan berat badan dengan cepat. Pasalnya, saat Anda melewatkan makan, Anda akan menjadi lebih lapar di kemudian hari. Pada akhirnya, rasa lapar yang semakin meningkat cenderung mendorong Anda untuk makan lebih banyak atau berlebihan.

Nah, itulah 5 kebiasaan mengejutkan penyebab berat badan cepat naik. Yuk, perbaiki!

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News