Keluarga

5 Rutinitas Malam Penyebab Berat Badan Cepat Naik, Hindari Yuk!

5 Rutinitas Malam Penyebab Berat Badan Cepat Naik, Hindari Yuk!

MOMSMONEY.ID - Ada 5 rutinitas malam penyebab berat badan cepat naik. Cari tahu di sini.

Berat badan yang bertambah dapat disebabkan oleh banyak hal. Namun, apakah Anda menyangka bahwa salah satu penyebabnya adalah rutinitas malam yang tampak normal padahal kurang sehat?

Melansir laman Eat This, Not That!, beberapa ahli membagikan 5 rutinitas malam penyebab berat badan cepat naik. Inilah uraiannya yang wajib Anda simak.

Baca Juga: 4 Kesalahan Menggunakan Beauty Blender yang Bikin Makeup Tidak Maksimal

1. Minum susu sebelum tidur

Susu sarat akan triptofan atau asam amino yang membantu merasa rileks dan lebih baik. Kendati demikian, kalori ekstra yang terkandung di dalam susu bisa berpengaruh negatif terhadap lingkar pinggang terutama jika diminum pada malam hari sebelum tidur.

Menurut The Nutrition Twins, minum 12 ons susu setiap malam sebelum tidur akan menambah berat badan sebanyak 12 pon dalam waktu 6 jam. Adapun penambahan berat badan ini dapat terlihat jelas pada bagian perut.

2. Bermain gadget

Cahaya biru yang dipancarkan layar ponsel dan komputer bisa menekan hormon tidur melatonin. Juga, mengganggu ritme sirkadian dan tidur malam yang nyenyak.

Ketika Anda tidak tidur dengan nyenyak, otak cenderung menginginkan energi dan sangat membutuhkan gula. Akibatnya, bukan tidak mungkin Anda akan makan makanan manis secara berlebihan sebelum tidur guna menjaga otak tetap terjaga.

Tanpa tidur yang cukup, hormon juga akan terpengaruh sehingga tubuh Anda akan lebih sulit untuk mempertahankan metabolisme, namun lebih mudah untuk menambah lemak.

3. Mengonsumsi kafein

Minum secangkir kopi yang kuat di sore hari dapat membuat Anda terjaga di malam hari. Menurut sebuah penelitian yang diterbitkan dalam Journal of Clinical Sleep Medicine, kafein yang dikonsumsi 6 jam sebelum tidur benar-benar bisa mengacaukan tidur malam yang nyenyak.

Selain berpengaruh negatif pada pola tidur, mengonsumsi kafein menjelang waktu tidur juga dapat berkontribusi pada penambahan berat badan lho.

Harvard Health Publishing melaporkan bahwa kekurangan tidur berhubungan dengan peningkatan kadar hormon ghrelin. Adapun peningkatan kadar hormon ghrelin bisa membuat Anda menjadi lebih mudah lapar sekaligus membuat berat badan kian bertambah.

Baca Juga: 5 Cara Membersihkan Makeup dengan Bahan Alami, Bisa Pakai Minyak Zaitun

4. Begadang untuk menonton film

Begadang untuk menonton film favorit memang candu. Namun, melakukannya secara berlebihan dapat meningkatkan keinginan untuk mengonsumsi makanan ringan yang tidak sehat pada malam hari.

Menurut penelitian, kebiasaan streaming dikaitkan dengan konsumsi kalori yang lebih tinggi dan pola makan yang buruk.

5. Makan malam terlalu dekat dengan waktu tidur

Makan malam terlalu dekat dengan waktu tidur merupakan larangan utama jika Anda tidak ingin berat badan semakin bertambah. Idealnya, Anda harus makan malam maksimal 3 jam sebelum tidur.

Saat tidur, pencernaan akan beristirahat dan berusaha memperbaiki serta menyembuhkan tubuh. Apabila ada makanan baru yang perlu dicerna usus tatkala Anda tidur, itu akan menghilangkan perhatian tubuh dari penyembuhan karena harus berfokus mencerna makanan.

Penelitian mengungkapkan bahwa makan terlalu larut cenderung mengacaukan ritme sirkadian yang berdampak negatif pada pengaturan gula darah dan metabolisme lemak. Selain itu, makan besar mendekati waktu tidur juga dapat memicu mulas dan gangguan pencernaan yang bisa benar-benar mengganggu istirahat malam. Plus, menyebabkan ngidam yang tidak sehat dan makan lebih banyak dari yang Anda rencanakan pada keesokan harinya.

Itulah 5 rutinitas malam penyebab berat badan cepat naik. Semoga bermanfaat dan jangan lupa diperbaiki ya, Moms.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News