BisnisYuk

Startup Perawatan Gigi KLAR Catat Lonjakan Pendapatan Hingga 10 Kali Lipat

Startup Perawatan Gigi KLAR Catat Lonjakan Pendapatan Hingga 10 Kali Lipat

MOMSMONEY.ID - KLAR Smile, penyedia perawatan senyum terdepan di Indonesia yang didukung oleh AC Ventures, mengumumkan tingkat pertumbuhan bulanan gabungan sebesar 40% untuk lini perawatan senyumnya dari April 2023 hingga Maret 2024. 

Pendapatan per Mei 2024 melonjak 10 kali lipat dibandingkan ketika perusahaan menerima putaran pendanaan terakhirnya pada Mei 2022. 

Selain kesuksesan finansialnya, KLAR Smile mengumumkan peluncuran perawatan aligner dan lini produk perawatan senyum terbaru yang membawa inovasi dalam perawatan pribadi. Produk terbaru ini meliputi dua pilihan aligner inovatif. 

Pertama, KLAR Signature, dibuat dari bahan premium untuk kenyamanan maksimal. Kedua, KLAR Aligner, yang menawarkan perawatan berkualitas dengan harga terjangkau. 

Selain itu, KLAR Smile juga akan segera meluncurkan KLAR Remineral, KLAR ColorPop Electric Toothbrush dalam berbagai warna cerah, serta KLAR Kids Electric Toothbrush, melengkapi koleksi produk perawatan mulut di rumah yang inovatif.

Dengan berkembangnya kelas menengah di Indonesia, semakin banyak konsumen yang memprioritaskan estetika gigi, kesehatan mulut, dan perawatan gigi (kosmetik). Ekonomi Indonesia telah tumbuh selama 50 tahun terakhir, dengan Bank Dunia mengidentifikasi 52 juta orang Indonesia yang "aman atau stabil secara ekonomi" pada tahun 2020. 

Baca Juga: Tak Baik untuk Kulit, Ini 7 Makanan dan Minuman Penyebab Kulit Cepat Tua

Kelas menengah negara ini mendorong pertumbuhan ekonomi, dengan konsumsi rumah tangga tumbuh sebesar 12% setiap tahun antara 2002 dan 2020. Ken Research memprediksi pasar layanan gigi Indonesia akan menghasilkan pendapatan sebesar US$4 miliar pada 2026, didorong oleh meningkatnya kesadaran akan kesehatan gigi di masyarakat, permintaan yang berkembang di industri estetika gigi, perubahan teknologi, dan cakupan asuransi yang lebih luas di seluruh negara.

Didirikan pada 2020 di tengah puncak pandemi COVID-19, KLAR Smile memulai bisnis mereka dengan menawarkan aligner transparan yang dirancang khusus untuk memperbaiki ketidaksesuaian gigi tanpa memerlukan behel logam konvensional, sehingga menghasilkan periode perawatan yang lebih singkat secara keseluruhan. Dipercaya oleh lebih dari 1.000 dokter gigi di 32 kota di Indonesia hingga saat ini, KLAR telah mengubah lebih dari 6.500 senyum orang Indonesia dengan tingkat kepuasan pasien mencapai 92%.

Saat ini, strategi ekspansi KLAR mencakup diversifikasi lini produk untuk melayani berbagai segmen pasar. Perusahaan ini meluncurkan aligner transparan yang lebih terjangkau, selain produk premium mereka. Hal ini dilakukan KLAR agar lebih banyak orang bisa mendapatkan solusi perawatan senyum berkualitas tinggi dan semakin memperkuat posisi mereka sebagai pemimpin pasar.

Komitmen KLAR Smile tidak hanya sebatas menjadi sebuah merek; tetapi juga merupakan perjalanan untuk meningkatkan pengalaman perawatan senyum setiap orang Indonesia.

KLAR Smile kini menawarkan berbagai produk perawatan mulut, termasuk water flosser, sonic toothbrushes, pasta gigi pemutih (whitening toothpaste), dan KLAR Oral Mouthwash yang menjadi andalan. Produk baru lainnya, seperti Purple Teeth Whitening Booster, telah terjual lebih dari 10 ribu unit di Shopee pada kuartal pertama 2024, seiring dengan meningkatnya kesadaran akan pentingnya rutinitas kebersihan mulut di rumah.

Selain tersedia di platform seperti Shopee, Tokopedia, TikTok, dan Lazada, produk KLAR Smilecare kini juga dapat ditemukan melalui dokter gigi dan ritel terkemuka, seperti Boots dan Watsons.

Pada 2023, KLAR Smile memperluas penawaran mereka untuk mengatasi masalah perubahan warna gigi, yang merupakan kekhawatiran gigi terbesar kedua di kalangan orang Indonesia. Dengan meluncurkan berbagai produk perawatan mulut di rumah yang fokus pada memberikan gigi yang lebih sehat, cerah, dan putih, KLAR memastikan formulasi yang disetujui oleh dokter gigi telah diuji untuk efektivitas, kenyamanan, dan kesenangan dibandingkan produk tradisional.

Setelah putaran pendanaan yang dipimpin bersama oleh AC Ventures pada 2022, KLAR telah menunjukkan kemajuan dan penetrasi pasar yang signifikan, dan mengukuhkan reputasinya sebagai pelopor inovasi di industri. Kesuksesan ini didorong oleh komitmen KLAR terhadap riset dan pengembangan (R&D), keunggulan produk, dan kepuasan pelanggan.

"Pasar perawatan senyum (smile care) akan menjadi tren besar berikutnya setelah perawatan kulit di Indonesia, dan menawarkan peluang yang sangat menjanjikan," ungkap Ellen Pranata, Pendiri dan CEO KLAR Smile dalam keterangan tertulis. 

Di sektor perawatan mulut KLAR memiliki produk-produk inovatif, seperti purple teeth whitening booster and whitening masks telah mendapatkan popularitas yang besar. "Tren ini menunjukkan pergeseran yang lebih luas, di mana konsumen ingin berinvestasi dalam solusi kecantikan yang menyeluruh, melampaui perawatan kulit tradisional, dan mencerminkan minat yang semakin berkembang terhadap perawatan kecantikan holistik," kata Madeline Rantung, Analis Investasi, AC Ventures.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News