Santai

Singapura Kembali Jadi Negara dengan Paspor Terkuat di Dunia

Singapura Kembali Jadi Negara dengan Paspor Terkuat di Dunia

MOMSMONEY.ID - Singapura kembali menjadi negara dengan paspor terkuat di dunia. Negara ini berhasil melepaskan diri dari daftar negara yang ada di peringkat 6 dengan paspor terkuat menurut laporan Henley Paspor Index terbaru. 

Singapura juga mencapai rekor baru dengan penduduknya bebas visa ke 195 negara tujuan dari 227 negara bebas visa. 

Sementara Prancis, Jerman, Italia, Jepang, dan Spanyol turun ke peringkat kedua. Kelima negara ini memiliki akses bebas visa ke 192 negara.

Baca Juga: El Salvador Bisa Jadi Salah Satu Negara Terkaya di Dunia Berkat Kepemilikan Bitcoin

Di peringkat ketiga ada negara Austria, Finlandia, Irlandia, Lukseburg, Belanda, Korea Selatan, dan Swedia, menurut data eksklusif dari International Air Transport Association (IATA). 

Inggris tetap berada di peringkat keempat bersama dengan Belgia, Denmark, Selandia Baru, Norwegia, dan Swiss, meski skor bebas visa mereka turun ke 190. 

Amerika Serikat, di sisi lain, melanjutkan dekade penurunan yang panjang. Amerika Serikat turun ke peringkat 8 dengan akses bebas visa ke 186 negara.

 Adapun Inggris dan Amerika Serikat pernah menjadi negara dengan paspor terkuat berada di peringkat satu pada tahun 2014. 

Baca Juga: 10 Negara Termiskin di Dunia: Negara Afrika Mendominasi

"Dalam dua dekade ini tren menunjukan semakin banyak akses bebas visa yang dimiliki, dengan rata-rata global naik dua kali dari 58 di tahun 2006 menjadi 111 negara tujuan bebas visa di 202," ungkap Chairman Henley & Partner Christian H. Kaelin. 

Meski demikian, ada jarak yang luas antara paspor terkuat di dunia dengan terlemah saat ini.

Singapura bebas visa ke lebih dari 169 negara sedangkan Afghanistan hanya memiliki akses bebas visa ke 26 negara bebas visa. Ini adalah catatan terlemah dalam 19 tahun indeks ini dibuat. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News