Keluarga

Sinar UV Berbahaya Masih Berlanjut Hingga Hari Ini

Sinar UV Berbahaya Masih Berlanjut Hingga Hari Ini

MOMSMONEY.ID - Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) memprediksi paparan sinar UV berbahaya masih berlanjut pasa siang hari ini, Selasa, 9 Januari 2024. 

Kadar atau level bahaya sinar UV ini akan terasa dari sedang, tinggi, sangat tinggi hingga ekstrem. Saat terpapar sinar UV yang menunjukkan risiko berbahaya sangat tinggi, Anda berisiko menalami kerusakan kulit dan mata serta dapat terbakar dengan cepat. 

Nah, bagi orang yang terpapar sinar UV level ekstrem tanpa pelindung, butuh semua tindakan pencegahan karena kulit dan mata dapat rusak dan terbakar dalam hitungan menit. 

Baca Juga: Promo Bahan Bakar Kendaraan, Wajib Pertimbangkan Sebelum Mencobanya

Sinar UV berbahaya akan dirasakan pertama kali di wilayah Papua. Simak jadwal puncak paparan sinar UV berbahaya dengan level risiko sangat tinggi hingga sangat ekstrem di Indonesia pada Selasa, 9 Januari 2024.

Papua dan Maluku

Papua akan alami sinar UV berbahaya di level sedang mulai pukul 09.00 WIT. Kemudian level bahaya meningkat jadi sangat tinggi pada pukul 10.00 WIT. 

Semakin siang, kadar bahaya sinar UV di Papua meningkat jadi ekstrem mulai pukul 11.00 WIT hingga 12.00 WIT. Pada pukul 13.00 WIT hingga 14.00 WIT kadar bahaya sinar UV kembali turun ke level sedang dan berangsur aman. 

Sedangkan di Maluku sinar UV berbahaya sedang dirasakan sejak pukul 09.00 WIT. Kemudian meningkat jadi level berbahaya tinggi pada pukul 10.00 WIT. Meningkat jadi level berbahaya sangat tinggi hingga ekstrem mulai pukul 11.00 WIT hingga 14.00 WIT. 

Sulawesi, Bali dan Nusa Tenggara

Untuk wilayah Indonesia Tengah, Sulawesi, Bali dan Nusa Tenggara alami indeks sinar UV berbahaya sedang dirasakan mulai pukul 09.00 WITA. Indeks sinar UV berbahaya capai level sangat tinggi hingga ekstrem mulai pukul 10.00 WITA hingga 13.00 WITA.

Indeks bahaya sinar UV kemudian berangsur pulih. Kondisi mulai aman pada pukul 15.00 WITA. 

Kalimantan dan Jawa

Kedua pulau ini alami indeks sinar UV berbahaya tinggi mulai pukul 09.00 WIB. Indeks bahaya sinar UV mencapai level sangat tinggi mulai pukul 10.00 WIB.

Pada pukul 11.00 WIB indeks sinar UV capai level berbahaya ekstrem hingga 12.00 WIB. Setelah itu kondisi berangsur pulih dan aman pada puku 15.00 WIB. 

Sumatera

Sumatera mulai alami indeks sinar UV berbahaya sedang pada pukul 09.00 WIB. Level bahaya sinar UV meningkat setelah pukul 09.00 WIB namun hanya dirasakan di pesisir Sumatera. Kondisi mulai aman setelah pukul 16.00 WIB. 

Baca Juga: Awali Tahun, Jangan Lupa Simak Tips Atur Keuangan dari SeaBank

Jika Anda harus beraktivitas di luar rumah sejak siang maka gunakan perlindungan yang diperlukan.

Sehingga, sebaiknya hindari paparan Matahari antara pukul 10 pagi hingga 5 sore. Anda juga disarankan tetap berada di tempat teduh pada saat Matahari terik siang hari. 

Kenakan pelindung seperti topi lebar dan kacamata hitam anti sinar UV saat berada di luar ruangan. Serta, oleskan cairan pelembab tabir surya SPF 30+ setiap 2 jam setelah berenang atau berkeringat.

Hindari juga permukaan pasir dan air karena akan meningkatkan paparan UV. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News