Bugar

Simak Perbedaan Body Serum dan Body Lotion untuk Kulit

Simak Perbedaan Body Serum dan Body Lotion untuk Kulit

MOMSMONEY.ID - Walaupun dikhususkan untuk kulit tubuh, inilah perbedaan body serum dan body lotion yang harus Anda tahu. Kedua produk tersebut memang dibuat untuk melembapkan dan menyehatkan kulit tubuh.

Namun, ternyata tetap ada perbedaannya. Jika Anda masih sulit membedakannya, simak penjelasannya di bawah ini dilansir dari dove.com, yaitu: 

Baca Juga: Promo Traveloka Travel Fair 2023, Nikmati Diskon Produk Xperience Hingga 85%

1. Tekstur

Perbedaan pertama body serum dan body lotion ada pada tekstur. Pada body lotion memiliki tekstur yang lebih cair karena kandungan minyaknya lebih rendah dibandingkan produk perawatan kulit lainnya.

Sementara itu, body serum memiliki tekstur yang ringan meskipun kandungan nutrisinya lebih banyak (terdiri dari antioksidan, vitamin, glycolic acid, dan lactic acid).

Tekstur body serum sengaja diformulasikan secara ringan berbasis air (water based) agar lebih cepat meresap ke kulit. Jika kulit terkena air, body serum tidak menimbulkan sensasi licin seperti body lotion.

2. Manfaat

Kemudian, pada body lotion cocok dipakai oleh semua jenis kulit karena kandungannya ringan. Body lotion merupakan produk perawatan sehari-hari yang dapat membantu merawat kulit normal.

Sedangkan manfaat body serum lebih spesifik untuk mengatasi masalah tertentu, misalnya kulit kering, noda hitam, atau kulit sensitif.

Bahkan, saat ini sudah banyak body serum yang dilengkapi Sun Protection Factor (SPF) untuk melindungi kulit dari dampak buruk sinar matahari.

Anda harus memilih body serum yang sesuai dengan kondisi kulit supaya masalah kulit lekas teratasi dan kulit Anda kembali sehat.

Baca Juga: 5 Manfaat Body Serum untuk Kulit Tubuh, Halus dan Ternutrisi

3. Cara Kerja

Berikutnya, perbedaan body serum dan body lotion di cara kerja. Menurut penjelasan dokter kulit dr. Eddy Karta, body lotion bekerja dengan membentuk lapisan pelindung di atas kulit sehingga membantu menjaga lapisan pelindung alami kulit (protective barrier) supaya tetap lembap. Prinsip kerja tersebut membuat body lotion terasa lengket di permukaan kulit.

Berbeda dengan body lotion, cara kerja body serum berfokus untuk melindungi dan menghidrasi kulit pada lapisan yang lebih dalam. Molekul-molekul body serum lebih mudah diserap kulit sehingga tidak menimbulkan sensasi lengket.

Berbagai jenis serum seperti pro-retinol, niacinamide, AHA, dan CLA akan meresap ke lapisan kulit bagian dalam untuk merangsang pembentukan lapisan pelindung alami kulit.

4. Harga

Dari segi harga, biasanya body serum dijual dengan harga yang lebih mahal daripada body lotion karena kandungan nutrisinya lebih lengkap. Namun, harga body serum biasanya juga bervariasi tergantung manfaat yang terkandung di dalamnya.

Sekarang Anda sudah tahu perbedaan body serum dan body lotion. Saatnya, Anda memilih produk perawatan kulit tubuh yang sesuai kebutuhan. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News