Santai

Simak Fitur Android 14 yang Perlu Diketahui Sebelum Instal di HP

Simak Fitur Android 14 yang Perlu Diketahui Sebelum Instal di HP

MOMSMONEY.ID - Android 14 akhirnya dirilis oleh Google. Saat ini hanya Google Pixel yang mencicipi fitur Android 14. Nah, jika Anda belum mengetahui fitur Android 14, simak artikel ini. 

Ada beberapa fitur Android 14 yang dapat Anda simak sebelum Anda menginstal operasi sistem bernama Upside Down Cake tersebut. 

Fitur Android 14 ini lebih beragam dan tentunya canggih. Di antaranya Anda dapat membuat wallpaper dengan AI hingga fitur aksesbilitas seperti menghubungkan alat bantu dengar ke ponsel. 

Baca Juga: 6 Fitur Android 14 Terbaik dan Terbaru, Apa Saja?

Mengutip TechWiser, berikut ini fitur Android 14 yang wajib Anda ketahui. 

1. Gunakan Kamera Android sebagai Webcam

Kebanyakan laptop dilengkapi dengan webcam berkualitas rendah. Namun Anda dapat melakukan panggilan video lebih baik dengan menggunakan ponsel Android Anda sebagai webcam. 

Fitur ini diperkenalkan di iOS tahun lalu dan berfungsi baik dengan Mac. Namun fitur Webcam di Android berfungsi di Windows, Mac, dan bahkan ChromeOS.

Namun, Anda perlu menghubungkan ponsel Anda ke komputer melalui kabel USB. Kemudian Anda cukup mengetuk notifikasi USB dan memilih opsi Webcam untuk mulai menggunakan kamera ponsel Anda sebagai webcam sistem Anda.

2. Format Ultra HDR

android 14

HDR adalah singkatan dari High Dynamic Range dan memungkinkan foto dan video memiliki bayangan dan sorotan yang lebih terekspos. Format Ultra HDR baru bertujuan untuk menghadirkan dukungan HDR 10-bit. Artinya, ia akan mendukung 1024 corak setiap warna sehingga mendukung hingga 1 miliar warna.

Selain itu, peta penguatan HDR ini disimpan sebagai metadata pada JPEG yang mendukung kompatibilitas mundur. Dengan cara ini, sistem akan menampilkan gambar SDR pada layar non-HDR, namun warna dan kontras akan muncul saat ditampilkan pada panel berkemampuan HDR.

3. Membatasi Akses Foto dan Video

Fitur Android 14 yang berfokus pada privasi. Kapan pun Anda harus mengunggah gambar ke aplikasi media sosial, Anda harus memberikan izin kepada aplikasi tersebut untuk mengakses seluruh penyimpanan Anda. 

Mengapa Anda ingin memberikan aplikasi tersebut akses ke seluruh penyimpanan Anda hanya untuk mengunggah satu gambar? 

Baca Juga: Punya Banyak Fitur Baru, Simak Kelebihan iOS 17 yang Wajib Anda Update

Di situlah pengaturan izin baru berperan. Sekarang, alih-alih memberikan izin ke seluruh penyimpanan Anda, Anda dapat memberikan izin ke foto dan video tertentu yang ingin Anda unggah.

Saat pop-up izin penyimpanan muncul, ketuk opsi Pilih foto dan video dan pilih foto yang ingin Anda unggah tanpa memberikan akses penuh ke aplikasi.

4. Perlindungan data dengan aplikasi pihak ketiga

Demikian pula, saat kami memberikan izin pada suatu aplikasi, kami tidak dapat memastikan apakah aplikasi tersebut membagikan data tersebut dengan beberapa layanan pihak ketiga.

Kini dengan Android 14, saat Anda memberikan izin lokasi, Anda dapat melihat apakah mereka membagikan data dengan layanan pihak ketiga atau tidak dan memutuskan apakah Anda ingin memberikan izin tersebut atau tidak.

Namun, untuk saat ini, ini hanya berfungsi dengan izin lokasi di Android 14. Meskipun demikian, ini adalah awal yang baik untuk fitur privasi yang baik.

5. Pengaturan Baterai 

Ada dua pembaruan besar pada baterai di Android 14. Pertama, efisiensi baterai. Google mengklaim Android 14 lebih efisien daripada versi Android sebelumnya dan tidak akan menghabiskan banyak baterai untuk melakukan tugas serupa sehingga membantu Anda mendapatkan lebih banyak masa pakai baterai daripada sebelumnya.

Selain itu, kini Anda dapat memeriksa Siklus baterai untuk melihat berapa kali baterai telah diisi. Ada juga waktu layar yang menunjukkan seberapa sering Anda menggunakan ponsel sejak pengisian daya terakhir. Namun, Anda tidak dapat memeriksa Kesehatan Baterai untuk saat ini.

Baca Juga: 10 Fitur iOS 17 yang Baru Diluncurkan, Ada Pesan Suara Langsung

6. Pisahkan Volume Dering dan Notifikasi

Sebelumnya, Dering (saat seseorang menelepon Anda) dan Notifikasi memiliki penggeser volume tunggal untuk mengatur volume. 

Kini Nada Dering dan Notifikasi memiliki penggeser volumenya sendiri, sehingga Anda dapat mengatur Nada Dering ke volume penuh sementara notifikasi ke tingkat yang hampir tidak terdengar.

Selain itu, Android 14 juga mendukung notifikasi Flash. Jadi ia akan menggunakan flash kamera di ponsel Anda untuk memberi tahu Anda bila ada panggilan atau notifikasi.

7. Dukungan Keyboard Fisik 

Anda dapat menghubungkan keyboard dan mouse ke Android untuk waktu yang sangat lama. Sekarang Anda dapat menyesuaikan tombol pengubah, pintasan keyboard, tombol pemetaan ulang, dll  langsung dari pengaturan Android. 

Selain itu, Anda juga dapat menyesuaikan gerakan touchpad. Meskipun versi Android sebelumnya menyembunyikan pengaturan keyboard, Android 14 akan menampilkannya langsung di bawah Sistem > Keyboard.

Nah itulah beberapa fitur Android 14 yang perlu Anda ketahui untuk memudahkan penggunaan sehari-hari.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News