Keluarga

Simak 7 Tips Cara Mendekorasi Ruangan Berdinding Gelap

Simak 7 Tips Cara Mendekorasi Ruangan Berdinding Gelap

MOMSMONEY.ID -  Jika akan menggunakan warna cat dinding gelap, yuk simak cara mendekorasi ruangan berdinding gelap supaya tetap menarik dan nyaman. 

Warna memiliki kekuatan yang cukup besar soal bagaimana Anda merasakan suasana di sebuah ruangan. Warna bisa membuat ruangan terasa hangat bakan dingin, cerah bahkan terasa redup yang membuat nyaman atau justru membuat Anda depresi. 

Nah untuk memastikan Anda memiliki ruangan yang tetap nyaman, simak cara mendekorasi ruangan berdinding gelap yuk!

Baca Juga: Bisa Cegah Penuaan Dini, Ini 6 Manfaat Rice Bran Oil untuk Kecantikan Kulit

Ini tips cara mendekorasi ruangan berdinding gelap!

1. Ketahui dinding Anda terlebih dahulu

Tips mendekorasi ruangan berdinding gelap yang pertama adalah mengenali dinding di ruangan Anda. Jika Anda ingin menggunakan cat dinding berwarna gelap matte, janggan lakukan di area yang akan banyak digunakan untuk melintas. 

Dinding berwarna gelap mate ini akan mudah memperlihatkan noda saat banyak orang yang menyentuhnya. Yap, menggunakan warna gelap cukup menantang karena akan menunjukan seluruh ketidaksempurnaan dinding. 

2. Tambahkan lapisan tekstur

Tips mendekorasi ruangan berdinding gelap selanjutnya adalah menambahkan tekstur pada dinding Anda. Bisa dengan menambahkan lukisan atau pajangan dinding dengan tampilan glossy. Cara ini membuat ruangan jadi terasa lebih menenangkan dan luas. 

3. Padukan dengan furnitur, lantai dan dekorasi dengan warna hangat

Furnitur dan lantai gelap dipadukan dengan dinding gelap akan membuat tekanan pada mata Anda. Sehingga sebaiknya padukan warna-warna hangat seperti warna kayu terang atau warna caramel. 

Jangan padukan warna gelap dengan warna terang seperti putih. Ini akan memberikan kontras yang terlalu banyak dan membuat Anda lelag dengan pemandangannya. 

4. Gunakan pencahayaan tidak langsung

Tips mendekorasi ruangan berdinding gelap selanjutnya adalah menggunakan pencahayaan yang tidak langsung mengenai ruangan. Pilih lampu yang dipantulkan ke atas untuk menciptakan ruangan yang nyaman dan mengundang. 

Ingat bahwa dinding berwarna gelap akan menyerap cahaya. Sehingga menyinari dinding bukan ide yang bagus. Menggunakan cahaya yang tidak dipancarkan secara langsung akan membuat ruangan yang sangat nyaman tidak terlalu bersemangat. 

5. Gunakan aksen metalik
Gunakan seni pahat dan aksesoris metalik adalah cara menghadirkan kehangatan dalam ruangan. 

Baca Juga: Begini Cara Menyetrika Gorden & Hal yang Perlu Anda Tahu Sebelum Menyetrikanya

6. Gunakan unsur yang dapat memantulkan cahaya

Tips selanjutnya untuk membuat ruangan berdinding gelap lebih nyaman adalah menggunakan aksesori yang terbuat dari kaca untuk memantulkan cahaya. Cara ini akan melembutkan ruangan. Coba tambahkan cermin kecil atau vas kaca. 

7. Jangan lupakan detil
Tips terakhir mendekorasi ruangan berdinding gelap adalah jangan lupakan detil ruangan. Jangan lupa tambahkan stop kontak dan seklar baru yang cocok dengan warna dinding Anda supaya terlihat mulus.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News